Kesehatan Anak

Jangan Dilarang, Pilih Es Krim Sehat Sebagai Cemilan Baik untuk Anak

KlikDokter, 15 Apr 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Saat musim Hujan, anak-anak kerap dilarang makan es krim. Sebab, makan es krim sering dianggap bikin anak terkena flu dan batuk. Benarkah?

Jangan Dilarang, Pilih Es Krim Sehat Sebagai Cemilan Baik untuk Anak

Musim hujan identik dengan munculnya berbagai penyakit yang mengintai anak-anak, misalnya seperti flu hingga demam berdarah.

Kondisi tersebut membuat orangtua jadi lebih waspada untuk menjaga buah hatinya agar terhindar dari penyakit.

Agar tak gampang sakit, ortu harus memastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan.

Sayangnya, beberapa anak kadang susah makan atau menolak ketika diberi makanan. Untuk mengatasi anak susah makan, ortu harus memiliki trik tertentu.

Anda bisa menyajikan sayur dan buah dalam bentuk unik agar tampilannya lebih menarik. Selain itu, Anda juga bisa mengajak si kecil makan sayur dan buah bersama-sama.

Tak hanya itu, Anda bisa memberikan es krim yang mengandung susu dan buah agar anak mendapatkan nutrisi yang cukup.

Sayangnya, makan es krim saat musim hujan justru dianggap menjadi penyebab anak menjadi gampang sakit, khususnya terkena flu dan batuk.

Makan Es Krim saat Musim Hujan Bikin Anak Sakit?

Makan es krim atau mengonsumsi makanan dingin lain saat musim hujan memang selalu dihubungkan dengan penyakit batuk dan pilek.

Selain karena suhunya yang dingin, es krim umumnya terbuat dari susu. Susu sering “dituduh” memperparah kondisi batuk atau pilek anak.

Apakah pendapat itu benar? Ternyata tidak. Faktanya, tidak ada landasan kuat yang menyebutkan bahwa mengonsumsi es krim saat musim penghujan menyebabkan anak jadi sakit batuk atau pilek.

Anggapan tersebut belum terbukti, baik dalam bentuk penelitian ataupun pengalaman empiris. Pendapat tersebut hanyalah mitos yang sudah lama beredar di masyarakat.

Mengonsumsi es krim tidak akan menyebabkan Anda atau anak-anak terkena flu. Karena penyakit flu sejatinya disebabkan oleh infeksi virus, bukan makanan bersuhu dingin atau berbahan susu.

Bahkan ketika terserang flu, mengonsumsi es krim juga tidak akan memperpanjang durasi flu yang anak Anda alami.

Jadi, anggapan bahwa makan es krim saat musim hujan menyebabkan anak-anak terkena batuk atau pilek adalah salah dan tak terbukti secara medis.

Artikel Lainnya: Gigi Ngilu Setelah Makan Es Krim, Ini Sebabnya

Ketahui Kriteria Es Krim yang Baik untuk Anak

Kendati makan es krim saat musim hujan tidak menyebabkan anak terkena flu, namun orangtua harus memilih produk es krim yang baik.

Pada dasarnya, es krim bisa menjadi pilihan cemilan yang baik dan sehat untuk anak. Es krim dapat memenuhi asupan gizi harian yang penting untuk mendukung tumbuh kembang buah hati.

Memilih cemilan yang baik sama pentingnya dengan memilih makanan pokok. Oleh karena itu, ketahui kriteria es krim yang baik untuk anak, berikut di antaranya:

1. Tidak Mengandung Gula Tinggi

Rasa manis adalah ciri utama dari es krim. Rasa manis inilah yang disukai oleh semua orang, terutama anak-anak.

Akan tetapi, mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan menyebabkan anak rentan terkena penyakit diabetes dewasa nanti.

Maka itu, sebelum memberikan kepada anak, perhatikan kandungan yang ada di dalam label informasi nilai gizi. Label tersebut bisa Anda temukan pada kemasan es krim.

2. Rendah Kalori dan Bernutrisi

Kebanyakan es krim yang dijual di pasaran mengandung kalori dalam jumlah tinggi, namun rendah nutrisi.

Sering mengonsumsi es krim yang mengandung kalori tinggi berpotensi menyebabkan anak mengalami obesitas.

Walaupun kebanyakan es krim tidak memiliki nutrisi yang baik, namun ada beberapa produk yang terbuat dari susu atau buah sehingga mengandung berbagai manfaat kesehatan.

Sebisa mungkin, berikan es krim yang berasal dari susu, buah, atau bahan-bahan bergizi lainnya.  

Artikel Lainnya: Waspadai 9 Bahan Berbahaya dalam Jajanan Anak

3. Hindari Es Krim yang Mengandung Bahan Tidak Sehat

Untuk memberikan rasa yang enak, produsen es krim kerap menambahkan bahan-bahan kurang sehat di dalam produknya. Misalnya saja, di dalam produk es krim kerap ditemukan pemanis buatan.

Padahal, sejumlah pemanis buatan telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan bagi manusia.

Selain itu, beberapa produk es krim dibuat dengan cara yang kurang bersih atau tidak higienis. Hal ini jelas dapat membahayakan kesehatan tubuh anak.

Tonton video berikut untuk mengetahui fungsi penting dan cara memilih cemilan yang baik untuk anak:

Para orang tak perlu khawatir, agar kebaikan dan manfaat es krim bisa didapat oleh anak, Anda bisa memberikan Paddle Pop.

Es krim Paddle Pop terbuat dari bahan berkualitas dan higienis, serta mengandung kebaikan susu dan buah. Artinya, mengonsumsi es krim Paddle Pop sama dengan meminum susu atau cemilan yang bernutrisi. 

Artikel Lainnya: 8 Camilan Sehat untuk Si Kecil

Paddle Pop membatasi kandungan kalori tidak lebih dari 110 kilokalori, 12 gram gula, dan 3 gram lemak jenuh yang sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Selain itu, es krim Paddle Pop sudah mendapatkan sertifikasi Cemilan Baik Untukmu dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), jadi sudah bisa dipastikan aman dan baik untuk anak-anak.

Terakhir, orangtua perlu tahu, es krim Paddle Pop ini halal dan sudah mendapat izin edar dari BPOM.

Maka itu, orangtua tidak perlu khawatir berbagai risiko kesehatan anak saat mengonsumsi #PaddlePop karena ini adalah #CemilanBaikUntukmu.

(OVI/AYU)

AdvertorialAnak

Konsultasi Dokter Terkait