Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Anak Belum Bisa Divaksinasi COVID-19, Ini Tips Perlindungannya

Anak Belum Bisa Divaksinasi COVID-19, Ini Tips Perlindungannya

Vaksin dapat menurunkan angka infeksi COVID-19. Namun jadwal vaksinasi virus corona anak belum ditentukan, bagaimana melindungi si kecil? Simak tipsnya!

Pemberian vaksin COVID-19 sudah mulai bergulir. Banyak orang menaruh harapan pada vaksinasi ini dengan harapan pandemi segera usai. Efektivitas vaksin pun sudah banyak diuji dalam mencegah infeksi virus corona.

Sayangnya, saat ini tidak semua kelompok usia dapat mengikuti program vaksinasi coronavirus, contohnya anak-anak dan bayi. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan anak di masa pandemi?

1 dari 3 halaman

Vaksin COVID-19 untuk Anak Masih Diuji

Pengembangan vaksin virus corona pada awalnya memang belum mencakup anak kecil dan bayi.

Anak-anak bukan bagian dari uji klinis tahap awal. Karena, imunitas mereka umumnya tidak serapuh orang dewasa.

Mayoritas kematian selama pandemi sekitar 90 persen didominasi oleh orang-orang yang berusia 55 tahun ke atas.

Namun, tidak berarti anak-anak kebal terhadap COVID-19. Mereka hanya memiliki kemungkinan yang lebih rendah untuk mengalami komplikasi serius akibat virus corona.

Saat ini, beberapa penelitian sedang berlangsung untuk menilai efektivitas dan keamanan vaksin coronavirus untuk anak-anak. Diharapkan, dalam waktu dekat vaksin infeksi virus corona untuk anak sudah dapat diberikan.

Artikel Lainnya: Pfizer Lakukan Uji Klinis Vaksin COVID-19 untuk Anak

2 dari 3 halaman

Lindungi Anak, Ciptakan Lingkungan yang Sehat

Walaupun belum ada vaksin COVID-19 untuk anak, Anda tetap dapat memberi perlindungan kepada si kecil selama pandemi.

Berikut ini beberapa tips yang dapat orangtua lakukan untuk sementara waktu agar anak-anak tetap aman dan terhindar dari infeksi human coronavirus:

1. Jaga Imunitas Anak dari Dalam

Perhatikan gizi anak. Jangan lupakan asupan karbohidrat, variasi protein, lemak, buah, dan sayuran.

Pastikan anak mendapatkan porsi sayur dan buah setiap hari untuk memenuhi kebutuhan mineral serta vitamin.

Selain itu, jangan lupakan olahraga atau aktivitas fisik rutin untuk memperkuat stamina anak.

2. Pastikan Orang Dewasa di Sekitar Anak Tervaksinasi COVID-19

Beberapa kelompok usia dewasa sudah bisa mendapatkan vaksin virus corona. Bila Anda berkesempatan mendapatkan vaksin, jangan tunda jadwal penyuntikannya.

Dengan langkah ini, Anda juga turut melindungi anak dari penularan human coronavirus.

Artikel Lainnya: Alasan Interval Vaksinasi COVID-19 Jadi 28 Hari

3. Perhatikan Kesehatan Lingkungan Anak

Selain menerapkan protokol kesehatan dan pemenuhan nutrisi, cara menjaga kesehatan anak di masa pandemi yang tak kalah penting adalah menciptakan lingkungan yang sehat. Bersihkan tempat bermain anak secara berkala.

Selain itu, mengingat masih diberlakukannya school from home, pastikan Anda juga menggunakan cat tembok rendah VOC dan bebas bau.

Hal ini sangat penting karena hampir 24 jam anak-anak tinggal di rumah. Jadi, jangan sampai cat yang digunakan mengganggu kesehatan pernapasan si kecil.

Gunakan cat Nippon VirusGuard dengan Silver-Ion Technology yang efektif membasmi 99,9 persen virus (Human Coronavirus, H1N1, dan Coxsackievirus A16) di dinding.

Teknologi ini telah diuji dan lulus sertifikasi pada awal 2020 oleh Analytical Lab group (ALG), yaitu sebuah laboratorium independen berstandar global, terhadap human coronavirus. Perlindungan dari cat ini dapat bertahan selama tidak terkelupas atau rusak.

Nippon VirusGuard juga memiliki kemampuan antibakteri, khususnya E. coli, MRSA, dan Staphylococcus aureus.

Lalu, cat ini mampu mencegah tumbuhnya jamur dan lumut di dinding, tidak menimbulkan bau, tahan pudar, serta rendah VOC.

Zat berbahaya seperti ammonia, timbal, merkuri, dan logam berat pun tidak terkandung di dalamnya.

Jadi, cat Nippon VirusGuard aman bagi kesehatan anak dan anggota keluarga lainnya.

Produk yang telah tersertifikasi ramah lingkungan oleh Singapore Green Label ini sangat direkomendasikan untuk ruangan interior seperti kamar anak, child care, sekolah, dan lain sebagainya.

Artikel Lainnya: Imunisasi Anak saat Pandemi Corona, Bahayakah?

Agar perlindungan terhadap COVID-19 semakin maksimal bagi anak, penting untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Bila tidak ada keperluan mendesak, usahakan si kecil tetap berada di rumah saja demi menghindari penularan.

Bila ayah atau ibu harus ke luar rumah misalnya untuk bekerja atau berbelanja kebutuhan pokok, pastikan virus tidak masuk ke rumah. Segera ganti baju bersih, cuci tangan, dan langkah kebersihan lainnya.

Untuk info lebih lanjut, Anda bisa kunjungi website Nippon VirusGuard dan chat WA Care Nippon Paint.

Selalu berikan perlindungan terbaik bagi si kecil, bahkan di rumah sekali pun. Percayakan kepada Nippon VirusGuard untuk Anda dan keluarga tercinta.

Konsultasi seputar kesehatan anak dan COVID-19 bisa lebih cepat dan mudah dilakukan menggunakan LiveChat Klikdokter bersama tim medis spesialis.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar