Sukses

Manfaat Helichrysum Essential Oil untuk Kesehatan Kulit

Helichrysum essential oil merupakan minyak alami, yang punya banyak manfaat baik untuk kesehatan kulit. Simak fakta selengkapnya dari dokter berikut ini.

Pernahkah Anda mendengar tentang helichrysum essential oil? Jenis minyak esensial yang satu ini punya aroma yang unik, sehingga sering dimanfaatkan sebagai campuran parfum.

Minyak esensial helichrysum berasal dari tanaman Helichrysum italicum, yang umumnya ditemukan di Mediterania dan Eropa Selatan. Minyak ini dapat ditemukan di semua bagian hijau tanaman, termasuk batang dan daun.

Bunga dari Helichrysum italicum kering juga bisa digunakan untuk tujuan pengobatan. Meski aromanya menyengat, banyak orang yang gemar dengan wewangian dari tumbuhan tersebut.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah yang Perlu Anda Tahu

Di balik aromanya yang khas, helichrysum essential oil ternyata menyimpan banyak manfaat sehat untuk kulit.

Hal itu pun dijelaskan oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan. Menurutnya, minyak esensial helichrysum memang memiliki beberapa kandungan yang terbukti efektif untuk menjaga kesehatan kulit, seperti antiradang, antioksidan, antimikroba, antijamur dan antibakteri.

Berkat adanya kandungan tersebut, berikut ini beberapa manfaat helichrysum untuk kulit Anda:

1 dari 4 halaman

1. Mengurangi Gejala Alergi

Ada beberapa hipotesis yang mengatakan bahwa helichrysum dapat mengurangi gejala alergi.

Hal serupa juga dikatakan oleh dr. Muhammad Iqbal. Menurutnya, ada berbagai macam manfaat dari helichrysum essential oil, salah satunya adalah mengurangi gejala alergi, yakni dermatitis kontak.

2. Mengobati Peradangan Kulit

Manfaat helichrysum essential oil yang lainnya, yaitu untuk mengobati peradangan kulit.

Melansir healthline, satu penelitian laboratorium menunjukan bahwa helichrysum essential oil memiliki kandungan antiradang, yang efektif untuk mengobati peradangan pada kulit.

2 dari 4 halaman

3. Penyembuhan Luka

Minyak esensial helichrysum disinyalir dapat membantu mempercepat penyembuhan luka berkat sifat antimikroba yang dimilikinya.

Satu studi tahun 2016 menemukan bahwa minyak esensial yang dikombinasikan dengan antibiotik lebih efektif daripada hanya menggunakan antibiotik dalam mencegah infeksi pada luka di kulit.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan Kulit

4. Mencegah Infeksi

Efek antibakteri helichrysum merupakan salah satu studi yang paling banyak dipelajari. Sebagian besar dari penelitian tersebut telah dilakukan di laboratorium.

Salah satu penelitian mengatakan, minyak esensial helichrysum mungkin dapat memperlambat atau menghentikan pertumbuhan berbagai bakteri, termasuk yang menyebabkan infeksi.

3 dari 4 halaman

5. Mengurangi Infeksi Jamur Candida

Candida adalah jenis jamur yang paling sering menginfeksi manusia. Infeksi jamur candida dapat terjadi di mulut, saluran usus, vagina, atau area kulit maupun selaput lendir lainnya.

Beberapa bukti dari tes laboratorium tahun 2018 menunjukkan, minyak esensial helichrysum dapat menghentikan atau memperlambat pertumbuhan candida.

“Selain baik untuk kulit, helichrysum essential oil juga dapat berfungsi untuk membantu penyembuhan common cold,” ucap dr. Muhammad Iqbal.

“Minyak esensial tersebut juga baik untuk pencernaan, karena bisa mengurangi nyeri perut atau kembung, dan membantu penyembuhan dari radang sendi maupun otot,” tegasnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Anggrek untuk Rambut Lembut Berkilau

Namun, meski manfaat helichrysum essential oil tak sebatas hanya untuk kulit, Anda tetap harus berhati-hati menggunakannya. Pasalnya, berdasarkan dr. Muhammad Iqbal, minyak ini mungkin dapat menyebabkan reaksi alergi, khususnya pada orang-orang yang sensitif.

Lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum Anda memanfaatkan helichrysum essential oil. Anda hanya ingin merasakan manfaat sehatnya tanpa khawatir kemungkinan efek samping yang merugikan kesehatan, bukan?

Punya pertanyaan tentang minyak esensial helichrysum? Ingin tahu fakta medis lain langsung dari ahlinya? Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar