HomeInfo SehatKulitHati-Hati, Posisi Tidur Ini Bisa Bikin Kulit Wajah Keriput!
Kulit

Hati-Hati, Posisi Tidur Ini Bisa Bikin Kulit Wajah Keriput!

Tamara Anastasia, 06 Mei 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain karena faktor usia dan paparan sinar UV, keriput juga disebabkan oleh posisi tidur yang salah. Posisi tidur seperti apa yang menyebabkan kulit keriput?

Hati-Hati, Posisi Tidur Ini Bisa Bikin Kulit Wajah Keriput!

Para ahli kesehatan sering mengatakan bahwa tidur adalah salah satu kunci penting untuk memiliki kulit sehat dan menunda munculnya keriput. Kendati begitu, tidak sekadar butuh tidur dalam waktu cukup. 

Posisi tubuh saat tidur juga harus diperhatikan agar kulit tetap sehat dan tak gampang keriput. Sebab, ada beberapa posisi tidur yang bisa menyebabkan kulit wajah terlihat tampak tua. Berikut adalah posisi tidur yang harus dihindari agar kulit tak keriput.  

Posisi Tidur yang Salah Bisa Sebabkan Keriput Wajah

Menurut salah satu ahli bedah mata dari Eyesthetica di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), posisi tidur miring membuat wajah jadi menekan bantal dan tergesek permukaan seprai bantal. Hal inilah yang membuat keriput muncul secara perlahan. 

Dilansir dari Health, Debra Jaliman, seorang dokter kulit dari New York di AS juga menyatakan hal serupa. Ia menjelaskan, posisi tidur miring membuat wajah jadi bersentuhan dengan sarung bantal. Dampaknya, bisa timbul garis di bagian dahi dan pipi.

Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti pun menyuarakan hal yang sama. Menurutnya, keriput bisa muncul ketika seseorang tidur dengan posisi yang salah.

Dirinya mengatakan, “Keriput itu penyebab utamanya adalah karena usia, gravitasi, dan paparan sinar matahari. Namun, tidur dengan wajah bersentuhan dengan permukaan, misalnya bantal atau tempat tidur, dapat meningkatkan frekuensi gesekan sehingga risiko keluhan kulit dapat terjadi. Tak hanya keriput, tapi juga bisa jadi jerawat.”

Artikel Lainnya: Penyebab Tangan Tampak Tua dan Keriput di Usia Muda

Tips Mencegah dan Mengatasi Keriput di Wajah

Agar keriput wajah bisa dihindari, berikut adalah beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan:

  1. Tidur Telentang

Salah satu cara mencegah kulit keriput adalah dengan tidur telentang. Dengan posisi tidur ini, wajah Anda tidak langsung menyentuh bantal dan garis di kulit pun tak akan timbul. 

Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mengharuskan tidur menyamping, maka pilihlah sarung bantal berbahan sutra lembut. Kain sutra tersebut tidak akan menyebabkan kulit wajah jadi bergaris. 

  1. Gunakan Retinol

Retinol adalah salah satu skincare yang sering dijadikan senjata untuk memerangi kerutan di wajah. 

Zat turunan vitamin A ini dapat menstimulasi kolagen dan mencegah munculnya garis-garis halus di wajah. 

Artikel Lainnya: Posisi Tidur Bayi yang Benar agar Terhindar dari Segala Risiko

  1. Menggunakan Krim Malam 

Krim malam atau night cream dapat melembapkan kulit wajah. Pilih krim malam yang mengandung asam hialuronat untuk membantu mengencangkan kulit. 

Selain mengencangkan kulit, penggunaan krim malam juga mencegah kulit kering akibat paparan AC saat tidur semalaman. 

  1. Hindari Tidur Tengkurap

Tengkurap adalah posisi tidur yang paling buruk. Anda bisa mengalami sesak napas dan kulit keriput karena tidur dengan posisi ini.

Posisi tengkurap juga dapat menyebabkan garis kerutan di wajah semakin terlihat, terutama di area mata dan juga bibir. Tekanan dari bantal juga bisa membuat mata terlihat lebih sembab saat bangun tidur. 

Itu dia beberapa fakta medis mengenai posisi tidur dan kerutan di wajah. Meski tidak terjadi secara langsung, tapi posisi tidur yang salah akan meningkatkan risiko munculnya garis halus tanda keriput di wajah. 

Anda bisa mendapatkan informasi tentang perawatan kulit lainnya dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

Posisi Tidurkeriput

Konsultasi Dokter Terkait