Sukses

Cara Menyembuhkan Kaki X yang Bisa Anda Coba di Rumah

Ada beberapa latihan yang bisa menjadi cara mengatasi kaki X. Penasaran apa saja gerakan latihan yang bisa membantu? Simak penjelasannya berikut ini.

Tak sedikit orang yang ingin tahu bagaimana cara meluruskan kaki X secara alami. Sebab, bentuk kaki yang seperti itu dapat menurunkan rasa percaya diri lantaran mengganggu penampilan dan cara berjalan. 

Penyebab kelainan tulang kaki yang satu ini sifatnya multifaktorial alias banyak faktor; mulai dari keturunan, posisi tidur atau duduk, cara menggendong yang salah sejak kecil, hingga penggunaan baby walker

Selain itu, kondisi tersebut juga bisa terjadi akibat kekurangan vitamin D sehingga membuat tulang melemah dan menjadi lunak. 

Akibat tulang yang lebih lunak, kaki bisa menjadi bengkok dan membentuk pola X saat berdiri. 

Pada bentuk kaki ini, terlihat lengkungan yang cukup jelas antara paha dan betis. Selain itu, otot abduktor di sekitar paha dan pinggul juga lebih lemah. 

Bila diperhatikan, makin ke bawah, jarak antara kaki kanan dan kiri juga lebih jauh daripada bentuk yang normal. 

Kondisi ini sering ditemukan pada anak-anak usia 2 hingga 5 tahun, dan akan terbawa hingga dewasa jika tak diatasi sejak dini.

Artikel Lainnya: Bayi Tidak Dibedong, Lututnya Bakal Bengkok?

Agar tidak berakhir mengalami kondisi tersebut, berikut ini sejumlah cara mengatasi kaki x dan bisa dipraktikkan sehari-hari di rumah:

1 dari 3 halaman

1. Tidur Miring dan Angkat Satu Kaki

Cobalah untuk berbaring miring; boleh menghadap kanan maupun kiri. Setelah itu, angkat kaki yang paling atas hingga membentuk sudut 45 derajat. 

Tahan di posisi itu sampai 5 hitungan dan turunkan kaki. Ulangi gerakan sampai 12 kali, lalu ganti ke posisi sebaliknya.

2. Tekuk Satu Lutut dan Panjangkan Satu Kaki 

Gerakan yang satu ini sebenarnya sering dilakukan ketika sedang pemanasan. Caranya, lebarkan kedua kaki. Iringi dengan menekuk lutut kaki kanan, sementara yang kiri ditarik lebih jauh ke belakang. 

Tahan posisi tersebut hingga hitungan ke-12 untuk merasakan kontraksi. Jangan lupa untuk menerapkan hal yang sama pada kaki yang satunya. 

3. Side Step-Ups

Dalam gerakan ini, Anda butuh kotak atau kursi yang kuat. Berdirilah di samping alat bantu tersebut. Lalu, posisikan kaki kanan di atas kursi dan biarkan kaki kiri di lantai. 

Cobalah beri kekuatan pada kaki kanan supaya Anda bisa berdiri dengan menopang padanya, sementara kaki kiri sedikit terangkat ke udara.

Tahan 1 detik posisi itu dan ganti dengan posisi sebaliknya. Lakukan side step-ups sebanyak 12 kali dalam satu sesi.  

Artikel Lainnya: Postur Tubuh yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

2 dari 3 halaman

4. Standing Hamstring Curls

Berdirilah di belakang kursi, lalu pegang sandarannya. Angkat satu kaki, tekuk lutut hingga telapak menghadap ke belakang. 

Tahan posisi tersebut selama 5 detik dan turunkan kaki jika sudah selesai. Jangan lupa untuk menerapkan hal yang sama pada kaki satunya. Ulangi hingga 10 kali untuk manfaat yang optimal. 

5. Straight Leg Lift

Cobalah untuk berbaring terlentang. Lalu, luruskan kaki kanan dan angkat hingga beberapa centimeter dari atas permukaan lantai. Tahan sampai 5 detik. 

Untuk kaki kiri, Anda bisa menekuk lututnya. Lakukan secara bergantian dan ulangi selama beberapa kali dalam satu sesi. 

Perlu diingat, dr. Dyah Novita Anggraini menegaskan bahwa latihan-latihan di atas hanya bermanfaat jika masalah kaki X sudah diatasi terlebih dulu dengan cara yang lebih efektif.

“Bentuk kaki X ini tidak bisa secara instan disembuhkan dengan latihan-latihan fisik, ya.  Terapinya harus berdasarkan penyebabnya yang mendasarinya,” kata dr. Dyah Novita.

“Hal yang jelas, tindakan utama untuk mengatasi bentuk kaki yang tidak normal adalah dengan operasi, pemberian obat, dan fisioterapi,” sambungnya.

Artikel Lainnya: Olahraga Jalan Kaki, Perhatikan Postur Tubuh yang Benar

Tak berhenti di situ, dr. Dyah Novita juga mengatakan bahwa latihan yang tadi disebutkan baru bisa memberikan manfaat apabila dilakukan setelah operasi.  

“Latihan rutin sebaiknya juga dibantu oleh terapis, agar kekuatan otot dan tulang menjadi semakin baik serta minim risiko cedera,” saran dr. Dyah Novita. 

Kini, Anda sudah mengetahui cara menyembuhkan kaki X yang paling efektif, beserta macam-macam latihan pendukungnya. 

Bila masih ada pertanyaan seputar kesehatan tulang, konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar