Sukses

Manfaat Hebat Wortel untuk Kesuburan Pria

Selain untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga baik bagi kesuburan pria. Simak manfaat wortel untuk kesuburan pria di sini.

Wortel tak dimungkiri memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Bahkan, jenis umbi-umbian ini juga memiliki khasiat untuk kesuburan pria.

Melansir Healthline, wortel adalah sumber beta-karoten, serat, vitamin K1, kalium, dan antioksidan. Kadar air wortel berkisar antara 86-95 persen. Selain itu, terdapat pula kandungan karbohidrat (10 persen), serta sedikit lemak dan protein.

Berikut ini beberapa manfaat wortel untuk kesuburan pria:

1. Membantu Pembentukan Sperma

Dijelaskan oleh dr. Reza Fahlevi, wortel mengandung vitamin A dan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Nah, radikal bebas dapat menghambat pembentukan sperma.

“Dengan mengonsumsi antioksidan dalam jumlah cukup, itu penting untuk kesuburan. Selain itu, vitamin A juga penting untuk perkembangan organ reproduksi, jadi bisa meningkatkan kesuburan,” ucap dr. Reza.

Artikel lainnya: Wajib Tahu, Ini Bedanya Air Mani dan Sperma

1 dari 3 halaman

2. Memudahkan Sperma Berenang Menuju Sel Telur

Sebuah studi dalam jurnal Fertility and Sterility menemukan, pria yang makan wortel paling banyak memiliki motilitas sperma terbaik. Artinya, sperma memiliki kemampuan yang baik untuk berenang menuju sel telur.

3. Mencegah Stres Oksidatif

Dokter Reza menjelaskan, makanan mengandung antioksidan seperti wortel dapat mencegah stres oksidatif. 

Stres oksidatif banyak dikaitkan kemampuannya merusak sel-sel di dalam tubuh, termasuk sel dalam pembentukan sperma.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, kerusakan sel yang diakibatkan oleh stres oksidatif dapat dicegah. Banyak konsumsi makanan mengandung antioksidan juga berarti membantu kesehatan sistem reproduksi.

Artikel lainnya: Hal yang Perlu Diketahui tentang Pemeriksaan Sperma di Rumah Sakit

2 dari 3 halaman

4. Meningkatkan Kinerja Sperma

Dalam sebuah studi, sekitar 200 pria muda usia kuliah yang sehat diberi berbagai buah dan sayuran untuk melihat apa pengaruhnya terhadap sperma.

Ditemukan, makanan kuning dan oranye membantu membuat sperma lebih kuat. Dalam studi tersebut, wortel lebih unggul karena dapat meningkatkan kinerja sperma sebanyak 6,5 ​​dan 8 persen.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kesuburan, asupan wortel bisa dipertimbangkan. Konsumsilah dalam batas wajar dan imbangi dengan pola hidup sehat, sehingga khasiat wortel untuk kesuburan pria bisa lebih maksimal

Bila Anda memiliki masalah kesuburan, jangan ragu konsultasi ke dokter spesialis andrologi lebih mudah lewat Live Chat KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar