HomeGaya hidupDiet dan NutrisiTak Selalu Hal Mistis, Ini Manfaat Makan Bunga Melati
Diet dan Nutrisi

Tak Selalu Hal Mistis, Ini Manfaat Makan Bunga Melati

dr. Theresia Rina Yunita, 12 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Makan bunga melati tak selalu berkaitan dengan hal-hal gaib. Ada manfaat kesehatan yang bisa didapat tubuh saat makan bunga melati segar. Apa saja?

Tak Selalu Hal Mistis, Ini Manfaat Makan Bunga Melati

Makan bunga melati sering kali dikaitkan dengan hal-hal mistik. Padahal, manfaat memakan bunga yang memiliki nama latin Jasminum sambac ini diyakini baik untuk kesehatan.

Bunga melati memiliki kandungan antioksidan, antiperadangan, dan antibakteri. Karena kandungan tersebut, bunga melati sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar obat alami atau produk kosmetik dan skincare

Lalu, apa saja manfaat makan bunga melati mentah? Simak ulasan di bawah ini, ya! 

1. Meminimalkan Peradangan 

Zat antioksidan di dalam bunga melati efektif untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah partikel yang dalam jumlah berlebih bisa menyebabkan peradangan. Pada gilirannya, hal ini bisa menimbulkan penyakit kronis, termasuk diabetes dan penyakit jantung

Artikel lainnya: Deretan Manfaat Minyak Bunga Melati untuk Kesehatan

Meski begitu, diperlukan penelitian lanjutan mengenai manfaat makan bunga melati mentah untuk mencegah penyakit kronis tersebut. Hal ini termasuk takaran melati mentah yang aman dikonsumsi oleh tubuh.

2. Bantu Menjaga Kesehatan Jantung 

Khasiat bunga melati jika dimakan langsung diduga bisa membantu menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan di dalam melati.

Untuk menjaga kesehatan jantung, kamu bisa mengonsumsi bunga melati secara langsung maupun dijadikan sebagai teh. Imbangi juga dengan pola hidup sehat agar kesehatan jantung tetap terjaga.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan antioksidan di dalam bunga melati dapat berinteraksi baik dengan enzim yang ada di pencernaan. 

Alhasil, pencernaan dapat bekerja lebih efektif untuk menyerap nutrisi dari makanan. Interaksi ini bekerja baik untuk meningkatkan fungsi usus yang lebih sehat. 

Artikel lainnya: Jenis Bunga yang Bisa Dimakan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Tidak hanya itu, bunga melati juga bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus sehingga bakteri buruk pun bisa hilang. 

4. Menjaga Kesehatan Kulit 

Manfaat bunga melati dalam menjaga kesehatan kulit bukan didapat dengan cara dimakan, tetapi dioleskan ke kulit. 

Tidak hanya membuat kulit jadi wangi, bunga melati juga dapat bertindak sebagai obat untuk mengatasi sensasi kulit terbakar dan gatal akibat biang keringat. 

5. Meredakan Stres 

Bunga melati banyak ditemui dalam bentuk aromaterapi maupun minyak esensial. Sebab, bunga melati bermanfaat untuk merelaksasi otot dan saraf tubuh sehingga bisa meredakan stres. 

Kamu bisa memasang aromaterapi dengan wangi bunga melati setiap malam untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. 

6. Menurunkan Kolesterol Jahat

Bunga melati memiliki kandungan antioksidan polifenol yang diduga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga bisa menurunkan risiko penyakit stroke dan juga serangan jantung. 

Artikel lainnya: Mengungkap Manfaat Bunga Sakura untuk Kesehatan Kulit

7. Baik untuk Pernapasan

Karena mengandung antioksidan, antiperadangan, dan antibakteri, bunga melati dipercaya baik untuk kesehatan pernapasan. Mengonsumsi bunga melati diduga bisa mengurangi sesak napas.

SIfat antiradang melati diyakini dapat membantu meredakan peradangan pada saluran napas. 

Pada dasarnya, belum banyak penelitian yang menyatakan bahwa bunga melati aman dikonsumsi secara langsung. Dikhawatirkan, makan bunga melati segar dapat menyebabkan keracunan. 

Sebab, mungkin masih ada sisa-sisa pestisida, serangga, nektar, atau getah bunga yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. 

Jika ingin makan bunga melati segar, pastikan tanaman ini tidak mengandung pestisida, ya! Kamu juga bisa mendapatkan manfaat di atas dengan mengonsumsi bunga melati yang sudah diolah pabrik dan memiliki keterangan bisa dimakan langsung. 

Artikel lainnya: Manfaat Bunga Hibiscus untuk Kecantikan Kulit

Sejauh ini, bunga melati paling aman bila sudah diolah menjadi teh. Meski begitu, kamu juga perlu memperhatikan kandungan kafein dalam teh itu sendiri. 

Kafein dalam teh bunga melati dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti sakit perut dan susah tidur. Oleh karena itu, asupan teh bunga melati juga perlu dibatasi. 

Penelitian soal manfaat makan bunga melati mentah memang masih sangat terbatas. Karena itu, jangan jadikan kebiasaan ini sebagai cara satu-satunya untuk menjaga kesehatan. 

Untuk menjaga kesehatan, tetap konsumsi makanan sehat bergizi seimbang disertai olahraga secara teratur.

Apabila kamu punya kondisi medis tertentu, mengonsumsi herba jenis apa pun sebaiknya dilakukan usai berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu, termasuk makan bunga melati. Biar lebih praktis, konsultasi pakai fitur tanya dokter di KlikDokter, aja! 

#JagaSehatmu dengan mengunduh aplikasi KlikDokter untuk mengetahui informasi lengkap seputar kesehatan secara umum.

(ADT/JKT)

herbal

Konsultasi Dokter Terkait