Kulit

9 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

dr. Adeline Jaclyn, 05 Mar 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak cuma untuk kesehatan tubuh, puasa juga punya manfaat untuk kecantikan kulit. Apa saja manfaat puasa untuk kulit? Simak ulasannya di sini.

9 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Puasa memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Contohnya, puasa baik untuk mengontrol kadar gula darah sehingga bermanfaat ketika dilakukan oleh penderita diabetes.

Selain itu, beberapa studi mengatakan puasa bisa menurunkan resistensi insulin sehingga sensitivitas tubuh terhadap hormon tersebut jadi meningkat.

Tak hanya baik untuk organ dalam tubuh saja, nyatanya manfaat puasa bagi kesehatan kulit juga ada, lho. Berikut adalah beberapa manfaat puasa untuk kecantikan kulit Kamu.

1. Menyehatkan dan Mengurangi Tanda Penuaan di Kulit

Berpuasa secara rutin dapat meningkatkan produksi antioksidan yang dapat mencegah penuaan dan kerutan di kulit. Tidak hanya itu aja, antioksidan yang muncul selama berpuasa juga bisa mencegah jerawat dan komedo timbul.

Selain itu, puasa juga bisa mengembalikan keseimbangan mikrobioma yang pada akhirnya dapat membuat kulit jadi lebih bersih.

2. Meremajakan Kulit

Puasa meningkatkan produksi human growth hormone (HGH) atau hormon pertumbuhan manusia di dalam tubuh. Hormon tersebut membantu meremajakan kulit dengan meningkatkan elastisitasnya sehingga kulit terlihat lebih muda dan segar.

Berpuasa juga dapat membantu meregenerasi sel di dalam tubuh sehingga membuat kulit Kamu lebih bercahaya.

3. Dapat Mengurangi Jerawat

Puasa ternyata dapat memperbaiki kulit dalam banyak kasus dan mengatasi penyebab jerawat. Saat puasa, tubuh melakukan sistem regeneratif sel yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan jerawat.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa selama berpuasa, aktivitas kelenjar minyak menurun sampai 40 persen sehingga dapat mempengaruhi jerawat. Namun perlu diingat, kurangi makan makanan dengan indeks glikemik tinggi saat berbuka.

Puasa memang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, puasa yang bermanfaat bagi kulit tak hanya sekadar menahan lapar atau tidak mengonsumsi makanan dan minuman dalam waktu tertentu saja.

4. Mengurangi Peradangan

Puasa dapat membantu mengurangi peradangan dengan cara meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh. Nantinya, antioksidan akan bekerja menangkal radikal bebas yang sering menyebabkan peradangan di kulit.

5. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Puasa diyakini dapat membantu penyembuhan luka kulit lebih cepat dan memperbaiki sel tubuh atau kulit yang rusak. Diduga, manfaat penyembuhan didapat karena puasa bisa meregenerasi sel dalam tubuh, termasuk di kulit.

Ketika sel-sel rusak diganti dengan yang baru atau sehat, proses penyembuhan luka pun berjalan lebih cepat.

6. Detoksifikasi Kulit

Puasa juga berfungsi sebagai detoksifikasi kulit wajah karena asupan kalori yang berkurang saat puasa dapat membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar antioksidan.

Dilansir dari beberapa sumber, detoksifikasi ini juga bisa membantu meredakan kondisi kulit, seperti psoriasis, eksim, atau jerawat. Jadi, berpuasa membantu kulit menjadi lebih sehat.

Artikel lainnya: Penyebab Sering Mengalami Nyeri Otot Saat Puasa

7. Pembersihan Pori-Pori Kulit

Puasa dapat membantu dalam membersihkan pori-pori kulit dari kotoran dan minyak berlebih. Saat seseorang berpuasa, terutama jika puasa dilakukan dengan mengurangi asupan makanan dan minuman tertentu, hal ini dapat mengurangi produksi sebum atau minyak berlebih di kulit. Sebum yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori kulit.

8. Peningkatan Keseimbangan Ph Kulit

Puasa dapat membantu meningkatkan keseimbangan pH kulit. Kulit yang sehat biasanya memiliki pH antara 4,5 hingga 5,5. pH yang seimbang ini membantu memelihara keutuhan lapisan pelindung kulit, yang disebut "mantel asam." Mantel asam merupakan pertahanan alami kulit terhadap iritasi dan infeksi.

9. Peningkatan Kecerahan Kulit

Peningkatan kecerahan kulit adalah salah satu manfaat puasa yang banyak diamati. Selama puasa, tubuh mengalami berbagai perubahan fisiologis, termasuk peningkatan sirkulasi darah.

Ketika sirkulasi darah meningkat, nutrisi dan oksigen lebih efisien didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Hal ini dapat menyebabkan kulit terlihat lebih segar dan bercahaya. Selain itu, puasa juga dapat membantu dalam memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

Ketika sirkulasi darah meningkat, nutrisi dan oksigen lebih efisien didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Hal ini dapat menyebabkan kulit terlihat lebih segar dan bercahaya. Selain itu, puasa juga dapat membantu dalam memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

Selama berpuasa, Kamu harus mengimbangi asupan dengan melakukan pola hidup sehat. Misalnya, Kamu perlu mengonsumsi banyak sayuran, buah, serta cairan saat sahur dan berbuka. Selain itu, pastikan Kamu olahraga teratur dan tidur cukup selama berpuasa.

Kamu juga dianjurkan rutin membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari, terutama setelah beraktivitas di luar. Jangan lupa gunakan pelembap serta sunscreen setiap hari dan dilanjutkan dengan penggunaan skincare sesuai tipe kulit Kamu.

Untuk tahu informasi kesehatan atau tips merawat kulit lainnya, baca terus artikel di aplikasi KlikDokter dan Kamu bisa kosultasi dengan dokter menggunakan fitur tanya dokter spesialis kulit.

Jika Kamu punya pertanyaan lebih lanjut, manfaatkan layanan konsultasi dengan dokter kulit dan Kamu juga bisa buat janji dengan dokter kulit atau cari layanan kecantikan di KlikDokter. #JagaSehamu selalu selama berpuasa, ya!

kulitKecantikanpuasa

Konsultasi Dokter Terkait