HomeIbu Dan anakKehamilanManfaat Tempe untuk Ibu Hamil, Jadi Sumber Protein!
Kehamilan

Manfaat Tempe untuk Ibu Hamil, Jadi Sumber Protein!

Tamara Anastasia, 18 Mei 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tempe memang punya banyak nutrisi baik untuk tubuh. Apa saja manfaat tempe untuk ibu hamil? Simak di sini.

Manfaat Tempe untuk Ibu Hamil, Jadi Sumber Protein!

Saat mengandung buah hati, ibu hamil perlu memenuhi nutrisi dengan baik. Salah satu asupan yang penting adalah protein rendah lemak, misalnya tempe.

Tempe untuk ibu hamil sangat dianjurkan dan cocok menjadi makanan sehat selama mengandung. Kabar baiknya, tempe tidak mengandung kolesterol sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Melansir WebMD, adapun beberapa kandungan nutrisi di dalam setiap 3 ons tempe yakni 140 kalori, 16 g protein, 5 g lemak, 10 g karbohidrat, 28 persen dari kebutuhan serat harian, 6 persen kebutuhan kalsium harian, 10 persen dari kebutuhan zat besi harian, dan vitamin B.

Berikut ini beberapa manfaat tempe untuk ibu hamil:

1. Suasana Hati Lebih Baik

Selama kehamilan, mood ibu hamil bisa berubah drastis. Terkadang bisa sangat bahagia, lalu dalam hitungan menit mood bisa berubah menjadi sedih bahkan depresi.

Artikel Lainnya: Manfaat Aprikot untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Hal ini normal dialami karena adanya perubahan hormon pada tubuh ibu hamil. Sayangnya, perubahaan mood bisa meningkatkan risiko depresi pada ibu. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah makan tempe.

Manfaat tempe tersebut tetap butuh penelitian lebih lanjut. Meski begitu, karbohidrat tempe dikatakan bisa menambah energi pada bumil sehingga ibu jadi lebih bersemangat dan tidak mudah lelah.

2. Sumber Protein

Selama hamil, Anda perlu memenuhi kebutuhan protein sebanyak 60 gram setiap harinya. Tempe jadi salah satu makanan yang cocok untuk memenuhi asupan protein selama hamil.

Nantinya, protein akan bekerja untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas penyebab penyakit, dan membantu menghasilkan sel darah merah.

3. Meningkatkan Sistem Kerja Otak Janin

Tidak hanya untuk ibu hamil, tempe juga berguna untuk janin. Asam folat tempe dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak anak selama di kandungan.

Tidak hanya itu, asam folat juga baik untuk mencegah cacat lahir saat persalinan. Nantinya, asam folat juga bekerja untuk membantu tumbuh kembang janin dan perkembangan sel-sel pada sarafnya.

Artikel Lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

4. Mencegah Anemia

Saat hamil, Anda mungkin lebih rentan terhadap anemia. Kondisi ini sering terjadi dalam kehamilan serta dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, sakit kepala, dan lainnya.

Tapi tenang saja, tempe bisa membantu Anda terhindar dari anemia. Tempe mengandung protein rendah lemak yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah.

5. Memperkuat Tulang

Kalsium tempe juga tergolong tinggi. Makan tempe secara rutin bisa meningkatkan kesehatan tulang ibu dan janin.

Imbangi juga dengan minum susu atau berjemur di bawah sinar matahari pagi selama beberapa menit. Cara ini berguna untuk menyerap vitamin D dari sinar matahari ke tulang.

“Manfaat makan tempe untuk ibu hamil secara umum sama dengan kedelai lainnya. Selain proteinnya yang baik untuk tubuh ibu hamil, vitamin B12, kalsium, dan folatnya juga terbukti baik untuk ibu hamil,” ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong.

Menurut dr. Sepriani, tidak ada cara khusus dalam memasak tempe untuk ibu hamil. Anda bisa mengkreasikan tempe dengan berbagai macam cara.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Kurma untuk Ibu Hamil

Hanya saja, dr. Sepriani mengingatkan untuk tidak menggunakan minyak berulang ketika menggoreng tempe. Pilihlah minyak sehat seperti olive oil bila Anda ingin menggoreng tempe.

Anda juga bisa mengukus tempe agar lebih sehat. Supaya lebih enak, Anda bisa merendam tempe di air garam atau bumbu lainnya (hindari menggunakan terlalu banyak) sebelum mengukus atau merebus.

Yuk, jadikan tempe sebagai bagian dari menu harian Anda selama hamil. Nyatanya, manfaat tempe untuk ibu hamil sangat menguntungkan.

Konsultasi ke dokter spesialis kandungan seputar asupan gizi ibu hamil bisa lebih mudah lewat aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

KedelaiTempeKehamilan

Konsultasi Dokter Terkait