HomeIbu Dan anakKesehatan AnakManfaat Rumput Laut bagi Kesehatan si Kecil
Kesehatan Anak

Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan si Kecil

dr. Reza Fahlevi, 07 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Rumput laut punya segudang nutrisi untuk kesehatan tubuh manusia. Tapi amankah rumput laut untuk anak? Apa saja manfaatnya? Kita simak di artikel ini.

Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan si Kecil

Rumput laut banyak dijadikan side dish untuk berbagai menu makanan. Mulai dari sushi, ramen, hingga dimakan sebagai camilan. Rasanya yang gurih dan lezat membuat siapa pun bisa jatuh cinta dengan bahan pangan nabati ini.  

Namun sebenarnya, apakah rumput laut boleh dikonsumsi oleh anak-anak? Jawabannya, boleh saja. 

Rumput laut yang direbus maupun dikeringkan terbukti berkhasiat untuk tubuh manusia, termasuk anak-anak. Ini berkat kandungan nutrisi di dalamnya, seperti serat, karbohidrat, kalsium, dan zat besi.

Lalu, apa saja manfaat rumput laut untuk anak-anak? Berikut selengkapnya.

1. Mengandung Berbagai Vitamin dan Mineral

Rumput laut mengandung vitamin A, B, C, K, serta mineral seperti zat besi, kalsium, Iodin, dan magnesium. Tak hanya itu, rumput laut menyimpan antioksidan dan antiinflamasi, protein, serat, serta eicosapentaenoic acid (EPA).

Tidak heran bila manfaatnya sangat banyak. Mengonsumsi rumput laut dalam jumlah yang cukup dapat memaksimalkan nutrisi harian si Kecil.

Artikel lainnya: Jenis Rumput Laut yang Sehat dan Aman Dikonsumsi

2. Membantu Perkembangan Kognitif Anak

Salah satu manfaat rumput laut untuk anak adalah dapat membantu perkembangan kognitifnya. 

Rumput laut mengandung komponen vitamin dan mineral yang berfungsi untuk perkembangan otak. 

Antioksidan pada rumput laut juga berperan sebagai pelindung sel saraf. Selain itu, kandungan inositol dan kolin di dalamnya membantu komunikasi antar sel saraf otak menjadi lebih baik, sehingga membantu anak untuk lebih fokus. 

3. Tinggi Protein

Protein sangat dibutuhkan oleh anak untuk pertumbuhannya. Protein berfungsi untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, memproduksi hormon (termasuk hormon pertumbuhan) dan enzim, serta membangun otot. 

Konsumsi protein juga dapat membuat anak lebih berenergi atau tidak mudah lemas. Karena itu, jadikanlah rumput laut sebagai salah satu sumber protein anak-anak Anda.  

Artikel lainnya: Manfaat Rumput Laut untuk Penderita Hipertensi

4. Mencegah Anemia

Anemia dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi dan vitamin B12. Rumput laut adalah sumber zat besi dan vitamin B12 non-hewani alami yang bisa membantu pembentukan sel darah merah. 

Terdapat sekitar 2,8 miligram zat besi dalam 100 gram rumput laut. Rumput laut jenis wakame mengandung 2,1 miligram zat besi per 100 gram.  

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat rumput laut berikutnya untuk anak adalah membantu penyembuhan luka. Ini tentunya penting, mengingat anak-anak sering kali terjatuh dan terluka saat bermain. 

Rumput laut mengandung vitamin K yang berfungsi dalam pembekuan darah. Bila vitamin K pada anak cukup, darah yang keluar akibat luka akan cepat berhenti karena proses pembekuan darahnya baik. 

Selain itu, vitamin C pada rumput laut mampu mengurangi respons peradangan pada luka dan meningkatkan kolagen, sehingga membantu pertumbuhan sel kulit pada daerah luka. 

Artikel lainnya: Manfaat Rumput Fatimah Bagi Kesehatan

6. Memperkuat Gigi dan Tulang

Rumput laut kaya akan kalsium yang memiliki peran dalam pembentukan tulang dan gigi. Sekitar 99 persen kalsium pada tubuh tersimpan pada tulang dan gigi. 

Rumput laut bisa mencegah risiko terjadinya defisiensi kalsium, yang membuat tulang dan gigi anak jadi rapuh.

7. Kaya Serat

Serat pada rumput laut cukup tinggi. Sekitar 25-75 persen kandungan rumput laut adalah serat, di mana lebih tinggi dari buah dan sayur pada umumnya. 

Serat dibutuhkan oleh anak untuk kesehatan sistem pencernaannya. Serat membantu pergerakan usus, mencegah konstipasi, dan menjaga bakteri baik yang ada di usus. 

Itulah beberapa manfaat rumput laut untuk anak. Rumput laut dapat dikreasikan menjadi berbagai bentuk makanan, baik dijadikan sup, ditabur di makanan, atau dijadikan camilan yang crispy -- tergantung selera anak.

Dapatkan informasi kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam.

[RS]

rumput lautAnak

Konsultasi Dokter Terkait