Tulang

Mengenal Gips yang Sering Digunakan Untuk Patah Tulang

dr. Muhammad Isman S, 13 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Gips merupakan salah satu alat bantu yang sering dipakai dalam pemulihan patah tulang. Mari kita kenali lebih dalam mengenai gips di sini.

Mengenal Gips yang Sering Digunakan Untuk Patah Tulang

Saat patah tulang, ada banyak pilihan perawatan yang biasa diberikan oleh dokter. Hal ini disesuaikan dengan kondisi kerusakan tulang pasien. Salah satu yang sering digunakan adalah gips.

Tujuan penggunaan gips untuk patah tulang bisa sebagai terapi sementara maupun terapi utama. Gips sebagai terapi utama biasanya diberikan pada anak-anak yang mengalami patah tulang.

Nah, tidak sedikit orang yang mungkin belum tahu apa itu gips, cara penggunaannya, maupun manfaatnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Gips?

Gips adalah perangkat medis yang umumnya digunakan untuk penderita patah tulang. Penggunaannya bertujuan untuk melindungi dan menopang area yang cedera.

Benda ini memiliki dua bagian, yaitu lapisan lembut yang menempel pada kulit serta lapisan keras yang akan melindungi area yang cedera.

Lapisan bagian dalam biasanya terbuat dari kapas atau bahan sintetis yang memberi bantalan pada area tulang. Untuk anak-anak, lapisan dalam gips juga bisa terbuat dari bahan antiair agar tidak mudah basah ketika mereka mandi.

Gips berbahan antiair tidak bisa langsung digunakan setelah operasi. Gips jenis ini baru bisa digunakan ketika bengkak pada area yang cedera mulai berkurang. 

Sementara itu, bagian luar gips terbuat dari plester ataupun fiberglass. Penggunaan gips berbahan plester biasanya lebih murah. Selain itu, gips jenis ini juga lebih mudah dibentuk ketimbang fiberglass.

Namun, bahan fiberglass juga punya kelebihan, yakni bisa bertahan lebih lama, lebih ringan, dan memiliki tekstur yang berpori. Keunggulan ini memungkinkan udara masuk ke kulit yang sedang dipasangkan gips.

Artikel lainnya: Pernah Patah Tulang, Apa Dampaknya Bila Cedera Lagi Saat Olahraga?

Manfaat Gips untuk Patah Tulang

Terdapat sejumlah manfaat penggunaan gips untuk mendukung proses penyembuhan patah tulang, di antaranya:

1. Menjaga Posisi Tulang

Tulang memiliki kemampuan untuk kembali menyambung ketika patah atau fraktur. Nah, hal yang jadi masalah adalah bentuk tulang ketika menyambung kembali.

Manfaat pemasangan gips yang utama adalah menjaga agar posisi tulang yang patah tetap lurus atau berada pada posisi fisiologisnya. Kelak ketika proses penyembuhan dimulai, tulang akan tersambung pada posisi seharusnya.

2. Membatasi Gerakan Tulang dan Otot

Gips juga bermanfaat untuk membatasi gerak tulang dan otot yang dapat mengganggu proses penyembuhan. Walaupun dapat menyembuhkan dirinya sendiri, proses penyambungan tulang patah membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Karena itu, gips diperlukan untuk membatasi gerakan tulang dan otot.

3. Meredakan Nyeri

Rasa nyeri biasanya muncul ketika area tulang yang patah digerakkan. Penggunaan gips dapat mengurangi rasa nyeri hebat akibat patah tulang. Kamu pun bisa beristirahat dengan lebih tenang.

4. Mencegah Kerusakan Jaringan Sekitarnya

Pemasangan gips juga ditujukan untuk mencegah kerusakan jaringan di sekitar tulang. Misalnya, ada bagian tulang patah yang runcing, penggunaan gips bisa mencegah risiko kerusakan jaringan di sekitarnya. 

Artikel lainnya: 12 Makanan Sehat agar Patah Tulang Pulih Lebih Cepat

Macam-Macam Gips Patah Tulang

Secara umum, macam-macam gips yang digunakan untuk patah tulang ada dua, yaitu yang berbahan dasar plester dan fiberglass.

Gips berbahan dasar plester cukup sering digunakan karena harganya relatif lebih murah dan mudah dipasang. Sebelum digunakan, dokter akan mencampurkan bubuk khusus dan air yang akan membentuk cairan kental. Campuran ini kemudian diberikan ke gips plester agar plester menjadi lebih keras.

Kekurangan gips berbahan plester adalah lebih rentan rusak apalagi jika sering terkena air. Proses pengerasannya juga cukup lama sehingga pasien tidak dapat menggerakan area tulang dalam waktu yang lama. Ditambah lagi, gips plester cukup berat sehingga menyulitkan aktivitas pasien.

Sedangkan fiberglass gips alias gips sintetis saat ini penggunaannya kian populer. Jenis gips ini memiliki banyak kelebihan ketimbang gips plester. Fiberglass gips memiliki lebih banyak pori sehingga dapat membantu pengambilan foto x-rays tanpa harus membuka gips.

Kelebihan gips berbahan fiberglass berikutnya bisa mencegah iritasi kulit. Selain itu, bahan gips untuk patah tulang ini lebih ringan ketimbang plester sehingga lebih nyaman digunakan pasien.

Artikel lainnya: Pertolongan Pertama pada Patah Tulang Pergelangan Tangan

Proses Pemasangan Gips

Pernah Patah Tulang, Apa Dampaknya Bila Cedera Lagi Saat Olahraga?

Pemasangan gips tidak boleh sembarangan. Gips harus dipasangkan oleh dokter spesialis ortopedi yang punya kompetensi memasangkan gips pada penderita patah tulang.

Dokter kadang menggunakan gips serta bidai (alat pertolongan pertama untuk patah tulang) secara bersamaan. Misalnya, dokter lebih dulu menstabilkan kondisi patah tulang menggunakan bidai, baru menggantinya dengan gips setelah pembengkakan berkurang.

Beberapa kondisi patah tulang dapat pula langsung menggunakan gips di tahap awal pengobatan. Rekomendasi dokter akan disesuaikan dengan kondisi patah tulang yang kamu alami. 

Berikut prosedur pemasangan gips yang biasa dilakukan di rumah sakit:

  • Sebelum memasang gips, dokter biasanya akan melakukan tes pencitraan radiologi, yang paling umum adalah x-rays untuk menentukan lokasi dan jenis fraktur yang terjadi
  • Dokter kemudian memosisikan area tulang yang patah dalam posisi anatomis agar sembuh dengan posisi yang seharusnya
  • Dokter biasanya akan mengaplikasikan stockinette, sejenis perban ringan yang dapat melar di atas bagian yang cedera
  • Setelah itu, beberapa lapis kapas atau bahan sejenis digunakan untuk melapisi bagian kulit pada area tulang yang patah. Tujuannya adalah untuk memberikan tekanan elastis supaya gerakan atau tekanan besar dari luar bisa dicegah
  • Selanjutnya, dokter akan membungkus beberapa lapis kapas lembut di area yang cedera sebelum mengoleskan atau memasangkan gips. Gips biasanya mengering antara 10-15 menit dan mengeras maksimal 1-2 hari
  • Langkah terakhir, dokter biasanya membuat sedikit lubang kecil pada lapisan luar perban sehingga memberikan ruang ketika terjadi pembengkakan

Artikel lainnya: Pernah Patah Tulang Rusuk, Amankah Berolahraga Lagi?

Tips Perawatan Gips 

Patah Tulang Pulih Lebih Cepat dengan Makanan Ini

Agar gips dapat mendukung perawatan patah tulang dengan maksimal, ada beberapa tips perawatan gips yang bisa dilakukan, seperti:

1. Jaga Kebersihan Gips

Menjaga kebersihan gips agar tidak kotor sangatlah penting. Kamu juga tidak disarankan membuka gips hingga jangka waktu yang ditentukan

2. Jangan Biarkan Gips Terkena Air dan Lembap

Gips yang lembap bisa menyebabkan kulit gatal dan iritasi. Selain itu, gips yang lembab berisiko menyebabkan infeksi ketika ada luka pada area yang cedera atau patah tulang. 

Beda halnya jika kamu menggunakan gips tahan air, perangkat ini masih bisa digunakan saat sedang mandi.

3. Periksa Gips Secara Rutin

Cek kondisi gips selalu, pastikan gips tidak berubah bentuk dan retak. Jika hal ini terjadi, segera konsultasikan kepada dokter yang merawat kamu.

4. Jangan Masukkan Losion atau Salep Sendirian

Hindari memasukkan losion atau salep apa pun ke bagian lapisan terbawah gips secara mandiri di rumah.

5. Periksa ke Dokter Apabila Rasa Nyeri Bertambah

Segera periksa ke dokter apabila nyeri pada area patah tulang makin parah. Bisa jadi, terdapat gangguan tertentu pada area yang cedera. 

6. Hindari Memberi Tekanan Berlebih pada Gips 

Jangan berikan tekanan yang besar pada gips, utamanya ketika gips baru saja dipasang. Tekanan berlebih dapat merusak gips.

7. Hindari Menggaruk Area yang Dilapisi Gips

Apabila bagian tubuh yang ditutupi gips terasa gatal, hindari menggaruk area tersebut. Cukup gunakan kipas angin atau hair dryer untuk mengatasinya. 

8. Jangan Mengubah Posisi Gips Sendirian

Jangan coba-coba membuka atau mengubah posisi gips sendiri. Pastikan tindakan ini hanya dilakukan oleh dokter atau tenaga medis profesional.

9. Istirahatkan Organ Tubuh yang Dibalut Dips 

Selain untuk mempercepat proses penyembuhan, mengistirahatkan organ tubuh yang dibalut gips penting untuk menjaga agar gips tidak rusak. Terutama ketika gips baru saja dipasang.

Kini, kamu sudah tahu mengenai jenis, manfaat, cara pemasangan, dan perawatan gips untuk patah tulang. Jika kamu masih penasaran mengenai kegunaan gips dan perawatannya, tanyakan langsung melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. #JagaSehatmu jadi lebih praktis, proses penyembuhan patah tulang bisa lebih cepat.

(ADT/JKT)

gips

Konsultasi Dokter Terkait