Sukses

Menyingkap Manfaat Peanut Ball untuk Ibu Hamil

Salah satu manfaat peanut ball untuk ibu hamil adalah melancarkan persalinan dan membuat prosesnya berlangsung mudah. Apakah medis setuju dengan itu? Yuk, cek faktanya!

Anda mungkin sudah tidak asing dengan peanut ball. Bola berbentuk seperti kacang ini sering digunakan sebagai salah satu alat bantu olahraga.

Namun, sekarang ini, peanut ball  sering direkomendasikan untuk digunakan oleh ibu hamil. Konon katanya, bola berbentuk kacang ini bisa membantu memudahkan dan melancarkan proses persalinan.

Benarkah begitu? Apa sebenarnya manfaat peanut ball untuk ibu hamil? Bagaimana cara menggunakannya? Yuk, cari tahu faktanya!

Artikel Lainnya: Kegunaan Peanut Ball untuk Ibu Hamil

Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini, kegunaan peanut ball untuk ibu hamil adalah membantu proses persalinan.

Faktanya, proses persalinan dengan bius epidural — pembiusan dari pinggang ke bawah — membuat ruang gerak menjadi sangat terbatas. Nah, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan memanfaatkan peanut ball.

Peanut ball diketahui dapat membantu proses persalinan, karena dapat menyokong proses pembukaan serviks di saat ibu yang hendak melahirkan sedang berbaring,” ucap dr. Dyah Novita.

Lebih jelasnya, peanut ball dapat membantu memperlebar saluran panggul. Hal ini dibutuhkan untuk mendukung proses persalinan secara alamiah, sehingga menurunkan risiko operasi caesar.

Tidak hanya itu, mengutip healthline, manfaat peanut ball yang juga bisa dirasakan oleh ibu hamil dalam proses persalinan adalah sebagai berikut:

Artikel Lainnya: Gerakan Senam Ibu Hamil untuk Melancarkan Persalinan

  • Mengurangi Rasa Sakit saat Persalinan

Sebuah studi tahun 2015 menunjukan bahwa penggunaan bola persalinan — termasuk peanut ball — sebelum melahirkan dapat menurunkan rasa sakit yang signifikan.

Hal itu karena penggunaan bola tersebut dapat membantu pembukaan serviks yang optimal sehingga proses persalinan dapat berlangsung dengan lancar.

  • Mempersingkat Waktu Persalinan

Hasil penelitian tahun 2011 membeberkan, penggunaan peanut ball dapat mempersingkat waktu persalinan pada tahap pertama sebanyak 90 menit.

Pada tahap kedua, yaitu saat ibu mendorong bayi keluar, waktu persalinan dapat dipersingkat sekitar 23 menit berkat penggunaan peanut ball.

Berangkat dari manfaat peanut ball tersebut, proses persalinan menjadi lebih cepat 2 jam daripada hitungan normal.

  • Penurunan Angka Kelahiran Caesar

Dalam satu studi kecil tahun 2015 didapati bahwa 21 persen wanita yang melakukan persalinan epidural tetapi tidak menggunakan bola kacang perlu melahirkan dengan operasi caesar.

Sementara itu, 10 persen wanita yang menjalani epidural tetapi menggunakan peanut ball dapat menjalankan persalinan normal.

Meski hasilnya terbatas, para ahli yakin bahwa temuan tersebut dapat mendukung gagasan bahwa peanut ball dapat membantu membuka panggul untuk meningkatkan peluang persalinan normal.

Artikel Lainnya: Kondisi Kehamilan yang Memerlukan Operasi Caesar

1 dari 2 halaman

Cara Menggunakan Peanut Ball untuk Ibu Hamil

Penggunaan peanut ball untuk membantu proses persalinan harus diawasi oleh dokter atau bidan yang terlatih. Dengan kata lain, penggunaan peanut ball untuk ibu hamil tidak boleh dilakukan sendiri.

Berikut ini beberapa gerakan yang biasanya diarahkan oleh dokter atau bidan untuk penggunaan peanut ball.

  • Side Lying Position

Bola kacang akan diletakkan di antara paha ibu hamil yang hendak melahirkan. Di saat yang sama, kedua kaki ibu hamil akan diminta melingkar di sekitarnya, seperti sedang memeluk guling,

Setelah itu, ibu hamil akan diminta berbaring ke sisi kanan atau kiri. Tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan aliran oksigen dan darah ke plasenta.

  • Lunge Position

Lunge position mirip dengan side-lying position. Bedanya, sandaran tempat tidur akan dinaikkan menjadi sekitar 45 derajat saat melakukan lunge position,” ucap dr. Dyah Novita.

Ibu hamil yang hendak melahirkan akan diminta dokter atau bidan untuk memutar tubuh bagian atas guna membuka panggul. Dengan cara ini, kepala ibu hamil akan terangkat sehingga gravitasi bekerja dengan lebih baik.

Manfaat peanut ball untuk ibu hamil yang hendak melahirkan ternyata tidak main-main. Namun, penggunaannya wajib diawasi oleh dokter atau bidan agar manfaatnya bisa dirasakan dengan optimal.

Masih penasaran dengan manfaat peanut ball untuk ibu hamil? Punya pertanyaan lain tentang proses persalinan? Anda dapat mengonsultasikannya kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

2 Komentar