Sukses

Manfaat Daun Kenikir untuk Ibu Hamil

Meski banyak tumbuh secara liar, daun kenikir punya banyak nutrisi untuk ibu hamil lho. Apa saja manfaat daun kenikir untuk ibu hamil? Simak di sini.

Menjaga kesehatan selama kehamilan memang jadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan setiap ibu. Cara utamanya tentu dengan menjaga asupan gizi dengan baik, termasuk dengan berbagai jenis macam sayuran. Salah satunya sayur daun kenikir.

Yuk kita cari tahu manfaat daun kenikir untuk ibu hamil dan nutrisinya di artikel ini.

Artikel lainnya: Manfaat Daun Ubi untuk Ibu Hamil

 

1 dari 3 halaman

Apa Itu Daun Kenikir?

Daun kenikir atau dalam bahasa ilmiah disebut Cosmos caudatus merupakan jenis sayuran yang tumbuh liar dan sangat mudah ditemukan di Indonesia. Harganya pun tergolong murah, sehingga tidak sedikit orang yang menjadikan daun kenikir sebagai sayur tambahan di meja makan.

Tanaman ini sebenarnya merupakan tumbuhan obat yang berasal dari Amerika Latin, yang kemudian tumbuh di Asia Tenggara.

Rasa dan aromanya unik membuat daun kenikir banyak digemari oleh beberapa orang. Bisa dimakan dengan cara direbus, atau ditambahkan di dalam menu masakan seperti pasta.

Menurut laporan dari US National Library of Medicine National Institute of Health, daun kenikir kaya akan senyawa bioaktif seperti asam askorbat, quercetin, dan asam klorogenat.

Daun kenikir juga menunjukkan kapasitas antioksidan yang tinggi dan berbagai sifat obat, termasuk aktivitas anti-diabetes, sifat anti-hipertensi, respons anti-inflamasi, efek perlindungan tulang, dan aktivitas anti-mikroba.

Artikel lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Secara umum, dalam 100 gram daun kenikir mengandung:

  • 2,9 gram protein
  • 0,6 gram karbohidrat
  • 0,4 gram lemak
  • 93,1 gram air

Daun kenikir juga kaya akan mineral dan vitamin. Tanaman ini mengandung 64,6 mg vitamin C; 3568 beta karoten; 0,13 mg vitamin B1; dan 0,24 mg vitamin B2 per 100 g daun kenikir segar. 

Untuk mineral, daun ini memiliki 426 mg kalium; 270 mg kalsium; 37 mg fosfor; 50 mg magnesium; 4,6 mg besi; 0,9 gr seng; 4,0 mg natrium; dan 0,2 g tembaga.

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Kenikir untuk Ibu Hamil

Karena mengandung banyak sekali nutrisi, berikut beberapa potensi manfaat daun kenikir untuk ibu hamil:

1. Menjaga Sistem Imun Tubuh Tetap Baik

Selama masa kehamilan, sistem imunitas tubuh ibu akan menurun. Hal ini karena tubuh bumil akan mengalami banyak perubahan. Jika tidak dijaga dengan baik, ibu akan lebih mudah jatuh sakit. Hal ini tentunya jadi kabar buruk bagi bayi yang sedang dikandung.

Untuk itu, ibu hamil diminta memenuhi asupan nutrisinya dengan baik agar sistem imunnya tetap terjaga. Salah satu caranya adalah dengan makan daun kenikir.

Daun kenikir mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh pada ibu hamil. Tidak hanya itu, ketiga vitamin ini juga bekerja untuk membantu menjaga dan memperbaiki sistem imunitas pada bumil.

Artikel lainnya: Manfaat Ngemil Kuaci untuk Ibu Hamil

2. Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Daun kenikir juga kaya antioksidan. Penelitian menunjukkan kalau Cosmos caudatus segar mengandung banyak antioksidan, seperti flavonoid.

Dokter Atika menjelaskan, dengan kadar antioksidan yang tinggi, tanaman ini berpotensi untuk meningkatkan sistem imunitas, termasuk pada ibu hamil.

“Antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang terbentuk dari berbagai sumber. Misalnya metabolisme sel dalam tubuh hingga paparan UV. Radikal bebas bisa merusak integritas dan komponen dalam sel di tubuh, membuat fungsinya terganggu,” ujar dr. Atika.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium yang tinggi pada daun kenikir juga dipercaya bisa menjaga kesehatan tulang pada ibu hamil dan janin. Hanya saja, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan atau minuman lainnya yang juga mengandung kalsium.

Anda juga bisa berjemur di pagi hari guna memenuhi asupan vitamin D yang juga baik untuk kesehatan tulang.

Itulah tiga manfaat daun kenikir untuk tubuh ibu hamil. Daun ini relatif aman dikonsumsi setiap hari. Menurut dr. Atika, hingga saat ini, efek sampingnya pun belum diketahui pasti karena belum ada uji klinis pada manusia. Jadi, tertarik mengonsumsi daun kenikir?

Manfaatkan layanan Live Chat 24 Jam dari Klikdokter untuk berkonsultasi langsung dengan dokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar