HomeIbu Dan anakKehamilan 10 Cara Alami Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil
Kehamilan

10 Cara Alami Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Siti Putri Nurmayani, 11 Okt 2023

Ditinjau Oleh dr. M. Iqbal Ramadhan

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ibu hamil sering mengeluhkan kaki bengkak. Jangan khawatir, ada beberapa cara alami untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil yang bisa Mama coba.

 10 Cara Alami Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Kaki bengkak menjadi keluhan yang paling sering dilontarkan oleh ibu hamil. Tak jarang, kondisi ini dimulai sejak trimester pertama. Namun, normalkah mengalami kaki bengkak saat hamil?

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, keluhan kaki bengkak saat hamil tidak perlu dikhawatirkan. Sebenarnya, penyebab kaki bengkak saat hamil adalah karena penumpukan cairan di dalam tubuh yang umumnya terjadi akibat perubahan tubuh Mama.

Jika kaki bengkak tidak disertai dengan gejala lain, Mama bisa mengobatinya dengan cara alami. Berikut sejumlah cara mengatasi kaki bengkak saat hamil:

1. Olahraga Ringan

Untuk meredakan kaki bengkak saat hamil, Mama bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki.

Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists, jalan kaki secara ringan dapat memberikan efek yang baik pada persendian dan otot selama hamil.

Olahraga ringan ini bisa Mama lakukan di segala usia kehamilan, dari trimester satu hingga trimester ketiga.

2. Minum Air Putih

Dijelaskan Dokter Iqbal, minum air putih juga dapat membantu redakan pembengkakan saat hamil. Ketika tubuh mengira kamu mengalami dehidrasi, tubuh akan menahan lebih banyak cairan untuk menyeimbangkan kebutuhan cairan tubuh, sehingga membuat kaki menjadi bengkak. 

“Oleh karenanya, usahakan untuk tetap minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik. Ibu hamil bisa minum air putih sebanyak 10 gelas per hari,” sarannya. 

3. Lakukan Gerakan Yoga Ringan

Olahraga saat hamil tetap perlu dilakukan ya, Ma! Nah, Mama bisa mencoba olahraga ringan seperti yoga. Ada banyak manfaat yoga untuk ibu hamil, salah satunya untuk bantu atasi masalah kaki bengkak yang Mama alami.

Mama bisa mencoba dari gerakan yang paling sederhana dulu di rumah, contohnya, ibu hamil bisa berbaring telentang dan mengangkat kaki ke dinding. Gerakan ini dapat mengurangi nyeri atau pembengkakan di kaki. Tak hanya itu, yoga juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres serta kecemasan.

4. Lakukan Pijatan Lembut

Cara alami mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil adalah dengan melakukan pijatan lembut. Menurut Dokter Iqbal, melakukan sedikit pijatan kecil akan mengurangi efek pembengkakan dan meredakan nyeri pada kaki. 

Akan tetapi, jika memang terasa sangat sakit, tidak dianjurkan memaksakan diri untuk beraktivitas. Mama bisa beristirahat dan tidak perlu melakukan apa pun. 

5. Gunakan Kaus Kaki Khusus

Untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil, Mama bisa menggunakan kaus kaki khusus. Kaus kaki ini dapat menghentikan cairan agar tidak menumpuk di area kaki. 

Agar bisa meredakan gejala kaki bengkak, Mama perlu memakainya saat bangun tidur.

6. Pakai Alas Kaki yang Nyaman

Melansir dari National Health Service UK, ada baiknya untuk mengenakan alas kaki yang nyaman. Mama bisa memakai sepatu dan kaus kaki yang sesuai dengan ukuran. 

Mengingat bahwa hamil bisa menyebabkan pembengkakan di kaki, maka hindari penggunaan alas kaki yang sempit, ya!

Artikel Lainnya: Aktivitas yang Pantang Dilakukan Saat Hamil

7. Kurangi Asupan Natrium

Selama hamil, penting untuk membatasi jumlah garam yang dikonsumsi. Pasalnya, garam akan membuat tubuh menahan kelebihan air. 

Dianjurkan untuk menghindari makanan kaleng atau makanan olahan karena jenis makanan tersebut mengandung banyak natrium.

8. Batasi Asupan Kafein

Pada dasarnya, konsumsi kafein selama kehamilan tidak berbahaya. Jadi, Mama boleh saja minum kopi saat hamil sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Nah, kalau kebanyakan minum kopi dan minuman berkafein lainnya justru bisa buat kaki makin membengkak.

Soalnya, kafein bersifat diuretik. Ini bisa menyebabkan Mama sering buang air kecil yang membuat tubuh merasa perlu menahan cairan. Untuk itu, bumil bisa mencoba minum kopi tanpa kafein.

9. Tidur Miring ke Kiri

Ada beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Dalam hal ini, bila memungkinkan, Mama bisa coba untuk tidur menghadap kiri. Ini bisa membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi pembengkakan pada kaki. 

Berbaring miring ke kiri dapat menghilangkan tekanan rahim dari pembuluh darah besar yang mengembalikan darah ke jantung.

Artikel Lainnya: Susah Tidur Saat Hamil? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya

10. Jaga Berat Badan yang Sehat

Selama hamil, Mama tetap perlu menjaga berat badan agar tetap sehat. Batasi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi. Selain itu, ibu hamil juga perlu menghindari konsumsi makanan berlemak. 

Keduanya bisa membantu mencegah terjadinya kenaikan berat badan selama hamil dan pembengkakan. 

Meski pembengkakan selama hamil merupakan hal yang normal, namun kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya masalah yang serius. Bila kaki bengkak dibarengi dengan gejala sakit kepala yang intens, sulit bernapas, penglihatan kabur, dan perubahan warna pada kaki, maka segera periksakan diri ke dokter kandungan terdekat.

Bila punya pertanyaan lain seputar kehamilan, segera konsultasi dengan dokter kandungan lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, ya! Mama juga bisa gunakan kalendar kehamilan untuk tahu usia kehamilan dan hari perkiraan lahir nanti.

Yuk #JagaSehamu dan kandunganmu selalu, ya, Ma!

(NM)

KehamilanKaki bengkak

Konsultasi Dokter Terkait