Sukses

Mengenal Gym Ball dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Sedang memilih olahraga yang aman selama hamil? Coba lakukan olahraga dengan gym ball. Apa saja manfaat gym ball untuk ibu hamil? Berikut ulasannya.

Selama masa kehamilan, ibu sering kali merasakan nyeri punggung dan pegal di area tubuh tertentu. Rasa nyeri punggung bisa muncul karena perubahan hormon dan otot-otot panggung yang bekerja ekstra saat hamil.

Beberapa gerakan olahraga ringan dapat membantu ibu dalam mengurangi rasa nyeri tersebut. Nah, salah satu olahraga yang disarankan itu adalah gym ball untuk ibu hamil.

1 dari 4 halaman

Apa Itu Gym Ball?

Gym ball atau kerap disebut birthing ball (bola persalinan) pada dasarnya sama dengan bola yang ada di tempat latihan gym. Keduanya terbuat dari bahan karet yang lentur dan kuat.

Namun, gym ball yang digunakan pada ibu hamil cenderung lebih besar dan memiliki lapisan antiselip. Fitur antiselip ini untuk menjaga agar bumil tidak mudah terpeleset saat menggunakannya.

Dilansir dari Babycenter, ukuran bola persalinan dapat disesuaikan dengan tinggi badan ibu. Misalnya, jika Anda memiliki tinggi kurang dari 1,73 meter, pilih bola dengan tinggi sekitar 65 cm. Namun, jika tinggi Anda lebih dari 1,73 meter, ukuran diameter bola 75 cm bisa dipilih.

Penting untuk memastikan gym ball disimpan atau diletakkan di area yang aman, yakni jauh dari benda panas dan tajam.

Artikel lainnya: Jangan Lakukan! Olahraga Ini Berbahaya untuk Ibu Hamil

2 dari 4 halaman

Manfaat Gym Ball untuk Ibu Hamil

Dijelaskan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti ada beberapa manfaat olahraga gym ball untuk ibu hamil, yaitu:

  1. Mengurangi Rasa Nyeri di Punggung dan Bokong

Menggunakan gym ball selama kehamilan dapat membantu mengurangi nyeri punggung dan memudahkan Anda untuk bergerak. 

Aktivitas ini juga dapat membantu meredakan nyeri persalinan serta mengurangi nyeri kontraksi, utamanya jika digunakan beberapa bulan sebelum melahirkan.

  1. Mengurangi Rasa Nyeri Persalinan

Penggunaan gym ball dapat membantu mengurangi nyeri proses persalinan. Dilansir dari Healthline, pada studi tahun 2013, sebanyak 203 wanita hamil di rumah sakit dengan nyeri persalinan menyelesaikan latihan gym ball selama 30 menit. 

Saat diukur tingkat rasa sakit dan kecemasan setelah latihan, para wanita tersebut melaporkan penurunan yang signifikan.

  1. Memperbaiki Postur Tubuh Saat Hamil

Menggunakan bola persalinan juga dapat membantu mengoreksi postur tubuh ibu. Anda akan terlatih berada dalam posisi tegak, yang dapat membantu saat proses melahirkan.

  1. Memperkuat Otot Perut dan Otot yang Digunakan untuk Bersalin

Duduk di atas gym ball dalam posisi tegak dapat mengurangi tekanan di panggul, punggung bawah, dan tulang belakang. Aktivitas tersebut bisa mendorong terbukanya otot-otot panggul, serta memberikan ruang bagi bayi turun ke panggul untuk persiapan kelahiran.

Artikel lainnya: Kiat Olahraga Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

Itu sebabnya, saran dr. Astrid, penggunaan gym ball untuk ibu hamil perlu memperhatikan usia kandungan. Penggunaan alat olahraga ini dapat membantu turunnya kepala janin ke dalam panggul.

“Makanya, sebelum penggunaan gym ball atau olahraga tertentu saat hamil, yang terbaik selalu konsultasikan dulu ke dokter,” ucap dr. Astrid.

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Gym Ball bagi Ibu Hamil

Jika ibu hamil baru pertama kali menggunakan gym ball, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Pertama, tempatkan bola di atas karpet, bukan di lantai yang licin. Permukaan karpet yang kasar akan akan membuat bola lebih stabil. Pastikan juga Anda menggunakan sepatu yang tidak licin.

Saat pertama kali menggunakan bola persalinan, mintalah seseorang membantu Anda untuk duduk di atas gym ball. Letakkan kaki Anda dalam posisi mendatar menjejak lantai, dengan jarak sekitar 60 cm, agar memiliki keseimbangan yang baik.

Setelah merasa nyaman dan stabil, letakkan tangan di atas lutut lalu coba goyangkan panggul dari satu sisi ke sisi lain, atau dari belakang ke depan. Kemudian, jika Anda merasa aman, lakukan sedikit gerakan memantul.

Berolahragalah dengan lambat dan terkontrol. Atur napas dengan normal dan teratur. Hentikan gerakan jika Anda merasa pusing, nyeri, atau tidak nyaman.

Berikut tadi beberapa manfaat gym ball untuk ibu hamil. Tertarik mencobanya, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda, ya.

Konsultasikan kesehatan kandungan Anda langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar