Sukses

Mengenal Berbagai Jenis Lesung Pipi Manusia

Siapa sangka, lesung pipi yang bisa dimiliki oleh manusia ternyata dibagi menjadi beberapa jenis. Kalau Anda sendiri, punya jenis lesung pipi yang mana?

Anda mungkin sudah tidak asing dengan satu atau dua orang yang pipinya memiliki cekungan atau “lubang”.

Di Indonesia, masyarakat menyebut kondisi tersebut sebagai lesung pipi. Sedangkan di luar negeri, kondisi itu disebut dimples.

Meski bersifat subjektif, ada kepercayaan bahwa senyum orang yang memiliki lesung pipi lebih manis dan enak dipandang. Hal yang lebih unik lagi, ternyata jenis lesung pipi itu berbeda-beda, lho!

 

1 dari 3 halaman

Mengenal Proses Terbentuknya Lesung Pipi

Tak sedikit orang yang berpikir bahwa lesung pipi bersifat genetik alias keturunan. Jadi, jika orangtua memiliki lesung pipi, anaknya pasti akan memiliki hal yang sama.

Sayangnya, hal itu tidak seratus persen benar. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa lesung pipi adalah hal yang diwariskan oleh orangtua.

Orangtua dengan lesung pipi memang cenderung memiliki anak dengan kondisi yang sama. Namun, tidak setiap pasangan dengan lesung pipi memiliki anak dengan dimples. Dengan kata lain, pola pewarisan lesung pipi tidak dapat diprediksi.

Artikel Lainnya: Bisakah Pipi Tirus Permanen dengan Tarik Benang?

“Hal yang pasti adalah, lesung pipi disebabkan oleh kelainan otot zygomaticus mayor. Otot ini terlibat dalam ekspresi wajah, salah satunya untuk mengangkat sudut mulut saat tersenyum,” ujar dr. Dyah Novita.

“Pada orang dengan lesung pipi, otot tersebut terbelah di lokasi yang sama dari tulang pipi hingga sudut mulut. Meski disebut kelainan, hal ini bukanlah indikasi suatu penyakit atau hal yang berbahaya. Jadi, tidak perlu diapa-apakan lag,” tegasnya.

Bagi orang tanpa lesung pipi, otot utama zygomaticus biasanya dimulai dari tulang pipi kemudian terus terhubung ke bawah hingga ke sudut mulut.

Sedangkan pada mereka yang pipinya “berlubang”, otot tersebut justru menjadi dua bundel yang terpisah saat menuju mulut.

Otot terbelah ke arah yang berbeda; satu ke sudut mulut, dan yang lainnya ke bawah sudut mulut serta kulit atasnya. Variasi otot ini terjadi selama perkembangan janin.

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Lesung Pipi

Terdapat empat jenis lesung pipi yang umumnya dimiliki manusia. Salah satu areanya bahkan tidak berada di wajah, lho!

Apa saja jenis lesung pipi yang dimiliki manusia? Berikut masing-masing detailnya:

1. Dimples on One Cheek

Lesung pipi di satu sisi wajah terlihat menawan. Hal ini akan menonjolkan fitur wajah seseorang, baik pada pria maupun wanita.

Jenis lesung pipi ini disinyalir menambah kesan menggemaskan dan membuat seseorang tampak lebih muda dari usia sebenarnya.

Artikel Lainnya: Efek Samping Merugikan di Balik Prosedur Tarik Benang

2. Dimples On Two Cheeks

Lesung pipi di kedua sisi sangat menonjolkan fitur wajah pemiliknya. Selain yang terlihat jelas di kedua pipi, kadang ada juga orang yang memiliki lesung pipi kecil di kiri dan kanan sudut bibir. Letaknya lebih ke bawah daripada dimples yang biasa.

Senyuman pria dan wanita yang memiliki jenis lesung pipi ini umumnya sangat menarik perhatian.

3. Dimples On Chin

Kondisi ini sebenarnya sama dengan fenomena dagu belah, yang disebabkan oleh rahang bawah tidak menyatu sempurna.

Hanya saja, karena bentuknya juga seperti cekungan, orang-orang menyebutnya sebagai dimples on chin.

Ada mitos bahwa dagu berlesung akan muncul ketika usia bertambah tua atau kulitnya mengendur.

Sayangnya, anggapan tersebut hanya sekadar mitos. Pasalnya, kondisi ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan usia.

Artikel Lainnya: Lakukan Ini agar Wajah Awet Muda

4. Dimples On Back

Beberapa orang memiliki dua lekukan atau cekungan di punggung bawah. Lesung pipi ini dijuluki sebagai dimples of venus .

Berdasarkan artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam International Journal of Dermatology (2014), penyebabnya adalah kelainan ligamen pendek yang membentang di antara tulang belakang dan kulit.

Sekarang Anda sudah mengetahui proses terbentuknya dimples dan macam-macam lesung pipi yang bisa dimiliki oleh manusia, bukan?

Tak perlu khawatir berlebih dengan jenis lesung pipi tertentu, karena kondisi ini tidaklah berbahaya.

Jika Anda memang khawatir, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

1 Komentar