HomePsikologiKesehatan MentalManfaat Pakai Skincare Rutin bagi Kesehatan Mental
Kesehatan Mental

Manfaat Pakai Skincare Rutin bagi Kesehatan Mental

Tamara Anastasia, 10 Apr 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangan sepelekan manfaat menggunakan skincare rutin. Bukan cuma bikin glowing, skincare rutin juga bermanfaat bagi kesehatan mental! Simak ulasannya.

Manfaat Pakai Skincare Rutin bagi Kesehatan Mental

Tidak sedikit orang yang malas pakai skincare. Rutinitas harian untuk wajah pun terkesan standar saja, yakni membersihkan muka dengan facial foam. Tahapan toner, essence, serum, pelembap, dan krim mata dilewatkan begitu saja.

Padahal, manfaat skincare rutin bisa membuat wajah jadi terlihat lebih glowing, sehat, bahkan tampak awet muda.

Tidak berhenti sampai situ, pakai skincare rutin juga berefek positif baik bagi psikologis Anda. Hal itu disampaikan Psikolog Ikhsan Bella Persada, M. Psi.

Menurutnya, penggunaan skincare memang bisa meningkatkan kesehatan mental, utamanya di masa pandemi saat ini.

Berikut adalah beberapa manfaat pakai skincare untuk kesehatan mental:

1. Menjaga Stabilitas Mental

Matt Traube, psikoterapis klinis berlisensi dan psikodermatolog di Santa Barbara, California, mengatakan, rutinitas pemakaian skincare sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, baik untuk fisik maupun mental.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juni 2018 di Lancet Psychiatry, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang memiliki rutinitas skincare yang kurang konsisten lebih mudah mengalami gangguan depresi dan bipolar mayor.

Sementara itu, mereka yang rutin menggunakan skincare lebih mungkin memiliki suasana hati yang tenang, menyenangkan, dan jauh dari depresi.

Artikel Lainnya: Populer dalam SkinCare, Ini Manfaat Niacinamide untuk Kulit

2. Bentuk Self Care

“Memakai skincare rutin itu masuk ke dalam bentuk self-care. Self-care ini penting dilakukan untuk menurunkan stres. Kebiasaan ini juga salah satu bentuk merawat diri agar secara fisik dan mental diri kita sejahtera,” kata psikolog Ikhsan.

“Ketika merawat diri sendiri, artinya Anda sedang fokus dengan diri sendiri, kita mengagumi diri kita dan aware dengan kondisi saat ini. Hal ini bisa bantu menurunkan stres dan kecemasan, terutama di masa pandemi,” dia menambahkan.

3. Meningkatkan Mood

Punya rutinitas pakai skincare di pagi dan malam hari rupanya punya kemampuan untuk meningkatkan suasana hati.

Dengan memijat wajah dengan serum atau pelembap menggunakan tangan, Anda sekaligus merelaksasi otot wajah.

Meski ada banyak langkah dan produk yang dipakai dalam skincare harian, hasilnya akan sepadan untuk meningkatkan mood, kok. Tidak percaya? Silakan dicoba sendiri, ya!

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Memakai skincare memang bisa meningkatkan penampilan fisik. Ketika tampilan fisik meningkat, tidak dimungkiri juga bahwa rasa percaya diri pasti ikut meningkat.

Psikolog Ikhsan mengatakan, “Semakin kita percaya diri, semakin meningkat juga kadar suasana hati. Alhasil, nantinya tubuh akan jauh dari perasaan depresi, cemas, dan sebagainya.”

Artikel Lainnya: Wajib Tahu, Ini Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

5. Menghabiskan Waktu dengan Orang-orang Terdekat

Secara umum, menghabiskan waktu dengan orang terdekat, seperti melakukan hobi dan merawat diri bersama, bisa meningkatkan suasana hati.

Hal ini pun juga dicantumkan pada penelitian tahun 2018 di Journal of Psychological Science.

dr. Ilyas, yang merupakan salah satu penulis studi, mengatakan bahwa menghabiskan waktu bersama anak-anak dan pasangan untuk merawat diri bisa meningkatkan kebahagiaan.

Bukan hanya demi penampilan fisik, rutin merawat wajah dengan produk skincare baik untuk kesehatan mental Anda.

Tidak perlu pakai skincare yang mahal, kok. Anda juga bisa merawat kulit dengan bahan-bahan alami, selama cocok dengan jenis kulit Anda.

Yang terpenting, Anda konsisten melakukannya. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar kulit dan kecantikan dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

kulitSkincarekesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait