Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Penyebab Munculnya Daki di Lipatan Kulit dan Tips Atasinya

Penyebab Munculnya Daki di Lipatan Kulit dan Tips Atasinya

Sering terdapat daki di lipatan kulit? Jangan dibiarkan, cari tahu penyebab daki menumpuk di lipatan kulit dan cara mengatasinya.

Salah satu masalah kulit yang sering dialami banyak orang adalah munculnya area kehitaman atau daki di beberapa lipatan kulit. Hal ini tentu mengganggu penampilan dan menandakan ada bagian tubuh yang belum bersih.

Apa sebenarnya penyebab munculnya daki pada lipatan kulit? Ketahui di sini dan cara mengatasinya menurut dokter!

1 dari 3 halaman

Dari Mana Datangnya Daki?

Daki bisa muncul di area lipatan mana pun pada tubuh Anda. Salah satu area yang mungkin paling banyak daki adalah leher, ketiak, dan selangkangan. 

Daki sendiri merupakan kotoran pada lipatan tubuh yang menumpuk akibat kebersihan yang kurang terjaga. 

Daki bisa berupa sel kulit mati, sebum, maupun keringat yang terus menumpuk di lipatan tersebut. 

Keringat yang menumpuk ini nantinya akan membentuk semacam plak berwarna hitam atau cokelat yang sulit dibersihkan.

Artikel Lainnya: Kulit Gatal Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan Anda

Daki juga bisa disebabkan oleh dermatitis neglecta (DN). Kondisi ini terjadi akibat kurangnya kebersihan seseorang. 

Nyatanya, membersihkan kulit sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Tidak hanya membersihkan kuman dan minyak, mandi yang benar juga menghilangkan sel kulit mati dan kotoran lain yang dapat menumpuk di kulit. 

Jika Anda tidak mandi dan membersihkan tubuh dengan saksama, maka DN dapat menyebabkan penumpukan daki yang berkerak dan semakin sulit dihilangkan. 

Umumnya, mandi yang bersih sambil menggosok kulit cukup untuk menghilangkan daki. Selain itu, tubuh juga secara alami mengalami proses pergantian sel kulit setiap 30 hari sekali. 

Saat sel kulit baru muncul, sel kulit mati akan terlepas. Hanya saja, jika sel kulit mati sebelumnya sudah tertumpuk daki, maka sel kulit sehat yang muncul pun tidak akan terlihat jelas.

Artikel Lainnya: Kulit Sehat Cerminan Tubuh Sehat

Selain kondisi dermatitis neglecta, dr. Reza Fahlevi juga mengatakan daki berasal dari sel kulit mati, kotoran dari lingkungan, dan lemak yang diproduksi di kulit. Menurutnya, hal ini bukanlah kondisi yang berbahaya dan mematikan. 

Jika dibiarkan menumpuk, maka daki bisa mengganggu penampilan. Semakin banyak daki, semakin sulit bagian itu dibersihkan. 

Daki sendiri juga merupakan stratum korneum (lapisan kulit) yang terlepas. Secara umum, bagian ini akan terlepas sedikit demi sedikit selama satu bulan sekali. 

Sayangnya, proses ini mungkin akan semakin melambat saat usia seseorang semakin bertambah. Selain faktor usia, daki juga muncul pada area yang banyak lipatan dan lembap. 

Hal ini disebabkan karena stratum korneum akan mengalami pelunakan akibat kondisi kulit yang terus lembap. Orang obesitas atau memiliki lipatan tubuh banyak akan lebih mungkin memiliki daki.

Artikel Lainnya: Jangan Lakukan 5 Hal ini Saat Mandi

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Daki

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan daki: 

  • Mandi Sehari Dua Kali 

Rajinlah mandi minimal dua kali sehari. Pastikan untuk membersihkan bagian tubuh yang banyak lipatan, seperti selangkangan, ketiak, leher, paha, dan sebagainya. 

  • Gunakan Scrub

Dokter Reza menyarankan, jika jumlah dakinya banyak, maka sebaiknya lakukan perawatan kecantikan seperti lulur atau scrub

Anda bisa membilas terlebih dahulu bagian tubuh, lalu keringkan dan oleskan scrub atau lulur. 

Diamkan selama beberapa menit sampai scrub mengering, kemudian gosok perlahan kulit yang sudah diolesi. 

Lalu, bilas dengan air dan sabun. Ulangi metode ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. 

  • Gunakan Pelembap 

Pakailah pelembap usai mandi. Pelembap memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencerahkan kulit sekaligus merangsang pertumbuhan sel kulit baru. 

Untuk menghindari munculnya daki pada kulit, jaga selalu kebersihan tubuh. Ikuti cara-cara di atas untuk menghilangkan daki di kulit.

Bila Anda punya masalah pada kulit, konsultasi ke dokter spesialis kulit melalui LiveChat Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar