Sukses

Temani Cucu Bermain Beri Manfaat Sehat untuk Lansia

Menemani cucu bermain kadang melelahkan bagi kakek dan nenek. Namun, kegiatan ini punya manfaat bagi kesehatan mereka.

Momen memiliki cucu bagi para kakek dan nenek sangat membahagiakan. Apalagi kalau si kecil sudah bisa diajak main bersama, rasanya pasti sungguh menyenangkan.

Namun, ada kalanya kondisi kakek dan nenek menjadi begitu lelah ketika bermain bersama cucu. Meski begitu, tak ada ruginya lho untuk menemani anak-anak bermain. Lansia nyatanya bisa mendapatkan manfaat sehat dari aktivitas ini.

1 dari 3 halaman

Dampak Positif Bermain Bersama Cucu bagi Kesehatan Lansia

Menurut sebuah penelitian, kakek dan nenek yang menghabiskan waktu bersama cucu mereka hidup lebih lama secara signifikan.

Studi ini menggunakan informasi yang direkam sebelumnya dengan analisis data selama 20 tahun. Penelitian ini melibatkan 500 lansia berusia 70 tahun ke atas. 

Para lansia yang banyak berinteraksi dan bermain bersama cucu mereka memiliki rasio kematian 37 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak melakukan dua hal tersebut.

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, manfaat bermain sama cucu adalah terciptanya pengaruh positif pada kesehatan fisik dan kestabilan emosi lansia. 

"Seperti adanya peningkatan suasana hati yang positif, fungsi kognitif lansia, dan mempererat hubungan antarkeluarga karena cucu main ke rumah kakek dan neneknya," ungkap psikolog Ikhsan.

"Kemudian, perasaan bahagia yang muncul saat bermain dengan cucu juga dapat memunculkan rasa puas dan sejahtera. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko stres dan depresi pada lansia," sambungnya.

Artikel lainnya: 7 Cara Hidup Lebih Sehat bagi Para Lansia

Depresi memang menjadi masalah serius ketika memasuki fase lansia. Tubuh mulai melemah, tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan, sampai stres bisa menjadi pemicu. 

Oleh karena itu, bermain dengan cucu bisa menjadi salah satu cara yang baik agar terhindar dari depresi. 

Sementara, manfaat menemani cucu bermain bagi kesehatan fisik lansia adalah membantu tubuh tetap bergerak aktif. 

Keuntungan tersebut bisa didapatkan dari berjalan-jalan di sekitar lingkungan dan bermain bersama di halaman. Kegiatan ini dapat dilakukan agar lansia tetap aktif.

Bermain dengan cucu juga membuat fungsi kognitif lansia tetap tajam. Dalam hal ini, para peneliti di Austria mempelajari 120 nenek. Ditemukan, mereka yang merawat cucu satu kali seminggu memiliki skor lebih tinggi pada memori dan tes mental.

Artikel lainnya: Agar Selalu Sehat, Lansia Perlu Lakukan Aktivitas Fisik Ini

2 dari 3 halaman

Rekomendasi Aktivitas Menyenangkan untuk Lansia dan Cucu

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan para kakek dan nenek bersama cucu tersayang. Yang penting, usahakan cari permainan yang tidak terlalu melelahkan.

Ikhsan menyarankan, aktivitas yang bisa dilakukan oleh lansia bersama cucu yaitu bernyanyi, menggambar, dan menghabiskan waktu di taman. 

Di taman, Anda bisa bermain pasir, berjalan-jalan kecil, mencoba permainan harta karun, dan lain sebagainya. Tubuh pun tetap aktif bergerak. Namun, sebisa mungkin hindari kegiatan fisik yang terlalu berat bagi lansia.

"Aktivitas bersamanya itu kalau bisa yang dua arah seperti yang disebutkan di atas agar ada ikatan satu sama lain," jelas Ikhsan.

Bonding atau ikatan perlu dibangun oleh kakek dan nenek bersama cucu. Jadi, anak-anak juga memiliki rasa memiliki serta sayang kepada kakek dan nenek mereka. 

Ingin tahu info menarik lainnya seputar kesehatan fisik dan mental lansia? Download aplikasi KlikDokter! Anda juga bisa konsultasi ke dokter lebih mudah tentang pola hidup sehat lansia.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar