Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Makan Oatmeal saat Sahur Bisa Bantu Jaga Stamina Berpuasa

Makan Oatmeal saat Sahur Bisa Bantu Jaga Stamina Berpuasa

Asupan nutrisi lengkap harus terpenuhi saat sahur agar puasa tetap kuat. Nah, sahur dengan oatmeal bisa jadi opsi sehat untuk Anda!

Agar tubuh tetap sehat dan kuat selama puasa, tentunya Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi lengkap. Terutama saat sahur, sangat penting bagi tubuh untuk mendapat asupan menu yang kaya nutrisi. 

Bila Anda menyukai oatmeal, makanan sehat yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk bersantap sahur. Superfood dari gandum tersebut juga telah populer dengan manfaat sehatnya.

Mengapa sahur dengan oatmeal dapat menjadi rekomendasi? Yuk, simak ulasannya.

Artikel lainnya: Saat Sahur, Hindari Minuman Ini Agar Puasa Lancar

1 dari 3 halaman

Mengenal Nutrisi Bermanfaat Oatmeal

Oat merupakan sumber serat (terutama beta-glukan) yang sangat baik, serta kaya vitamin, mineral, dan antioksidan.

Karena banyak manfaatnya seperti menurunkan gula darah dan kadar kolesterol, oat memang dikenal sebagai salah satu makanan yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain sehat, oatmeal sangat mudah dan cepat untuk dibuat. Inilah mengapa banyak orang gemar mengonsumsi makanan ini untuk sarapan. 

Oatmeal juga mudah dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan lainnya, sehingga menjadi lebih lezat. Anda bisa merebusnya dengan air atau susu. Lalu, tambahkan topping seperti pisang, kacang almond, dan lainnya.

Dilansir dari Healthline, nutrisi untuk 100 gram oat mentah mengandung kalori (389), air (8 persen), protein (16,9 g), karbohidrat (66,3 g), serat (10,6 g), dan lemak (6,9 g).

Selain itu, terkandung juga beberapa vitamin dan mineral di dalam oat. Contohnya yaitu mangan, fosfor, tembaga, vitamin B1, zat besi, selenium, magnesium, dan zinc.

2 dari 3 halaman

Mengapa Makan Oatmeal Saat Sahur Baik untuk Kesehatan?

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, agar kuat menjalani puasa, pada dasarnya Anda harus menjaga tubuh tetap sehat. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

“Salah satu [pilihan] adalah mengonsumsi oat. Alasan utamanya karena oat mengandung indeks glikemik yang rendah. Jadi, gula darah tetap stabil dan tidak akan membuat sugar crash atau peningkatan gula darah yang berujung membuat lemas,” ucap dr. Devia. 

Artikel lainnya: Menu Sahur Terbaik bagi Anda yang Mengidap Mag

Selain itu, oatmeal juga dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan mengonsumsinya, Anda dapat merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, oatmeal sangat baik bila dikonsumsi saat sahur.

Meski begitu, Anda sebaiknya tetap menambahkan berbagai bahan makanan lainnya yang kaya vitamin dan mineral ke dalam oatmeal

Saran dari dr. Devia, Anda bisa menambahkan lauk lain seperti telur, daging, dan sayuran ke dalam satu mangkuk oatmeal

Lalu, jangan lupa minum banyak air mineral selama sahur dan berbuka. Pasalnya, kandungan serat yang tinggi pada oatmeal dapat menyerap mineral di dalam tubuh. Pastikan juga istirahat yang cukup untuk menjaga stamina tubuh selama puasa.

Apa Anda tertarik mencoba makan oatmeal saat sahur? Agar lebih sehat dan bernutrisi lengkap, jangan lupa menambahkan makanan bergizi lainnya ke dalam oatmeal, ya.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar makanan yang baik untuk sahur, Anda bisa konsultasi ke dokter di layanan Live Chat Klikdokter. Mau beli superfood seperti biji chia dan camilan sehat? Langsung kunjungi Belanja Sehat

(FR/JKT)

1 Komentar

  • nurhayati mgz

    assalammualaikum dok..sya mau nanya.apakah obat untuk menghilangkan kutil pada bayi umur 6 bulan dok..?