Sukses

Tanda-Tanda Anda Harus Memeriksakan Mata di Dokter

Mata adalah jendela dunia yang kesehatannya mesti dijaga dengan saksama. Kenali tanda harus periksa mata, agar indra penglihatan Anda bisa terus berfungsi optimal.

Mata adalah jendela dunia. Tanpanya, Anda tidak bisa menyaksikan indahnya lingkungan sekitar. 

Meski fungsinya sangat penting, tidak sedikit orang yang masih acuh dengan kesehatan mata. Apakah Anda salah satunya? 

Jika memang demikian, mulailah untuk mengubah kebiasaan lama. Anda sebaiknya mulai membuat jadwal periksa mata di dokter tanpa perlu menunggu datangnya gangguan kesehatan yang parah.

Artikel Lainnya: 14 Ciri Mata Sehat yang Perlu Anda Tahu

Berikut ini adalah beberapa tanda Anda harus memeriksakan mata di dokter:

1 dari 3 halaman

1. Kesulitan Membuka atau Menutup Mata

"Jika tiba-tiba mata sulit dibuka atau ditutup kelopaknya, Anda sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya," kata dr. Muhammad Iqbal Ramadhan.

2. Keluhan Mata Merah 

Menurut dr. Iqbal, Anda sebaiknya segera periksa ke dokter apabila mengalami keluhan mata merah maupun nyeri tidak tertahankan lebih dari 3 atau 5 hari. 

"Jika keluhan tersebut dirasakan semakin buruk dari hari ke hari, hal ini juga harus segera diperiksakan ke dokter," ungkap dr. Iqbal.

3. Penglihatan Ganda

"Saat melihat seperti ada bayangan yang mengganggu (penglihatan ganda), hal tersebut juga bisa menjadi tanda bahwa Anda harus segera periksa ke dokter mata," saran dr. Iqbal.

Faktanya, penglihatan ganda bisa terjadi akibat astigmatisme (silinder), rabun jauh (miopia), dan rabun dekat (hipermetropia). Bisa juga karena masalah kesehatan lainnya.

4. Pandangan Kabur

"Jika pandangan terasa kabur atau buram mendadak, Anda sebaiknya segera periksa mata di dokter," ujar dr. Iqbal.

Pandangan kabur bisa menjadi tanda bahwa Anda butuh kacamata tertentu untuk membantu fungsi penglihatan. Jadi, segera pastikan kondisi mata Anda ke dokter mata.

5. Hipersensitivitas Terhadap Cahaya 

Terasa sangat silau saat memandang cahaya yang tidak begitu terang? Jika ya, Anda mungkin mengalami hipersensitivitas terhadap cahaya. 

Berdasarkan dr. Iqbal, Anda disarankan untuk segera memeriksakan mata ke dokter apabila mengalami keluhan tersebut. Pasalnya, hipersensitivitas terhadap cahaya bisa mengganggu aktivitas bahkan membuat Anda sangat kesulitan untuk beraktivitas di luar rumah saat siang hari. 

Artikel Lainnya: 5 Penyebab Mata Minus Bertambah Parah dan Solusinya

2 dari 3 halaman

6. Terjadi Cedera pada Mata

"Anda disarankan untuk berobat ke dokter mata apabila mengalami cedera (mata), baik akibat benda tajam maupun tumpul yang menyebabkan bengkak dan ketidaknormalan lainnya," tutur dr. Iqbal.

7. Banyak Mengeluarkan Air Mata

Air mata terus-menerus keluar padahal tidak sedang menangis? Jika ya, sebaiknya Anda segera memeriksakan mata di dokter untuk mencari tahu penyebab utama yang mendasari keluhan tersebut. 

8. Memiliki Risiko Tinggi Mengalami Penyakit Mata

Terdapat beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit mata. Kondisi-kondisi yang dimaksud adalah:

  • Memiliki riwayat penyakit mata pribadi atau keluarga, termasuk katarak, retinopati diabetik, glaukoma atau degenerasi makula
  • Menderita diabetes, yang dapat menyebabkan retinopati diabetik, glaukoma, atau katarak
  • Memiliki pekerjaan yang menuntut fungsi mata, seperti menggunakan komputer sepanjang hari
  • Sehari-hari menggunakan lensa kontak
  • Pernah menjalani operasi mata atau mengalami cedera mata di masa lalu
  • Memiliki penglihatan yang terus memburuk dari waktu ke waktu

9. Mengalami Fluktuasi Penglihatan

Mata tampak sehat dan dapat melihat dengan jelas, namun sewaktu-waktu terasa pandangan buram? Jika memang demikian, Anda mungkin mengalami fluktuasi penglihatan. 

Fluktuasi penglihatan bisa disebabkan oleh mata kering. Selain itu, kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh astigmatisme atau mata silinder, dan kadar gula sangat tinggi.

10. Sakit Kepala Tiada Henti

Beberapa jenis sakit kepala dapat mengganggu penglihatan. Bukan tidak mungkin, keluhan tersebut juga berhubungan dengan penyakit mata yang selama ini Anda alami.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya segera berobat ke dokter apabila mengalami sakit kepala tiada henti hingga menyebabkan rasa tidak nyaman pada mata.

Kini Anda sudah tahu kapan sebaiknya periksa mata, bukan? Jika Anda ragu terhadap tanda-tanda tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar