Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Benarkah Butuh Krim yang Berbeda untuk Wajah, Mata, dan Leher?

Benarkah Butuh Krim yang Berbeda untuk Wajah, Mata, dan Leher?

Ada krim wajah, mata, dan leher yang beredar. Apakah tak bisa jika hanya menggunakan satu jenis krim untuk semua bagian tersebut? Cari tahu jawabannya di sini!

Apakah Anda termasuk orang yang merawat kulit area mata dan leher menggunakan krim wajah? Jika ya, Anda tidak sendiri. 

Faktanya, perilaku tersebut memang sering dilakukan lantaran terdapat anggapan bahwa krim mata, krim wajah, krim leher memiliki kandungan serupa.

Namun, benarkah pandangan tersebut? Apakah ahli medis setuju bahwa ketiga jenis krim yang dibuat dan dijual perusahaan kosmetik itu sebenarnya sama alias hanya berbeda di kemasan? 

1 dari 3 halaman

Beda Area, Beda Kondisi dan Kebutuhan Kulit

Sebelum membahas faktanya, Anda wajib tahu karakter dari ketiga area kulit yang berbeda, yaitu wajah, mata, dan leher. 

Wajah memiliki banyak kelenjar keringat dan minyak. Hal itu membuat kulit wajah menjadi lebih cepat membaik dan cukup toleran terhadap cedera. Jumlah kelenjar tersebut di wajah jauh lebih banyak daripada di leher. 

Sayangnya, kulit wajah memiliki lapisan lemak subkutan yang lebih tipis daripada kulit di bagian lain. 

Jadi, kulit di area yang satu itu membutuhkan lebih banyak bantuan dalam menghambat penuaan (kerutan, garis halus, dan lain-lain). 

Artikel Lainnya: Krim Wajah Berubah Kecokelatan, Apa Masih Boleh Dipakai?

Tidak hanya itu, wajah juga sering terpapar polutan lantaran tidak tertutup pakaian seperti bagian tubuh lainnya. 

Hal tersebut membuat kolagen dan elastin pendukung jaringan kulit mengalami kerusakan. Alhasil, kulit wajah menjadi area yang sangat mudah kendur. 

Di sisi lain, jika kita membicarakan area wajah yang paling riskan menua alias memiliki garis halus, maka jawabannya adalah mata. Meski tipe kulit Anda berminyak, kulit di sekitar mata sangatlah tipis, rapuh, dan kering, lho!

Kebiasaan menyipitkan mata dan mengernyitkan kening juga dapat memperburuk kerutan serta garis-garis halus yang ada. 

Lantas, bagaimana dengan kulit leher? Mirip dengan kulit di sekitar mata, neck skin memiliki kelenjar minyak yang jauh lebih sedikit daripada wajah. Oleh karena itu, bagian ini membutuhkan kelembapan ekstra. 

Bagi pemilik kulit kering yang menggunakan produk tinggi pelembap setiap hari, Anda masih bisa mengoleskan krim wajah yang sama di leher. 

Sayangnya, bagi pemilik kulit berminyak atau kombinasi, kemungkinan besar, pelembap yang Anda gunakan tidak akan cukup untuk menjaga kesehatan area kulit leher.

Artikel Lainnya: Penggunaan Krim Kulit yang Salah Bisa Sebabkan Telangiectasia

2 dari 3 halaman

Memilih dan Membedakan Krim untuk Wajah, Area Mata, dan Leher

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, krim wajah, mata, dan leher biasanya memiliki kandungan yang berbeda. Jadi, kurang tepat rasanya jika Anda menyamaratakan penggunaannya. 

Agar tidak keliru lagi, berikut tips untuk membedakan krim dan memilihnya berdasarkan kebutuhan kulit Anda:

1. Cara Memilih Krim Wajah 

Hal pertama yang disarankan oleh dokter adalah memilih krim wajah yang sesuai dengan tipe kulit, yaitu kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif. 

Setelah mengoleskan krim tersebut ke wajah, lapisi lagi dengan tabir surya untuk memaksimalkan perlindungan. 

2. Cara Memilih Krim Mata 

“Perbedaan krim wajah dan mata terletak dari kandungannya. Pasalnya, area wajah mengandung kelenjar minyak lebih banyak dibandingkan area mata,” tutur dr. Dyah Novita.

“Lalu, terdapat pula tambahan zat-zat lain untuk mengurangi keluhan lingkaran hitam, puffy eyes (kantung mata), serta keriput. Di krim wajah, biasanya tidak ada,” sambungnya.

Tekstur dari krim mata juga lebih thick. Oleskan secukupnya di bawah dan samping saja. Hindari mengoleskannya terlalu banyak, apalagi sampai masuk ke mata. 

Efektivitas krim baru akan dirasakan apabila digunakan secara rutin. Oleh karena itu, sebaiknya oleskan tipis-tipis saja, namun dilakukan secara berkelanjutan. 

Artikel Lainnya: Jangan Asal Pakai, Begini Cara Mendapatkan Manfaat Krim Malam

3. Cara Memilih Krim Leher 

“Sama seperti mata, leher juga memiliki kelenjar minyak yang sedikit. Jadi, Anda butuh krim yang yang kandungan pelembapnya lebih banyak daripada krim wajah. Zat untuk mengurangi keriput dan kendur juga dibutuhkan di area leher,” tutur dr. Dyah Novita. 

Tidak semua krim pelembap wajah punya zat tersebut. Karenanya, Anda memang membutuhkan krim leher jika ingin menjaga kekencangan kulit bagian tersebut.

Untuk manfaat optimal, pilihlah yang mengandung antioksidan, ceramide, dan asam hialuronat. Krim leher bisa dioleskan hingga ke bagian dada. 

Membedakan krim untuk wajah, area mata, dan sekitar leher memang diperlukan karena karakter serta kebutuhan ketiga bagian tersebut tidaklah sama. 

Butuh konsultasi kepada dokter terkait kesehatan dan perawatan kulit yang tepat? Anda dapat memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar