Sukses

Mau Kulit Lebih Kencang? Coba Lakukan Treatment HIFU

Untuk mengencangkan kulit tanpa melakukan pembedahan, Anda bisa melakukan treatment HIFU. Cari tahu apa saja manfaat HIFU untuk wajah lewat ulasan ini.

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah akan mengendur akibat produksi kolagen yang semakin berkurang. Dampaknya, kulit tampak lebih tua, keriput, dan tidak lagi kencang. 

Tetapi tenang saja, ada treatment HIFU yang diklaim ampuh membuat kulit lebih kencang. Lantas, bagaimana cara kerja treatment HIFU? 

1 dari 3 halaman

Apa Itu HIFU Treatment?

HIFU atau High Intensity Focused Ultrasound adalah perawatan kecantikan yang bertujuan mengencangkan kulit wajah. 

Teknik ini tidak membutuhkan metode bedah sehingga tidak menimbulkan rasa sakit. HIFU menggunakan energi ultrasonik yang mendorong produksi kolagen.

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, energi yang keluar dari alat HIFU akan memanaskan jaringan kulit. Nantinya, panas tersebut akan menyebabkan “kerusakan” selular dan merangsang pembentukan kolagen menjadi lebih banyak.

Melansir Healthline, HIFU awalnya dikenal sebagai terapi untuk mengobati tumor. Penggunaan HIFU untuk fungsi estetika baru disetujui pada tahun 2008. 

Menurut beberapa uji klinis skala kecil, HIFU aman serta efektif untuk mengencangkan wajah dan menghaluskan kerutan. Anda dapat melihat hasil treatment HIFU beberapa bulan setelah perawatan.

Artikel Lainnya: Manfaat Terapi Plasma Darah untuk Kecantikan

2 dari 3 halaman

Manfaat HIFU Treatment

“Dari sisi kecantikan, HIFU bisa mengencangkan kulit wajah dan leher, mengurangi kerutan, serta memperbaiki tekstur kulit wajah agar lebih halus,” ujar dr. Devia Irine Putri. 

Untuk tahu manfaat HIFU lebih lengkap, simak penjelasan berikut ini:

  1. Meningkatkan Produksi Kolagen 

HIFU menggunakan energi ultrasonik terfokus yang menargetkan permukaan lapisan kulit bawah. Energi ultrasonik menyebabkan jaringan kulit memanas dengan cepat. 

Begitu mencapai suhu tertentu, area target akan mengalami kerusakan sel. Kerusakan tersebut akan merangsang sel untuk menghasilkan lebih banyak kolagen. Hasilnya, peningkatan kolagen membuat kulit jadi lebih kencang.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Kesehatan Kulit

  1. Mengurangi Kerutan 

Peningkatan kolagen bisa merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Alhasil, kulit terlihat lebih awet muda. Kulit yang kencang juga menurunkan risiko munculnya kerutan dan Anda pun terlihat lebih muda. 

  1. Menghaluskan Kulit 

Sebuah studi tahun 2017 yang melibatkan 32 orang Korea melaporkan, melakukan treatment HIFU selama 12 minggu dapat meningkatkan elastisitas kulit pipi, perut bagian bawah, dan paha. 

Prosedur HIFU memiliki biaya dan risiko yang jauh lebih kecil daripada operasi pengencangan wajah. Kendati begitu, hasilnya mungkin tidak akan bertahan lama dan treatment ini harus dilakukan berulang. 

Karena bersifat noninvasif (tanpa bedah), treatment HIFU tidak memerlukan persiapan khusus. Anda hanya diminta untuk membersihkan wajah sebelum melakukan treatment yang satu ini. 

Artikel Lainnya: 4 Manfaat Bubuk Kolagen Jika Digunakan Setiap Hari

Selanjutnya, dokter akan mengoleskan krim anestesi topikal dan gel ultrasonik. Lalu, treatment HIFU akan dilakukan selama 30 sampai 90 menit. 

Meski tidak menimbulkan rasa sakit, pasien bisa merasakan sensasi panas dan kesemutan selama proses HIFU berlangsung. Namun tenang saja, biasanya dokter akan memberikan obat penghilang rasa nyeri jika memang diperlukan. 

Itu dia penjelasan mengenai treatment HIFU. Untuk tahu informasi, tips, atau perawatan kecantikan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar