Sukses

Manfaat Terapi Radiofrequency untuk Kecantikan

Salah satu perawatan kecantikan yang sedang populer adalah setrika wajah. Apa saja manfaat setrika wajah? Apakah ada efek sampingnya?

Ada berbagai macam jenis perawatan kulit yang bisa Anda lakukan di klinik kecantikan. Salah satu perawatan yang populer belakangan ini adalah terapi radiofrequency (RF) atau setrika wajah.

Meski harganya cukup mahal, tapi manfaat yang didapatkan untuk wajah tak main-main, lho. Apa saja manfaat terapi tersebut?

1 dari 3 halaman

Manfaat Terapi Radiofrequency atau Setrika Wajah

Prosedur ini pada dasarnya menggunakan gelombang energi untuk memanaskan lapisan dalam kulit yang dikenal sebagai dermis. Nantinya, panas dari gelombang energi akan merangsang produksi kolagen di dalam kulit.

Kolagen merupakan protein penting untuk membentuk berbagai jaringan di dalam tubuh. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen tubuh dapat semakin berkurang. 

Artikel Lainnya: Tips Wajah Glowing dengan Bumbu Dapur

Untuk itu, Anda memerlukan suplemen atau treatment kecantikan untuk menambah produksi kolagen dalam tubuh. 

Kekurangan kolagen bisa menyebabkan kulit jadi kendur dan tampak keriput. Kondisi tersebut bisa terjadi pada orang usia 35 hingga 40 tahun, terlebih ketika jumlah dan kualitas kolagen di dalam tubuhnya mulai menurun. 

Hal yang sama juga dikatakan oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan. Dirinya menjelaskan, “Teknik radiofrequency atau teknik RF, berguna mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, keriput, dan kulit kendur.”

Dokter Iqbal turut menjelaskan, siapa pun bisa mendapatkan treatment radiofrequency. Dari segi usia, setrika wajah bisa dilakukan mulai dari remaja hingga lansia. Harus dipastikan dulu sebelumnya bahwa Anda tidak memiliki alergi, luka, atau kulit sensitif. 

2 dari 3 halaman

Manfaat Lain dari Setrika Wajah

Melansir Healthline, seiring dengan perkembangan teknologi, sudah banyak metode kecantikan serupa yang menawarkan teknik radiofequency. Beberapa jenis terapi radiofrequency yang paling umum adalah thermage dan exilis

Setiap teknologi bekerja dengan cara yang sama. Gelombang radiofrequency akan menghantarkan panas hingga 50-75 derajat Celsius ke lapisan kulit bagian dalam.

Artikel Lainnya: Wajah Kemerahan Setelah Pakai Produk Skincare, Apa yang Salah?

Penelitian yang dipublikasi oleh Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menemukan, mempertahankan suhu di atas 46 derajat Celsius selama lebih dari 3 menit akan membuat tubuh melepaskan protein heat-shock. 

Protein ini merangsang tubuh Anda untuk membuat serat kolagen baru. Tak hanya mengencangkan dan menghilangkan kerutan, terapi ini juga dapat melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Tidak hanya itu, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 juga mengamati efek terapi RF untuk memecah lemak di wajah bagian bawah

Setelah beberapa kali melakukan treatment setrika wajah, prosedur ini ditemukan dapat membuat wajah menjadi tirus.

Secara umum, treatment ini cukup aman dilakukan. Namun, tetap ada risiko atau efek samping yang muncul dari setiap prosedur medis. 

“Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, menggunakan RF sebagai treatment kecantikan bisa menimbulkan risiko kemerahan dan bengkak. Lalu, ada juga risiko radiasi yang mungkin bisa terjadi.”

“Oleh karena itu, sebelum melakukan treatment radiofrequency, Anda diminta untuk menjelaskan kondisi kulit yang dimiliki kepada dokter,” tutup dr. Muhammad Iqbal Ramadhan.

Itu dia manfaat setrika wajah untuk kecantikan. Untuk tahu informasi atau tips kecantikan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar