HomeIbu Dan anakTips Parenting12 Cara Mengenali Bakat Anak Sejak Dini
Tips Parenting

12 Cara Mengenali Bakat Anak Sejak Dini

Siti Putri Nurmayani, 25 Mei 2023

Ditinjau Oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penting bagi orang tua untuk mengetahui bakat dan minat anak. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui bakat anak.

12 Cara Mengenali Bakat Anak Sejak Dini

Bakat yang ada di dalam diri anak terkadang sulit dikenali. Pasalnya, anak-anak sering tertarik pada banyak hal. Tak jarang, mereka juga sulit untuk fokus pada satu hal. Akibatnya, ada kemungkinan bakat yang dimiliki anak tersembunyi. 

Lalu, bagaimana cara mengetahui bakat anak? Apa yang perlu diperhatikan orang tua? Simak penjelasannya lewat artikel di bawah ini. 

1. Cari Tahu Kesukaan Anak

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, cara mengenali bakat anak adalah dengan mengamati hobi atau kegiatan yang ia sukai. 

“Orang tua bisa mencari tahu kegiatan apa yang anak sukai. Apakah anak suka menggambar atau melakukan kegiatan lain,” tuturnya. 

2. Dengarkan Cerita Anak

Pada dasarnya, penting untuk mengetahui bakat anak sejak dini. Untuk itu, Mama dan Papa bisa mencoba mendengarkan apa pun yang si kecil ceritakan. 

Apalagi, anak-anak sering berbicara tentang pengalaman mereka. Dengan menjadi pendengar yang baik, orang tua bisa menangkap informasi dan mengetahui apa yang disukai oleh anak, sehingga bisa mendukungnya secara maksimal. 

3. Biarkan Anak Mengeksplorasi Hal Baru

Anak-anak biasanya tertarik untuk mencoba segala hal baru. Hal ini terkadang membuatnya juga merasa cepat bosan, sehingga terus mengganti hobi yang baru. 

Bila berada dalam kondisi ini, Mama dan Papa tidak perlu khawatir. Berikan kesempatan pada anak untuk mencoba melakukan aktivitas baru, tujuannya agar ia bisa mengetahui kegiatan apa yang sesuai dengan minatnya.

 4. Ajak Anak Melakukan Aktivitas Lain

Untuk membantu menggali bakat-bakat tersembunyi, Mama dan Papa bisa mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. 

Mulai dari memasak, menjahit, menulis, atau bermain di luar rumah. Orang tua bisa mengamati apakah aktivitas tersebut diminati oleh anak atau tidak. 

5. Daftarkan Anak ke Tempat Les yang Sesuai Minatnya

Cara mengembangkan bakat anak selanjutnya adalah dengan mendaftarkan anak ke tempat les yang sesuai dengan bidang kesukaannya. 

Dengan cara ini, buah hati bisa lebih mahir dalam bidang tersebut. Selain itu, ini juga membuat anak merasa lebih percaya diri dengan bakatnya. 

6. Pinta Anak untuk Rajin Berlatih

bakat anak

Memiliki bakat saja tidaklah cukup jika tidak pernah mempraktikkannya. Lama-kelamaan, kemampuan ini menghilang dan sulit untuk mengasahnya kembali. 

Untuk itu, orang tua bisa membantu mengingatkan si kecil agar ia rajin untuk berlatih. Tujuannya agar membuat bakat anak semakin berkembang. 

7. Ciptakan Lingkungan yang Kreatif

Untuk membantu bakat anak agar bisa berkembang, orang tua bisa menciptakan lingkungan yang kreatif. Ini bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bakat si kecil. 

Coba buat lingkungan yang bisa memicu rasa ingin tahu pada anak. Misalnya dengan menyediakan sejumlah fasilitas pendukung, seperti perlengkapan menggambar ketika si kecil suka melukis atau menggambar. 

8. Ajak Anak untuk Sejumlah Tes

Cara mengenali bakat anak adalah dengan melakukan sejumlah tes, seperti tes IQ, tes bakat, atau tes kognitif. 

Setelah mengikuti tes dan mendapatkan hasilnya, Mama dan Papa bisa berkonsultasi dengan tenaga ahli untuk melihat potensi yang ada di dalam diri anak. 

Artikel Lainnya: Deretan Permainan yang Bantu Kembangkan Bakat Anak

9. Pilih Sekolah yang Berkualitas

Anak-anak akan menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah. Oleh karenanya, penting bagi orang tua untuk memerhatikan kualitas dari sekolah tempat anak belajar. 

Mama dan Papa bisa memilih sekolah berkualitas yang bisa membantu anak untuk mengembangkan minat dan bakatnya. 

10. Dukung Hal yang Ingin Dilakukan Anak

Sebagai orang tua, penting untuk mendukung hal yang ingin dilakukan oleh buah hati. Dengan begitu, anak akan merasa bahwa mereka telah mendapatkan dukungan oleh orang-orang yang dicintainya. 

Hal ini pun bisa membuat buah hati bersemangat untuk meningkatkan bakatnya. 

11. Bantu Anak Memahami Bakatnya

Saat mengembangkan bakat dan minat anak, Mama atau Papa bisa membantu memberikan informasi latar belakang dari kemampuan tersebut. Contohnya, ketika anak tertarik pada salah satu jenis olahraga, orang tua bisa mengenalkan sejarah dan aturan bermain. 

Selain itu, bisa juga dengan mengenalkan atlet yang bisa membuatnya terinspirasi. Nantinya, anak bisa termotivasi untuk meningkatkan bakat tersebut.

Artikel Lainnya: Cara Menyalurkan Bakat Anak dengan Down Syndrome

12. Berikan Pujian pada Anak

Penting untuk menciptakan kesempatan bagi anak untuk memamerkan bakat yang dimilikinya. Saat ia berhasil atau gagal menunjukkannya, orang tua bisa memberikan pujian dan beri tahu bahwa Mama dan Papa bangga terhadapnya. 

Dikutip dari Psychology Today, memberikan komentar yang positif bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri dan memotivasinya agar menjadi lebih baik. 

Orang tua bisa melakukan langkah-langkah di atas untuk mengenali bakat anak dan mengembangkannya. Pastikan anak merasa nyaman selama melakukan kemampuan tersebut.

Bila sulit untuk mengenali bakat anak, jangan sungkan untuk konsultasi dengan psikolog. Unduh aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan tips parenting lainnya. KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu!

(NM)

Pendidikan Anakmengembangkan bakat anakMinat AnakHari Keluarga Internasional

Konsultasi Dokter Terkait