Sukses

Tak Selalu Hal Mistis, Ini Manfaat Makan Bunga Melati

Makan bunga melati tak selalu berkaitan dengan hal-hal gaib. Ada manfaat kesehatan yang bisa didapat tubuh saat makan bunga melati segar. Apa saja?

Keberadaan bunga melati seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistik. Padahal, bunga yang memiliki nama latin Jasminum sambac ini punya khasiat yang baik untuk kesehatan

Untuk tahu lebih lanjut mengenai manfaat makan bunga melati, simak ulasan berikut ini, ya

1 dari 4 halaman

Kandungan di Dalam Bunga Melati

Secara simbolisme bunga melati menandakan kesucian, kesederhanaan, dan kekuatan.

Bunga melati banyak tumbuh di beberapa negara, seperti Afghanistan, Pakistan, Himalaya, Tajikistan, India, Nepal, dan Cina barat. Bunga melati juga dibudidayakan luas di negara Spanyol, Perancis, Italia, Portugal, dan Bosnia. 

Tidak banyak kandungan yang terdapat dalam bunga melati. Hanya saja, menurut dr. Devia Irine Putri, bunga melati memiliki kandungan antioksidan, antiperadangan, dan antibakteri. 

Karena adanya kandungan tersebut, bunga melati sering dijadikan sebagai bahan dasar obat alami atau produk kosmetik dan skincare

Artikel Lainnya: Jenis Bunga yang Bisa Dimakan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

2 dari 4 halaman

Menilik Khasiat Makan Bunga Melati

Untuk mengetahui manfaat makan bunga melati segar atau yang sudah diolah menjadi teh, simak penjelasan berikut ini. 

  1. Menangkal Radikal Bebas 

Menurut dr. Devia, zat antioksidan di dalam bunga melati efektif untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. 

Radikal bebas sendiri merupakan partikel atau komponen yang menyebabkan peradangan atau penyakit  di dalam tubuh. 

Tak hanya itu, Anda bisa makan bunga melati yang sudah diolah menjadi teh. Imbangi juga dengan makan makanan sehat lainnya agar kesehatan tubuh tetap terjaga. 

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung 

“Antioksidan dari bunga melati bisa membantu menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh. Anda bisa mengonsumsi bunga melati secara langsung maupun dijadikan sebagai teh. Imbangi juga dengan pola hidup sehat lainnya agar kesehatan jantung tetap terjaga,” ujar dr. Devia. 

Artikel Lainnya: Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan Tubuh Anda

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengutip laman Indigo Herbs, kandungan antioksidan di dalam bunga melati dapat berinteraksi baik dengan enzim yang ada di pencernaan. 

Alhasil, pencernaan dapat bekerja lebih efektif untuk menyerap nutrisi dari makanan.Interaksi tersebut juga bekerja baik untuk meningkatkan fungsi usus yang lebih sehat. 

Tidak hanya itu, bunga melati juga bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus sehingga bakteri buruk pun bisa hilang. 

  1. Menjaga Kesehatan Kulit 

Manfaat yang satu ini bukan didapat dengan cara dimakan, namun dioleskan ke kulit. 

Tidak hanya membuat kulit jadi wangi, bunga melati juga dapat bertindak sebagai obat untuk mengatasi sensasi kulit terbakar dan gatal akibat biang keringat. 

  1. Meredakan Stres 

Bunga melati banyak ditemui dalam bentuk aromaterapi maupun minyak esensial. Sebab, bunga melati bermanfaat untuk merelaksasi otot dan saraf tubuh untuk meredakan stres. 

Anda bisa memasang aromaterapi dengan wangi bunga melati setiap malam untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. 

Artikel Lainnya: Berbagai Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang

3 dari 4 halaman

Tips Mengonsumsi Bunga Melati

Pada dasarnya belum banyak penelitian yang menyatakan bahwa bunga melati aman dikonsumsi secara langsung. Dikhawatirkan, makan bunga melati segar dapat menyebabkan keracunan. 

Sebab, mungkin masih ada sisa-sisa pestisida, serangga, nektar, atau getah bunga yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. 

Jika ingin makan bunga melati segar, pastikan tanaman tersebut tidak mengandung pestisida. 

Anda juga bisa mendapatkan manfaat di atas dengan mengonsumsi bunga melati yang sudah diolah pabrik dan memiliki keterangan bisa dimakan langsung. 

Sejauh ini, bunga melati paling aman bila sudah diolah menjadi teh. Meski begitu, Anda juga perlu memerhatikan kandungan kafein dalam teh itu sendiri. 

Kafein dalam teh bunga melati dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti sakit perut dan sulit tidur. Oleh karena itu, batasi asupan teh bunga melati. 

Untuk tahu informasi mengenai kesehatan lainnya Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar