Mata

Heterochromia, Kelainan yang Bikin Warna Kedua Mata Berbeda

Tri Yuniwati Lestari, 08 Apr 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Beberapa orang memiliki warna bola mata yang berbeda. Hal itu disebut sebagai heterochromia iridum. Apa penyebab dari kondisi tersebut? Berikut penjelasannya.

Heterochromia, Kelainan yang Bikin Warna Kedua Mata Berbeda

Beberapa orang ada yang memiliki dua warna mata berbeda. Misalnya, mata sebelah kiri berwarna cokelat dan sebelah kanan berwarna biru. Dalam dunia medis, kondisi itu disebut sebagai heterochromia iridum.

Lantas, apa yang menyebabkan seseorang punya dua warna mata yang berbeda? Simak penjelasan berikut ini.

 

Mengenal Kondisi Heterochromia Iridium

Melansir dari Very Well, heterochromia iridium adalah kondisi ketika seseorang lahir dengan warna mata atau iris yang berbeda. Iris merupakan bagian yang menentukan warna mata.

Ada beberapa jenis dari kondisi kelainan bawaan ini. Pertama ada heterochromia completed atau lengkap yang ditandai dengan warna kedua iris berbeda. Misalnya, satu iris berwarna coklat, sedangkan yang satunya berwarna hijau.

Selanjutnya ada heterochromia parsial yang ditandai ketika satu iris mata memiliki bagian warna berbeda. Lalu, ada heterochromia center pusat yang terjadi ketika warna iris di bagian dekat pupil berbeda.

Heterochromia yang dialami manusia adalah kondisi yang langka, tetapi cukup sering dialami oleh hewan, seperti kuda, anjing, dan kucing.

Artikel lainnya: Peran Faktor Genetik pada Terjadinya Gangguan Mata

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah penyakit bawaan yang bisa menyebabkan warna mata seseorang berbeda:

  • Sindrom Horner. Kondisi ini dipicu oleh kerusakan saraf yang menghubungkan otak dan mata.
  • Sindrom Waardenburg. Penyakit ini menyebabkan warna kulit, rambut, dan kulit berubah. Sindrom ini juga sering menyebabkan gangguan di telinga.
  • Piebaldisme: Kondisi ini terjadi ketika tubuh kekurangan pigmen. Akibatnya, beberapa bagian di rambut, kulit, dan mata memiliki warna yang lebih terang dari area lainnya.
  • Sindrom Sturge Weber: Kelainan yang terjadi di kulit, otak, dan mata ini dapat terjadi akibat pembuluh darah yang berkembang abnormal.
  • Sindrom Parry-Romberg. Kondisi ini menyebabkan otot, kulit, jaringan lunak, dan terkadang tulang mengalami atrofi atau perlahan menjadi lemah.
  • Penyakit Hirschsprung. Kondisi yang memengaruhi usus besar dan kerap terjadi pada bayi atau balita yang baru lahir.
  • Sindrom Bourneville: Penyakit langka ini memicu pembentukan tumor nonkanker di organ tubuh, seperti otak, kulit, dan jantung.
  • Sindrom Duane. Orang dengan kondisi ini mengalami kesulitan untuk menggerakkan salah satu atau kedua matanya ke arah dalam atau ke luar.

Selain itu, menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, heterokromia juga bisa terjadi akibat glaukoma atau akibat dari pengobatan glaukoma itu sendiri.

“Glaukoma adalah kelainan mata karena adanya tekanan bola mata yang meningkat sehingga terjadi penumpukan cairan di mata. Kondisi ini akhirnya menyebabkan warna iris mata berbeda,” ucap dr. Iqbal.

“Neuroblastoma, kanker mata, trauma mata, atau cedera benda tumpul, itu juga dapat menyebabkan perubahan warna iris pada mata,” dr. Iqbal melanjutkan.

Artikel lainnya: Kekurangan Vitamin A dapat Memengaruhi Kesehatan Mata

Apakah Heterochromia Perlu Diobati

Untuk memastikan kondisi heterochromia, Anda harus memeriksakan diri ke dokter mata atau optalmologis.

Apabila dokter mata mencurigai heterokromia terjadi akibat penyakit lain, Anda akan dirujuk ke dokter spesialis lain untuk didiagnosis lebih lanjut. Diagnosis heterochromia juga bisa dilakukan melalui tes darah atau tes genetik.

“Untuk pengobatan heterochromia sampai saat ini memang belum ditemukan cara yang spesifik. Biasanya memang perubahan warna iris pada mata belum disertakan keluhan lainnya,” ucap dr. Iqbal.

Apabila tidak ada keluhan yang parah atau sampai menimbulkan gejala penglihatan, kondisi heterochromia umumnya tidak perlu mendapatkan pengobatan apa pun. Untuk menyamakan kedua warna mata, Anda bisa menggunakan kontak lens.

Itu dia penjelasan mengenai heterochromia. Apabila masih memiliki pertanyaan mengenai kondisi kesehatan mata lainnya, Anda bisa bertanya kepada dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

gangguan mataMata

Konsultasi Dokter Terkait