Sukses

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Eye Cream

Sudah rutin menggunakan eye cream setiap malam namun hasilnya tak kunjung terlihat? Perhatikan beberapa hal ini untuk mengetahui penyebabnya.

Area wajah yang paling cepat memperlihatkan tanda penuaan adalah kulit di sekitar mata. Munculnya garis-garis halus tanda keriput, kantung mata, dan lingkaran hitam di bawah mata adalah beberapa tanda penuaan yang umum terjadi.

Oleh karena itu, banyak produsen yang menjual eye cream atau krim mata. Penggunaan eye cream biasanya dilakukan menjelang waktu tidur karena skincare ini dinilai bekerja secara efektif saat tubuh beristirahat.

Kendati sudah mengoleskan eye cream rutin setiap malam, beberapa orang ada yang mengaku tak merasakan hasilnya sama sekali. Kemungkinan, hal tersebut bisa dipicu oleh kesalahan saat memakai eye cream.

Artikel Lainnya: Manfaat Penggunaan Krim Mata yang Perlu Anda Tahu

1 dari 2 halaman

Kesalahan yang Membuat Eye Cream Tidak Bekerja

Ada beberapa kesalahan ketika menggunakan eye cream sehingga membuat krim tersebut tidak bekerja dengan baik. Untuk penjelasan lebih rinci, simak ulasan berikut ini.

1. Kandungan Eye Cream Tidak Tepat

Krim mata harus mengandung zat atau bahan aktif yang tepat agar hasilnya terlihat maksimal. Bahan aktif tersebut harus disesuaikan dengan keluhan yang Anda alami.

Untuk menghaluskan, mengencangkan, dan mencerahkan kulit di sekitar mata, Anda bisa memilih krim berbahan antioksidan, seperti vitamin E, vitamin C, peptida, atau retinol.

Mengutip dari The Klog, dr. Debra Jaliman dari New York, Amerika Serikat (AS), menyarankan Anda untuk memilih eye cream mengandung niacinamide apabila memiliki lingkaran hitam di bawah mata.

Lalu, dr. Valda Garcia mengatakan, “Perlu diketahui penyebab kantung mata atau kehitaman di daerah sekitar mata. Kalo karena ada alergi dengan salah satu kandungannya perlu dihindari, karena jika terus terpapar alergi, akan kambuh terus dan akan terus kehitaman di sekitar mata.”

Sementera itu, untuk mengatasi kulit sekitar mata yang kering, gunakan krim dengan formula asam hialuronat.

Sedangkan untuk mata bengkak, pilih produk eye cream yang mengandung bahan kafein. Melansir dari WebMd, kafein dapat membantu melancarkan sirkulasi di sekitar kulit mata dan mengurangi bengkak.

Artikel Lainnya: Panduan dalam Memilih dan Menggunakan Krim Mata

2. Menggunakan Eye Cream Terlalu Banyak

Sebagian orang beranggapan bahwa mengoleskan krim mata dalam jumlah banyak akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Anggapan tersebut tidaklah benar, ya.

Tidak menjadi masalah jika menggunakan eye cream dilakukan pada malam dan pagi hari, namun Anda perlu memerhatikan jumlah atau takarannya.

Dijelaskan oleh dr. Valda, gunakan eye cream kira-kira sebesar biji kacang hijau dan oleskan di bawah mata. Meskipun nampaknya sangat sedikit, namun itu sudah cukup untuk melembapkan area kulit di bawah mata.

3. Mengharapkan Hasil yang Instan

Untuk melihat hasil pemakaian eye cream, kira-kira Anda membutuhkan waktu empat hingga enam minggu.

"Dalam menggunakan eye cream atau skincare harus rutin dan tidak bisa menuntut hasil terlihat secara instan," ucap dr. Valda.

Selain itu, tak perlu berganti-ganti produk dalam waktu cepat. Anda harus memberi waktu bagi skincare untuk bekerja di kulit Anda. 

Masih diwartakan dari WebMd, kondisi lingkaran hitam di bawah mata bisa dipicu oleh faktor keturunan, kerusakan akibat sinar matahari, usia, dan penumpukan darah.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih eye cream yang mengandung sodium askorbat, atau vitamin C. Bahan aktif tersebut dapat membantu menyembunyikan lingkaran hitam setelah pemakaian sekitar 6 bulan.

Artikel Lainnya: Sudah Pakai Pelembap, Butuh Krim Mata atau Tidak, Ya?

4. Tidak Menggunakan Sunscreen

Sarah Akram, ahli kecantikan yang berbasis di Washington D.C, AS, mengatakan jika sudah memakai krim mata tapi tak mengoleskan sunscreen, hasilnya akan sia-sia.

Sebab, kombinasi sunscreen dan eye cream adalah cara terbaik untuk mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan di sekitar mata.

Lalu, untuk menjaga kesehatan kulit sekitar mata, Anda bisa mengenakan kacamata hitam dengan lapisan pelindung ultraviolet (UV) dan menggunakan concealer mengandung sun protection factor (SPF)  di bawah mata.

5. Tidak Memulai Sejak Dini

Eye cream sebaiknya digunakan sejak dini atau sebelum Anda mengalami kerutan, garis halus, dan noda hitam di bawah mata.

Pasalnya, area mata termasuk bagian wajah dengan kulit yang tipis, sehingga paling cepat mengalami penuaan.

Gunakan eye cream sebelum Anda memasuki usia 30 tahun. Semakin muda Anda menggunakan krim mata, maka akan semakin baik dan hasilnya bisa terlihat saat memasuki usia tua.

Artikel Lainnya: Cara Mudah Menghilangkan Kantung Mata

6. Menjalani Gaya Hidup Tidak Sehat

Untuk mencegah tanda penuaan di sekitar mata, Anda tak bisa hanya mengandalkan eye cream. Perbaiki pola makan dengan mengonsumsi hidangan bergizi seperti sayuran dan buah.

Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Tidur yang cukup akan sangat bermanfaat untuk membuat mata Anda terlihat lebih cerah.

Hindari juga kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol. Gaya hidup yang buruk dapat menyebabkan kesehatan kulit, terutama di sekitar mata, jadi menurun dan terlihat menua.

Terakhir, dr. Valda menambahkan, pastikan tangan Anda sudah bersih sebelum mengaplikasikan eye cream atau skincare lainnya ke wajah.

Selain itu, usahakan tidak menggosok produk skincare ke kulit. Lakukanlah gerakan seperti menepuk-nepuk perlahan menggunakan jari manis.

Apabila memiliki pertanyaan lain seputar eye cream atau masalah kulit lainnya, konsultasi langsung dengan dokter menggunakan fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar