Sukses

Manfaat Makan Ikan Makerel untuk Kesehatan Tubuh

Ikan makerel dapat mendukung tumbuh kembang anak, menyehatkan jantung, dan lainnya. Ketahui manfaat ikan makerel lainnya di sini.

Salah satu jenis ikan laut yang banyak dikonsumsi adalah makerel. Meski sering dianggap mirip sarden, ternyata ikan ini berbeda dan masih satu keluarga dengan tuna. 

Makerel terkenal akan kelezatan dan kandungan sehatnya. Salah satu nutrisi yang menonjol dari makanan ini adalah protein tinggi dan asam lemak omega-3. 

Nah, berikut ini beberapa manfaat ikan makerel yang baik untuk kesehatan tubuh: 

1 dari 5 halaman

1. Mendukung Tumbuh Kembang Anak

"Sebagai sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik, ikan makerel mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak," ungkap dr. Devia Irine Putri.

2. Menjaga Kesehatan Jantung 

Dokter Devia menjelaskan, asam lemak omega-3 dari makerel bagus untuk kesehatan jantung. Dengan rutin mengonsumsi makerel dalam jumlah cukup, Anda dapat mengurangi risiko berbagai penyakit yang menyerang jantung.

3. Menguatkan Tulang dan Gigi

Makerel punya deretan mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh. Beberapa contohnya yaitu niasin, zat besi, vitamin B6, riboflavin, magnesium, fosfor, folat, dan selenium.

Berbagai kandungan tersebut membuat makerel sangat baik dikonsumsi untuk menguatkan tulang dan gigi. 

Artikel lainnya: Bunda, Ini Jenis Ikan yang Baik untuk Kecerdasan Anak

2 dari 5 halaman

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut dr. Devia, salah satu manfaat ikan makerel lainnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Asam lemak omega-3 dari makerel bertindak sebagai agen antiinflamasi. 

Selain itu, koenzim Q10 melindungi sel dari kerusakan yang meningkatkan risiko kanker. Kandungan tersebut juga meningkatkan kapasitas tubuh untuk melawan infeksi. Tak heran bila ikan makerel baik untuk dimasukkan ke dalam pola makan pada masa penyembuhan.

5. Membantu Cegah Anemia 

Ikan makerel dapat memberikan nutrisi dasar yang baik untuk pencegahan anemia akibat kekurangan nutrisi. Ikan berlemak ini mengandung zat besi, vitamin B12, dan folat. 

Kekurangan salah satu mikronutrien tersebut dapat menyebabkan beberapa jenis anemia.

Artikel lainnya: 8 Fakta Sehat Ikan & Makanan Laut

3 dari 5 halaman

6. Menurunkan Kolesterol

Minyak ikan yang ditemukan di dalam makerel membantu menurunkan partikel kolesterol jahat di dalam tubuh. Sebaliknya, kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Minyak ikan bekerja dengan cara mencegah kolesterol terserap di usus. Pada saat yang bersamaan, minyak ikan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

7. Membantu Mencegah Kanker

Ikan makerel memiliki kandungan antioksidan, koenzim Q10, dan lemak omega-3 yang tinggi. Koenzim Q10 dapat bermanfaat untuk menghilangkan agen kanker pada sel tubuh.

Sementara, antioksidan bisa membantu mengurangi risiko kanker dengan cara menyingkirkan radikal bebas di dalam tubuh. Lemak omega-3 bisa membantu menghindarkan dari kanker prostat, payudara, ginjal, dan usus besar. 

Selain itu, ikan makerel juga kaya vitamin B12 dan selenium yang bermanfaat dalam mengobati penyakit kanker.

8. Menurunkan Berat Badan

Kandungan omega-3 pada ikan makerel dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan, konsumsi rutin minyak ikan dikombinasikan dengan olahraga teratur dapat mengurangi lemak perut secara signifikan. 

Ikan makerel juga dapat membantu mengatur metabolisme tubuh dan mengurangi gula darah pada orang yang kelebihan berat badan.

Artikel lainnya: Sederet Bahaya Ikan Mujair yang Jarang Diketahui Orang

4 dari 5 halaman

9. Menurunkan Risiko Diabetes

Ikan makerel mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini berperan penting dalam pencegahan dan pengendalian kadar gula darah pada penderita diabetes

Tidak hanya mengontrol kadar gula darah, mengonsumsi makerel secara rutin juga menurunkan lemak visceral (lemak perut). Risiko diabetes pun dapat menurun.

10. Mengontrol Tekanan Darah

Bila Anda menderita hipertensi, konsumsilah ikan makerel secara rutin untuk menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali. 

Kadar kalium yang tinggi di dalam ikan ini menjaga tekanan darah normal. Lalu, makerel membantu menurunkan risiko komplikasi kesehatan yang terkait dengan kondisi hipertensi.

Jadi, pertimbangkan konsumsi ikan makerel untuk menu harian Anda. Jaga asupannya tetap terkendali dan tidak berlebihan.

Bila perlu, Anda bisa konsultasi ke dokter seputar makanan bergizi yang tepat sesuai kondisi pribadi di Live Chat KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar