Sukses

Manfaat Menggunakan Lip Serum untuk Bibir

Serum tidak hanya digunakan untuk kulit wajah. Skincare yang satu ini juga wajib digunakan di bibir. Apa saja manfaat lip serum untuk bibir?

Punya bibir yang kering dan pecah-pecah memang menyebalkan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan rutin mengaplikasikan lip balm.

Akan tetapi, lip balm saja kini dikatakan tidak efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Anda disebut membutuhkan perawatan ekstra dengan menggunakan lip serum

Apa manfaat lip serum untuk bibir?

1 dari 3 halaman

Apa Itu Lip Serum?

Dr. Hadley King dan Josie Holmes, ahli kecantikan di Skinney Medspa di New York, mengatakan sama dengan serum wajah, serum bibir dirancang untuk memberikan manfaat optimal untuk kesehatan bibir.

Beberapa serum menggabungkan bahan pelembap, seperti asam hialuronat dan gliserin untuk membantu mengatasi kekeringan, peptida untuk meningkatkan kolagen, serta retinol untuk membantu menurunkan munculnya bintik hitam dan garis halus pada bibir. 

King mengatakan, lip balm dirancang untuk menciptakan penghalang pelindung bibir dan menjaga kelembapannya. 

Sementara itu, fungsi lip serum dirancang untuk menambah dan memberikan kelembapan bibir di area kulit terdalam.

Oleh karena itu, sebelum Anda menggunakan lip balm, terlebih dahulu oleskan lip serum

Formula di dalam serum sangat efektif karena bahan pelembap menembus lebih dalam ke permukaan kulit Anda.

Artikel Lainnya: Efektivitas Lip Balm untuk Melembapkan Bibir

2 dari 3 halaman

Apa Manfaat Lip Serum?

Adapun beberapa manfaat lip serum untuk bibir antara lain: 

  1. Melembapkan

Sama seperti serum wajah, lip serum juga berfungsi untuk melembapkan kulit bibir. Hal ini juga dibenarkan oleh dr. Reza Fahlevi.

Menurutnya, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam lip serum bisa menambah kelembapan bibir, utamanya bagi pemilik bibir kering dan pecah-pecah. 

  1. Mencerahkan Bibir 

Kandungan nutrisi dalam lip serum juga bekerja untuk mencerahkan kulit bibir. Beberapa lip serum mengandung vitamin E, almond oil, dan vitamin C yang terbukti efektif dalam mencerahkan kulit.

Kandungan-kandungan ini nantinya akan meningkatkan sirkulasi darah dan membuat pasokan oksigen pada bibir tercukupi. 

  1. Mencegah Iritasi

Sama seperti kulit wajah, bibir yang terus-menerus terkena paparan sinar matahari juga bisa mengalami iritasi.

Dokter Reza Fahlevi, mengatakan, “Lip serum juga punya ekstrak minyak tanaman yang bisa menciptakan lapisan pelindung. Nantinya, pelindung ini akan memperkuat daya tahan kulit bibir dari paparan sinar UV sehingga menurunkan risiko iritasi.”

Artikel Lainnya: 4 Langkah Mudah Agar Bibir Lembap Sepanjang Hari

  1. Mengangkat Sisa Kotoran pada Bibir 

Terkadang, sabun saja tidak cukup untuk mengangkat sisa kotoran pada bibir. Dalam kondisi tersebut, lip serum bisa jadi solusi lainnya.

Anda bisa menuangkan lip serum ke atas kapas (atau langsung dioleskan pada bibir), lalu gosok dan pijat lembut bibir Anda. 

Nantinya, sisa kotoran, makeup, atau makanan akan terangkat. Kulit bibir pun menjadi lebih bersih. 

Cara pakai lip serum sebenarnya sangat mudah. Sama seperti serum wajah, Anda diminta untuk membersihkan bibir terlebih dahulu. Lalu oleskan beberapa tetes serum bibir dan diamkan selama beberapa menit.

Jika sudah, barulah oleskan lip balm sebagai tahap akhirnya. Jika ada waktu lebih, Anda juga bisa melakukan scrub bibir sebelum menggunakan serum. Tindakan ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan melembapkan bibir. 

Itulah beberapa manfaat lip serum untuk bibir. Jika digunakan secara rutin, jangan kaget kalau nantinya warna bibir akan semakin cerah, lembut, dan tidak pecah-pecah.

Jangan lupa juga untuk mengonsultasikan dengan dokter untuk jenis lip serum mana yang paling cocok dengan kondisi kulit. 

Anda bisa memanfaatkan layanan LiveChat 24 Jam dari aplikasi Klikdokter untuk berdiskusi seputar masalah kulit yang sedang dialami.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar