Sukses

Ragam Sup yang Baik untuk Dikonsumsi setelah Melahirkan

Beberapa jenis sup bisa membantu memulihkan kondisi ibu hamil pasca melahirkan. Penasaran apa saja sup yang dimaksud? Yuk, simak penjelasannya dari dokter!

Pemulihan tak cuma dialami orang yang habis sakit. Ibu yang baru saja bersalin, baik secara normal maupun operasi caesar, juga butuh waktu pemulihan.

Beragam cara dilakukan untuk membuat kondisinya lebih baik; mulai dari tirah baring hingga mengonsumsi makanan tertentu.

Bicara soal makanan, sup ternyata bisa menjadi solusi untuk pemulihan ibu baru bersalin yang lebih cepat.

Faktanya, kaldu sup biasanya mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu habis melahirkan. Beberapa nutrisi yang dimaksud, yaitu saja zat besi, vitamin B12, dan asam folat.

Artikel Lainnya: Berbagai Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu di Masa Nifas

Kombinasi tersebut dapat menstimulasi dan mengganti sel darah merah yang hilang sebelumnya.

Pada dasarnya, wanita membutuhkan nutrisi yang mudah dicerna dan diasimilasi untuk membantu menyeimbangkan hormon sekaligus menambah kadar darah di dalam tubuh.

Ketimbang makanan yang susah dicerna, memberikan sup untuk ibu akan jauh lebih baik.

Adapun makanan berkuah dan lembut yang baik dikonsumsi setelah melahirkan, antara lain:

1 dari 4 halaman

1. Sup Tomat

Kalau biasanya potongan tomat hanya menjadi pelengkap dalam kuah sup, kali ini buah berwarna merah tersebut justru dijadikan bintang utamanya.

Sup tomat yang ditambahkan dengan berbagai bumbu akan terasa lezat dan menyegarkan.

Makanan ini mampu mengatasi stres oksidatif, serta peradangan yang dialami ibu baru melahirkan.

Artikel Lainnya: Perhatikan, Ini Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Gemuk!

Bagi Anda yang suka dengan cita rasa kuat, menambahkan kemangi dalam sup ini juga disarankan.

Pasalnya, kemangi merupakan daun-daunan yang dapat membantu meningkatkan mood sehingga risiko terkena depresi pasca persalinan dapat diturunkan.

2. Sup Rumput Laut

Menurut tradisi Korea Selatan, sup rumput laut mampu menyehatkan kondisi tubuh ibu baru melahirkan, sekaligus meningkatkan produksi ASI.

Sup rumput laut kaya akan kalsium untuk mencegah pengeroposan tulang. Hal ini sangat baik bagi wanita yang habis melahirkan karena biasanya mereka berpotensi lebih tinggi untuk mengalami pengeroposan tulang.

Yodium yang ada di rumput laut juga bagus untuk otak bayi. Bahkan, makanan ini pun mampu mengoptimalkan fungsi kelenjar tiroid dan adrenal. Bonusnya lagi, kandungan zat besi di dalamnya mampu mencegah anemia.

Artikel Lainnya: Menu MPASI si Kecil, Cukupkah Hanya Sayuran dan Buah?

2 dari 4 halaman

3. Sup Daging Ayam dan Wortel

Dalam budaya Meksiko, 40 hari pertama setelah melahirkan merupakan masa-masa yang paling penting bagi seorang ibu. Sebab, di masa inilah, organ reproduksinya akan berusaha untuk kembali pulih.

Nah, sup ayam dengan wortel bisa menunjang proses penyembuhan tersebut. Protein, serat, vitamin, dan mineral penting, semuanya ada di dalam makanan yang mudah dibuat ini.

Jika dikonsumsi secara rutin, ibu yang baru melahirkan pasti akan cepat pulih dan nyaman untuk beraktivitas kembali.

4. Sup Tulang Ayam

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, tak cuma daging ayam saja yang bermanfaat untuk ibu. Nyatanya, sup tulang ayam juga mampu memberikan khasiat yang sama baiknya.

“Kuah tulang ayam itu tinggi protein, sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan luka pasca melahirkan. Tulang ayam juga kaya akan kolagen dan bisa memperbaiki jaringan tubuh yang rusak,” jelas dr. Dyah Novita.

3 dari 4 halaman

5. Sup Ikan dengan Pepaya Hijau

Pepaya hijau mungkin lebih sering dibuat sebagai tumisan daripada sup. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba olahan khas Vietnam ini, bukan? Pepaya hijau sangat bagus bagi ibu yang sedang memberikan ASI eksklusif, lho!

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition melaporkan, wanita yang makan 650 gram pepaya hijau memiliki ASI dengan kadar zat besi dan vitamin A lebih tinggi. Hal tersebut tentu sangat baik bagi tumbuh kembang si buah hati.

Artikel Lainnya: Perawatan Setelah Melahirkan yang Harus Ibu Lakukan

6. Sup Cuka Babi

Makanan setelah melahirkan yang satu ini bisa dikonsumsi oleh ibu non-muslim. Asupan tinggi protein yang terkandung di dalamnya sangat penting untuk memulihkan jaringan yang rusak setelah bersalin

Pada dasarnya, mengonsumsi makanan tinggi protein bisa mempercepat penyembuhan luka di vagina maupun sayatan bekas operasi di perut.

Sup ini terbuat dari rebusan kaki babi, jahe, dan cuka beras manis. Karena bukan sup yang “ringan”, disarankan Anda tidak menyantapnya secara berlebihan.

Kini, Anda sudah mengetahui macam-macam sup yang bisa dijadikan makanan setelah melahirkan. Tertarik mencobanya, dan ingin tahu porsi yang tepat agar manfaatnya lebih terasa?

Anda dapat mengetahui hal tersebut dengan berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 Jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

1 Komentar

  • Ela Wawati

    Hallo pembaca, Sudahkan anda mencoba untuk trading forex, emas, saham dan bitcoin, meefx adalah broker terbaik untuk anda. mengapa harus berdagang di meefx. 1. Bonus 5 usd tanpa deposit 2. Trading tidak dikenakan swap 3. Trading tidak dinekan komisi website kami : http://meefx.co.id