Sukses

Manfaat Puasa Untuk Kecantikan Kulit

Tak cuma untuk kesehatan tubuh, puasa juga punya manfaat untuk kecantikan kulit. Apa saja manfaat puasa untuk kulit? Simak ulasannya di sini.

Puasa memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Contohnya, puasa baik untuk mengontrol kadar gula darah sehingga bermanfaat ketika dilakukan oleh penderita diabetes.

Selain itu, beberapa studi mengatakan puasa bisa menurunkan resistensi insulin sehingga sensitivitas tubuh terhadap hormon tersebut jadi meningkat.

Tak hanya baik untuk organ dalam tubuh saja, nyatanya manfaat puasa bagi kesehatan kulit juga ada, lho

Berikut adalah beberapa manfaat puasa untuk kecantikan kulit Anda.

1 dari 7 halaman

1. Menyehatkan dan Mengurangi Tanda Penuaan di Kulit

Berpuasa secara rutin dapat meningkatkan produksi antioksidan yang dapat mencegah penuaan dan kerutan di kulit. Tidak hanya itu aja, antioksidan yang muncul selama berpuasa juga bisa mencegah jerawat dan komedo timbul.

Selain itu, puasa juga bisa mengembalikan keseimbangan mikrobioma yang pada akhirnya dapat membuat kulit jadi lebih bersih.

Artikel Lainnya: Cara Berbuka Puasa yang Benar Menurut Medis

2 dari 7 halaman

2. Meremajakan Kulit

Puasa meningkatkan produksi human growth hormone (HGH) atau hormon pertumbuhan manusia di dalam tubuh.

Hormon tersebut membantu meremajakan kulit dengan meningkatkan elastisitasnya sehingga kulit terlihat lebih muda dan segar.  Berpuasa juga dapat membantu meregenerasi sel di dalam tubuh sehingga membuat kulit Anda lebih bercahaya.

3 dari 7 halaman

3. Detoksifikasi Kulit

Puasa juga berfungsi sebagai detoksifikasi kulit wajah karena asupan kalori yang berkurang saat puasa dapat membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar antioksidan. 

Dilansir dari beberapa sumber, detoksifikasi ini juga bisa membantu meredakan kondisi kulit, seperti psoriasis, eksim, atau jerawat. Jadi, berpuasa membantu kulit menjadi lebih sehat.

Artikel Lainnya: Penyebab Sering Mengalami Nyeri Otot Saat Puasa

4 dari 7 halaman

4. Mengurangi Peradangan

Puasa dapat membantu mengurangi peradangan dengan cara meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh. 

Nantinya, antioksidan akan bekerja menangkal radikal bebas yang sering menyebabkan peradangan di kulit.

5 dari 7 halaman

5. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Puasa diyakini dapat membantu penyembuhan luka kulit lebih cepat dan memperbaiki sel tubuh atau kulit yang rusak.

Diduga, manfaat penyembuhan didapat karena puasa bisa meregenerasi sel dalam tubuh, termasuk di kulit. Ketika sel-sel rusak diganti dengan yang baru atau sehat, proses penyembuhan luka pun berjalan lebih cepat. 

6 dari 7 halaman

6. Dapat Mengurangi Jerawat

Puasa ternyata dapat memperbaiki kulit dalam banyak kasus dan mengatasi penyebab jerawat

Saat puasa, tubuh melakukan sistem regeneratif sel yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan jerawat. Beberapa penelitian menyatakan bahwa selama berpuasa, aktivitas kelenjar minyak menurun sampai 40 persen sehingga dapat mempengaruhi jerawat. 

Namun perlu diingat, kurangi makan makanan dengan indeks glikemik tinggi saat berbuka.

Puasa memang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, puasa yang bermanfaat bagi kulit tak hanya sekadar menahan lapar atau tidak mengonsumsi makanan dan minuman dalam waktu tertentu saja.

Artikel Lainnya: Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Selama berpuasa, Anda harus mengimbangi asupan dengan melakukan pola hidup sehat. 

Misalnya, Anda perlu mengonsumsi banyak sayuran, buah, serta cairan saat sahur dan berbuka. Selain itu, pastikan Anda olahraga teratur dan tidur cukup selama berpuasa.

Anda juga dianjurkan rutin membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari, terutama setelah beraktivitas di luar. Jangan lupa gunakan pelembap serta sunscreen setiap hari dan dilanjutkan dengan penggunaan skincare sesuai tipe kulit Anda.

Untuk tahu informasi kesehatan atau tips merawat kulit lainnya, baca terus artikel di aplikasi KlikDokter. Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut, manfaatkan layanan konsultasi dengan dokter kompeten di LiveChat KlikDokter. 

(OVI/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. Everything You Want to Know About Acne

Healthline. Diakses 2022. I Tried Skin Fasting, the Latest Skin Trend for Clear Skin

1 Komentar