Kulit

Penyebab Jempol Kaki Bau dan Cara Menghilangkannya

dr. Arina Heidyana, 19 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak hanya bagian telapak, jempol kaki juga bisa berbau! Yuk, kita cari tahu apa saja penyebab jempol kaki bau dan cara menghilangkannya di sini.

Penyebab Jempol Kaki Bau dan Cara Menghilangkannya

Di samping ketiak dan mulut, bagian telapak kaki sering disebut sebagai sumber aroma tak sedap tubuh. 

Secara umum, area tersebut memang lebih lembap sehingga rentan jadi tempat menumpuknya bakteri, jamur, dan kuman penyebab bau tidak sedap.

Mikroorganisme merugikan ini dapat menumpuk bersama keringat yang berada di sela  jari. Namun, bagaimana dengan jempol kaki bau, adakah penyebab khususnya?

Penyebab Jempol Kaki Bau

Seperti telapak kaki, jempol kaki juga dapat mengeluarkan aroma yang tidak sedap. 

Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyaknya keringat yang menumpuk pada kaki, maupun kaus kaki dan sepatu yang jarang dibersihkan.

Selain menumpuknya bakteri keringat pada kaki, ada lagi beberapa penyebab jempol kaki berbau tidak sedap, seperti:

  1. Infeksi Jamur

Munculnya jamur pada kaki bisa menyebabkan jempol mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jamur ini dapat muncul dari mana saja, termasuk kondisi sepatu dan kaus kaki yang lembap.

Misalnya, basah akibat keringat atau terendam air. Jika hal ini sampai terjadi, infeksi jamur bisa muncul.

Artikel Lainnya: Bagian Tubuh Ini Paling Sering Menimbulkan Bau Tak Sedap 

  1. Kuku Dipotong Terlalu Pendek

Jempol kaki juga rentan terhadap infeksi atau cedera akibat pedikur. Saat kuku dipotong terlalu pendek atau dalam, infeksi pada kaki bisa terjadi.

Biasanya, infeksi ini ditandai dengan adanya perubahan warna dan tekstur pada kuku. Kulit kuku juga berubah menjadi lebih tebal atau tipis.

Kuku yang terlalu pendek bisa membuat kuku rentan tumbuh ke dalam, sehingga jamur bisa masuk.

  1. Kuku Terlalu Panjang

Tidak hanya yang terlalu pendek, kuku yang sangat panjang juga memudahkan kotoran atau jamur untuk masuk. Pasalnya, kuku yang panjang bisa membuat kotoran tersumbat di sela kuku.

Kondisi ini pada akhirnya dapat memicu jamur dan bakteri berpindah pada kuku dan menyebabkan jempol kaki bau.

  1. Sepatu dan Kaus Kaki yang Kotor

Penyebab jempol kaki bau busuk bisa jadi bersumber dari sepatu dan kaus kaki kotor dan lembap. 

Hindari menggunakan kaus kaki secara berulang. Langsung cuci kaus kaki yang baru saja kamu gunakan.

Cara Menghilangkan Bau Jempol Kaki

Jempol kaki yang bau pastinya membuatmu jadi minder ketika membuka sepatu. Jangan khawatir! Ada banyak cara menghilangkan bau jempol kaki yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Berikut caranya:

  • Rutin Cuci Kaki

Cara paling sederhana untuk menghilangkan bau kuku jempol kaki adalah dengan rajin mencuci kaki. 

Sama halnya dengan kaki yang bau, kalau jempol berbau juga harus rutin dibersihkan. 

Cuci kaki kamu termasuk sela-sela jari dan jari-jari dengan air maupun sabun antibakteri hingga bersih. Lakukan minimal sekali sehari, terutama setelah menggunakan sepatu sepanjang hari.

  • Rendam Kaki

Kamu juga bisa merendam kaki dengan air hangat dan garam. Cara ini dipercaya bisa membantu mengurangi produksi keringat berlebih dan membuat kaki tidak gampang lembap.

Campurkan garam epsom ke dalam air hangat, lalu rendam kakimu selama 20 menit. Lakukan minimal seminggu sekali. Jika tidak ada garam epsom, kamu bisa menggunakan cuka sebagai penggantinya.

  • Jaga agar Kaki Tetap Kering

Untuk mengatasi jempol kaki bau, menjaga agar kaki tetap kering perlu dilakukan. Hal ini berguna agar bakteri atau jamur di kaki tidak dapat bebas berkembang biak. 

Oleh karena itu, setelah mencuci kaki, pastikan kakimu sudah betul-betul kering baru menggunakan kaus kaki atau sepatu. 

Artikel Lainnya: Bahaya Kesehatan yang Mengintai Akibat Jarang Ganti Kaus Kaki

  • Jaga Kebersihan Kuku Kaki

Sama seperti kuku jari tangan, kuku kaki bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran jika tidak rajin dibersihkan.

Jadi, pastikan kamu rutin memotong kuku kaki. Bersihkan juga kulit mati yang keras dari kakimu dengan kikir kaki. Kulit keras menjadi lembek dan lembut saat basah, menciptakan tempat di mana bakteri suka hidup.

  • Gunakan Antiperspirant

Tidak hanya tubuh yang menggunakan antiperspirant, bagian kaki juga perlu untuk membantu mengurangi bau pada jempol kaki. 

Antiperspirant ini bisa membantu mengurangi keringat berlebih pada kaki, sehingga jempol kaki memiliki bau yang lebih netral.  

  • Perhatikan Kebersihan Sepatu dan Kaus Kaki

Sepatu atau kaus kaki yang kamu gunakan bisa menjadi alasan kenapa kuku kakimu menjadi bau. Jika keringat masuk ke alas kaki, maka dapat menyebabkan bakteri tumbuh di sudut dan celah. 

Gantilah kaus kaki setidaknya sekali sehari. Jika kamu berada di lingkungan yang panas, setelah olahraga, atau dalam kondisi lain yang membuat kakimu mengeluarkan keringat, maka kamu harus lebih sering mengganti kaus kaki. 

Pilih juga bahan kaus kaki yang dapat menyerap kelembapan di kaki dan menjaganya tetap kering.

Kamu harus menghindari memakai sepatu yang sama dua hari berturut-turut untuk membiarkan udara dalam sepatu keluar. Selain itu, jangan lupa cuci sol sepatu agar baunya lebih harum.

Itulah berbagai penyebab dan cara mengatasi jempol kaki bau yang perlu kamu ketahui. 

Jika bau tidak sedap muncul terus meski sudah dijaga kebersihannya, disertai keluhan bengkak, nyeri, keluar cairan dari ibu jari, segeralah konsultasikan kepada dokter.

Apabila masih ada pertanyaan seputar topik ini, kamu bisa tanyakan secara online kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Selalu #JagaSehatmu, ya!

[RS]

kulitKaki

Konsultasi Dokter Terkait