Sukses

Tipe-Tipe Kepribadian Orang di Masa Pandemi COVID-19

Ternyata pandemi COVID-19 membuahkan klasifikasi tipe kepribadian. Mau tahu Anda tipe yang mana? Coba cari tahu di sini!

Protokol kesehatan mungkin menjadi frasa klasik di masa pandemi COVID-19. Ke mana pun kita pergi, pasti hal tersebut selalu digaungkan.

Kendati begitu, kepatuhan terhadap praktik pengelolaan wabah ini sangat bervariasi di masyarakat.

Bahkan, melansir Psychology Today, banyak studi psikologi yang telah menunjukkan bahwa tipe kepribadian berkaitan dengan patuh atau tidaknya seseorang terhadap prokes!

Ada belasan tipe kepribadian yang bisa kita temui di masa pandemi ini. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Tipe Penyangkal

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, deniers merupakan orang yang tahu ada penularan virus corona di mana-mana tapi ia menyangkalnya. Ia tak percaya virus corona berbahaya, sehingga tetap beraktivitas seperti biasa.

“Tipe ini bentuk pertahanan diri dalam beradaptasi dengan kondisi yang ada,” kata Ikhsan.

Artikel Lainnya: Hati-hati, Efek Echo Chamber Saat Pandemi COVID-19!

1 dari 5 halaman

2. Tipe Penyebar

Orang tipe ini sangat menginginkan herd immunity cepat-cepat terbentuk. Bukannya mengisolasi diri, tipe kepribadian ini justru semakin menyebarkan virus.

3. Tipe Pemberontak

“Biasanya, ini adalah orang yang enggan pakai masker dan tipe yang kurang memercayai coronavirus sebagai hal yang serius. Sikap abainya disebabkan oleh kurangnya informasi dan kekecewaan terhadap aturan yang dibuat,” jelasnya.

Mereka juga tak segan mencemooh orang yang takut terhadap virus corona.

4. Tipe Harmers

Psikolog Ikhsan kembali menjelaskan, “Tipe kepribadian harmers sebenarnya mirip dengan rebel. Tapi, mereka tidak segan-segan membahayakan orang lain dengan cara batuk di depan muka atau meludahi orang.”

5. Tipe Invincibles

Karakter yang satu ini umumnya dimiliki oleh orang-orang muda yang percaya bahwa mereka kebal terhadap virus dan tidak takut dengan interaksi sosial apa pun.

6. Tipe Menyalahkan

Mereka yang termasuk tipe blamers hanya sibuk dengan “ urusan negara” atau pihak yang pertama kali memulai atau menyebarkan virus corona.

Artikel Lainnya: Humor Mampu Redakan Stres akibat Pandemi COVID-19

2 dari 5 halaman

7. Tipe Pengeksploitasi

Mereka ini pihak yang memperoleh keuntungan finansial dari penyebaran COVID-19 dengan perlakuan palsu. Mereka biasanya mengelabui orang-orang dengan tipe pencemas yang sangat takut terhadap wabah penyakit.

8. Tipe Pencemas

Worries ini tipe orang pencemas. Jadi, mereka selalu terbayang dan ketakutan akan bahayanya coronavirus. Bukan tak mungkin mereka ini sama sekali tidak mau keluar rumah kalau tidak penting-penting banget. Mereka juga terlalu sering dan berlebihan ketika membersihkan diri,” terang Ikhsan.

9. Tipe Realistis

Dari sekian banyak tipe kepribadian, tipe inilah yang paling baik. Sebab, mereka percaya akan bahaya virus corona tanpa takut berlebihan dan tetap melakukan aktivitas dengan menaati protokol kesehatan.

“Mereka memahami dan menuruti apa yang disampaikan badan kesehatan atau pemerintah untuk melawan wabah, misalnya mengikuti program vaksinasi,” tambahnya.

10. Tipe Altruist

Selain tipe realistik, tipe altruist juga termasuk yang baik di masa pandemi COVID-19. Mereka orang-orang yang mau membantu individu yang terdampak wabah, baik dari segi ekonomi maupun kesehatan.

Artikel Lainnya: Lagi Tren, Virtual Photoshoot bisa Redakan Stres Pandemi COVID-19

3 dari 5 halaman

11. Tipe Pendukung

Bergabung bersama realistis dan altruist, tipe supporters akan menyadarkan orang lain untuk peduli terhadap COVID-19.

“Mereka ini juga suka mengadakan kegiatan positif di masa pandemi, misalnya konser virtual dan lain-lain,” ujar Ikhsan.

12. Tipe Hoarder

Bukan khawatir tertular, mereka yang berkepribadian hoarder justru takut kehabisan stok barang untuk menunjang kehidupannya. Alhasil, mereka akan menimbun banyak kebutuhan pokok agar merasa aman.

13. Tipe Veteran

Mereka secara sadar mematuhi protokol kesehatan karena sudah pernah terinfeksi virus corona dengan gejala berat atau bahkan kehilangan orang terdekat akibat penyakit tersebut.

Mereka bahkan juga merasakan ketika wabah SARS menyerang di awal tahun 2000-an.

14. Tipe Kontemplator

Mereka dengan kepribadian ini sering kali merefleksikan efek virus terhadap kehidupan sehari-hari dan filosofis.

Mereka sangat memerhatikan bagaimana dunia diubah oleh kedatangan virus baru ini.

Artikel Lainnya: Anak Remaja Jadi Sering Marah saat Pandemi COVID-19? Ini Alasannya!

4 dari 5 halaman

15. Tipe Inovator

Tak cuma menjadi orang yang patuh terhadap prokes, orang dengan tipe innovator berusaha merancang alternatif pencegahan dan perawatan pasien yang lebih baik.

16. Tipe Warriors

Konsepnya mirip dengan tentara yang habis-habisan di masa perang. Terlepas apakah itu memang panggilan hatinya atau sekadar tuntutan pekerjaan, mereka adalah sosok yang paling bekerja keras di masa pandemi ini.

Dari tipe-tipe kepribadian dalam masa pandemi COVID-19 di atas, termasuk yang manakah Anda?

Bila ada pertanyaan seputar kesehatan fisik maupun mental, konsultasi ke dokter dan psikolog lewat fitur LiveChat di Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar