Sukses

Manfaat Minyak Anggrek untuk Rambut Lembut Berkilau

Bunga anggrek bisa dijadikan minyak untuk perawatan rambut. Apa saja manfaat minyak anggrek untuk rambut? Simak di sini.

Dalam dunia kecantikan, beberapa produk perawatan rambut mulai melirik anggrek sebagai salah satu bahan pilihan. Ekstrak bunga ini, salah satunya, dijadikan minyak karena dinilai dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan keindahan rambut. 

Bagi Anda yang memiliki rambut keriting, ikal, atau cenderung kasar, minyak bunga anggrek dapat menjadi pilihan untuk melengkapi perawatan rambut.

Berikut ini beberapa potensi khasiat minyak anggrek untuk rambut:

1 dari 3 halaman

1. Menjaga Kadar Kelembapan Rambut Tetap Seimbang

Minyak anggrek dinilai dapat memberikan kelembapan untuk rambut dan menjadikannya tetap sehat. 

Perawatan dengan minyak anggrek sangat cocok digunakan untuk rambut rusak akibat perawatan kimiawi, suhu panas, dan paparan sinar matahari setiap hari. 

Meski melembapkan, minyak anggrek tidak memberikan kelembapan berlebihan dan membebani rambut. Jadi, rambut tidak menjadi lepek.

2. Menjadikan Rambut Berkilau

Minyak anggrek dapat menutrisi setiap helai rambut dan mengembalikan kilaunya. Ketika rambut berada dalam kadar kelembapan yang sempurna, lapisan kutikula akan tertutup dan rambut tidak kusut. Kilau yang luar biasa akan tampak pada rambut.

Artikel lainnya: Rambut Kering dan Kasar, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

2 dari 3 halaman

3. Bertekstur Ringan dan Tanpa Residu

Minyak anggrek sangat ringan di rambut. Tidak seperti kebanyakan produk oil-based lainnya, minyak anggrek dipercaya dapat memudahkan penataan rambut. 

Minyak anggrek dinilai tidak terlalu berminyak dan tidak meninggalkan residu (sisa). Hasilnya, rambut memiliki kemampuan untuk mempertahankan tatanan dengan volume dan tekstur yang diinginkan.

Artikel lainnya: Manfaat Baby Oil untuk Merawat Rambut

4. Cocok untuk Rambut Kasar dan Keriting

Minyak anggrek sangat cocok untuk Anda yang memiliki permasalahan rambut kasar, kering, dan keriting. Saat mengoleskan minyak anggrek ke rambut keriting yang kasar, kelembapannya menjadi seimbang, tekstur lebih halus, dan mudah ditata.

Meskipun produk perawatan rambut sudah mulai memasukkan minyak anggrek ke dalamnya, dr. Sara Elise Wijono, MRes, menjelaskan sampai saat ini belum ada penelitian atau jurnal medis tentang keampuhan minyak anggrek untuk rambut.

“Secara umum, hair oil bisa bermanfaat. Misalnya, di kasus rambut yang kering dan kusut bisa bantu melembutkan, atau buat rambut yang frizzy atau curly bisa bantu untuk styling. Namun, belum ada penelitian yang membahas manfaat minyak anggrek untuk kesehatan rambut,” jelas dr. Sara.

Bila Anda ingin mencoba manfaat minyak rambut, dr. Sara menyarankan untuk menggunakan produk yang sudah memiliki izin edar dan dinilai aman. Pasalnya, penggunaan minyak alami juga bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang.

Agar lebih aman, lakukan patch test atau uji tempel sebelum menggunakan minyak anggrek. Tempelkan sedikit minyak di leher atau siku, diamkan selama 24 jam. 

Jika terjadi kemerahan, maka artinya Anda tidak cocok menggunakannya. Segera hentikan penggunaan saat terjadi reaksi alergi

Lebih baik, konsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakan minyak anggrek atau minyak alami lainnya ke rambut. Gunakan layanan Live Chat di KlikDokter agar lebih praktis dan cepat.

(FR/JKT)

1 Komentar

  • Wahid Wahid

    Hallo pembaca, Sudahkan anda mencoba untuk trading forex, emas, saham dan bitcoin, meefx adalah broker terbaik untuk anda. mengapa harus berdagang di meefx. 1. Bonus 5 usd tanpa deposit 2. Trading tidak dikenakan swap 3. Trading tidak dinekan komisi kunjungi website kami : http://meefx.co.id