HomeIbu Dan anakKehamilanManfaat Makan Kolang-Kaling Saat Hamil
Kehamilan

Manfaat Makan Kolang-Kaling Saat Hamil

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 20 Mar 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kolang-kaling merupakan bahan makanan yang kerap dijadikan manisan dan digemari banyak orang, termasuk ibu hamil. Apa saja manfaat kolang-kolang untuk ibu hamil?

Manfaat Makan Kolang-Kaling Saat Hamil

Selama masa kehamilan, ibu diminta untuk menjaga dan memenuhi asupan makannya dengan baik. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi adalah dengan makan kolang-kaling.

Dibandingkan telur, ati ayam, atau buah alpukat, kolang-kaling memang tidak terlalu populer untuk dikonsumsi ibu hamil. Akan tetapi, bahan makanan yang berasal dari biji pohon aren ini memiliki sejumlah manfaat untuk kehamilan.

Kolang-kaling memiliki tekstur yang kenyal, tebal, dengan warna putih cenderung bening. Hasil olahan biji pohon aren ini kerap dijadikan campuran di dalam menu kolak atau manisan.

Merangkum berbagai sumber, kolang kaling memiliki berbagai nutrisi seperti karbohidrat, kalsium, protein, lemak, serat, zat besi, serta vitamin dan mineral.

Jika dilihat dari kandungannya, buah ini bisa menghadirkan sejumlah manfaat untuk tubuh ibu hamil. Berikut adalah manfaat kolang-kaling untuk ibu hamil:

1. Melancarkan Pencernaan

Kolang-kaling termasuk ke dalam makanan yang mengandung banyak serat. Kandungan serat inilah yang nantinya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil.

Ibu hamil sangat rentan terkena sembelit atau gangguan pencernaan. Karenanya, ibu hamil wajib memenuhi asupan serat agar sistem pencernaannya tetap lancar. Buah kolang-kaling bisa dijadikan pilihan yang baik.

2. Baik untuk Kesehatan Gigi dan Tulang Janin

Tahukah Kamu, makan kolang-kaling saat hamil dapat memengaruhi kesehatan gigi dan tulang janin? Ya, kandungan fosfor di dalam kolang-kaling juga berkhasiat untuk memperkuat gigi dan tulang janin.

Selain itu, fosfor juga baik untuk memperbaiki jaringan dan sel yang rusak pada tubuh ibu hamil maupun janin.

3. Memberi Tambahan Energi

Meski kandungan karbohidrat dalam kolang-kaling tidak terlalu banyak, tapi zat tersebut dapat memberikan efek kenyang dan energi pada ibu hamil.

Selain karbohidrat, zat fosfor dari kolang-kaling pun bisa memberikan energi agar ibu dapat menjalani masa-masa kehamilannya dengan baik. Karena itu, untuk ibu hamil, konsumsilah kolang-kaling guna mencegah badan lemas selama masa kehamilan.

4. Mengendalikan Nafsu Makan

Di dalam kolang-kaling mengandung gelatin yang bisa meredakan rasa lapar. Gelatin berfungsi memberikan efek kenyang dan dapat menahan ibu hamil dari makan secara berlebihan.

Kendati begitu, jangan terlalu banyak makan buah kolang-kaling, karena dikhawatirkan ibu jadi kenyang dan tak mendapatkan asupan nutrisi seimbang dari makanan lain.

5. Memberikan Hidrasi bagi Tubuh

Makan kolang-kaling bermanfaat untuk ibu hamil, karena dapat memberikan cairan bagi tubuh. Kolang-kaling mengandung banyak air yang berfungsi menghidrasi atau mencukupi kebutuhan cairan selama kehamilan.

Namun, jangan hanya mengandalkan kolang-kaling, ya. Tetap utamakan minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan harian.

6. Sebagai Sumber Mikronutrien

Kolang-kaling mengandung vitamin A, B, C, dan K yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin-vitamin tersebut efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu dan mencegahnya terkena penyakit selama masa kehamilan.

Tak ada cara khusus untuk mengonsumsi atau menyajikan kolang-kaling. Yang terpenting, pastikan kolang-kaling dalam kondisi bersih agar tidak ada kuman penyebab gangguan pencernaan dan infeksi dalam tubuh.

Selain itu, hindari penambahan sirop berlebihan pada kolang-kaling. Pasalnya, sirop biasanya mengandung gula yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak.

Agar lebih aman,Kamu bisa merebus kolang-kaling sampai matang dan hindari pemakaian zat pewarna. Lebih baik, makan kolang-kaling tanpa tambahan apa pun atau campurkan ke dalam menu salad buah.

Ibu bisa mengombinasikan kolang-kaling dengan buah pilihan, seperti naga, apel, jeruk, dan kiwi sebagai camilan sehat.

Tak ada ketentuan khusus mengenai batasan jumlah asupan kolang-kaling untuk ibu hamil. Selama ibu selalu kombinasikan dengan menu makanan sehat, konsumsi kolang-kaling aman-aman saja.

Untuk tahu informasi kesehatan lainnya mengenai kehamilan, baca terus artikel di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan menggunakan fitur Tanya Dokter Kandungan atau buat janji dengan Dokter Spesialis Kandungan di KlikDokter.

Penasaran kehamilan sudah minggu ke berapa? Yuk, hitung usia kandungan Mama dengan Kalendar Kehamilan KlikDokter.

Jangan lupa untuk #JagaSehatmu selalu dengan rutin cek kehamilan Kamu. Pesan layanan pemeriksaan kesehatan kehamilan bisa dilakukan secara online.

Jika ingin beli perlengkapan ibu, bayi, dan anak, Kamu bisa membeli dengan mudah tanpa harus keluar rumah di KALStore! Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang juga!

[RS]

Kehamilankolang kaling

Konsultasi Dokter Terkait