Sukses

Penyebab Jempol Kaki Bau dan Cara Menghilangkannya

Tak hanya bagian telapak, jempol kaki juga bisa mengeluarkan aroma busuk. Yuk, kita cari tahu apa saja penyebab jempol kaki bau di sini.

Selain ketiak dan mulut, bagian telapak kaki sering disebut sebagai sumber aroma tak sedap tubuh. Secara umum, area tersebut memang lebih lembap sehingga rentan jadi tempat menumpuknya bakteri, jamur, dan kuman penyebab bau tidak sedap.

Mikroorganisme merugikan ini dapat menumpuk bersama keringat yang berada di sela-sela jari. Namun, bagaimana dengan jempol kaki bau, adakah penyebab khususnya?

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Jempol Kaki Bau

Seperti telapak kaki, jempol kaki Anda juga mungkin mengalami gangguan masalah aroma tidak sedap. Menurut dr. Devia Irine Putri, kondisi lembap pada kaki bisa jadi penyebab kuku jempol kaki bau.

Artikel lainnya: 5 Kondisi Kaki Ini Gambarkan Kesehatan Tubuh Anda

Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyaknya keringat yang menumpuk pada kaki, maupun kaus kaki dan sepatu yang jarang dibersihkan.

Selain menumpuknya bakteri keringat pada kaki, ada lagi beberapa penyebab jempol kaki bau tidak sedap, seperti:

1. Infeksi Jamur

Munculnya jamur pada kaki juga jadi penyebab jempol mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jamur ini bisa muncul dari mana saja, termasuk kondisi sepatu dan kaus kaki yang lembap.

Misalnya, basah akibat keringat atau terendam air. Jika hal ini sampai terjadi, infeksi jamur bisa muncul.

2. Kuku Dipotong Terlalu Pendek

Dilansir dari Live Strong, jempol kaki juga rentan terhadap infeksi atau cedera akibat pedikur. Saat kuku dipotong terlalu pendek atau dalam, infeksi pada kaki bisa terjadi.

Biasanya, infeksi ini ditandai dengan adanya perubahan warna dan tekstur pada kuku. Kulit kuku juga berubah menjadi lebih tebal atau tipis.

Kuku yang terlalu pendek bisa membuat kuku rentan tumbuh ke dalam, sehingga jamur bisa masuk.

3. Kuku Terlalu Panjang

Tidak hanya yang terlalu pendek, kuku yang sangat panjang juga memudahkan jamur untuk masuk. Pasalnya, kuku yang panjang bisa membuat kotoran tersumbat di sela-sela kuku.

Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan jamur dan bakteri kotoran berpindah pada kuku.

4. Sepatu dan Kaus Kaki yang Kotor

Penyebab jempol kaki bau busuk bisa jadi bersumber dari sepatu dan kaus kaki kotor dan lembap. Hindari menggunakan kaus kaki secara berulang. Langsung cuci kaus kaki yang baru saja Anda gunakan.

Artikel lainnya: Kaki Gatal, Tanda 8 Masalah Kesehatan Ini

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Jempol Kaki Bau

“Sama halnya dengan kaki yang bau, kalau jempol berbau harus rutin dibersihkan. Cuci kaki termasuk sela-sela jari dan jari-jari dengan air dan sabun hingga bersih,” kata dr. Devia.

“Anda juga bisa merendam kaki dengan air hangat dan garam. Cara ini dipercaya bisa membantu mengurangi produksi keringat berlebih,” dia menambahkan.

Anda juga bisa mengangkat sel kulit mati yang mengeras menggunakan penggosok kaki. Sebab, kulit yang menebal dan mengeras ini bisa jadi sumber bakteri terutama ketika basah dan lembap.

Sesekali luangkan waktu untuk menggosok telapak kaki sampai kulit matinya hilang. Caranya, Anda bisa merendam kaki ke dalam baskom air hangat yang sudah diberikan sabun.

Setelah itu gosok kaki hingga daki yang menempel lepas dan permukaan telapak kaki jadi lebih halus dan bersih. Anda juga bisa merendam kaki ke dalam air garam atau air perasan lemon.

Selain itu, Anda juga diharapkan untuk cermat dalam memilih bahan kaus kaki dan sepatu. Pilihlah kaus kaki yang bisa menyerap keringat. Pilih bahan katun atau yang memang terbuat dari serat alami untuk menghindari bau kaki.

Artikel lainnya: Cara Alami Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Cuci juga kaus kaki dan sepatu secara rutin. Jemur di  panas matahari hingga benar-benar kering untuk menghindari pertumbuhan jamur.

Perhatikan juga penggunaan sandal yang Anda pakai. Di cuaca yang panas, pakailah sandal dengan bagian kuku yang terbuka. Sesampainya di rumah, langsung cuci kaki hingga ke sela-sela jari, dan usahakan untuk bertelanjang kaki tanpa alas.

“Jika bau tidak sedap muncul terus meski sudah dijaga kebersihannya, disertai muncul keluhan bengkak, nyeri, keluar cairan dari ibu jari, segera konsultasikan pada dokter,” tutur dr. Devia.

Jika masih ada pertanyaan seputar berbagai penyebab jempol kaki bau busuk lainnya, tanyakan langsung kepada dokter melalui fitur Live Chat.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar