Diet dan Nutrisi

Manfaat Pir untuk Kesehatan Tubuh

dr. Devia Irine Putri, 12 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Siapa tak kenal buah pir? Buah ini tak cuma enak, tetapi juga kaya nutrisi, lho. Berikut manfaat makan buah pir untuk kesehatan Anda.

Manfaat Pir untuk Kesehatan Tubuh

Rasanya yang manis dan segar membuat buah jenis ini digemari banyak orang. Ya, ini adalah buah pir! Apakah Anda dan keluarga termasuk penggemar buah pir? Jika ya, Anda patut gembira, sebab manfaat buah pir untuk kesehatan tidak main-main.

Untuk mendapatkan manfaatnya, buah pir bisa dimakan langsung ataupun diolah bersama bahan lainnya. Misalnya, dikombinasikan dengan buah lain untuk dibuat menjadi smoothies atau salad. 

Apa saja manfaat buat pir untuk kesehatan? Ketahui lewat ulasan berikut ini.

1. Memenuhi Nutrisi Penting

Buah pir memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Untuk satu buah yang berukuran sedang atau sekitar 178 gram, setidaknya terdapat kandungan:

  • Kalori sebanyak 101
  • Karbohidrat sebanyak 27 gram (gr)
  • Protein sebanyak 1 gr
  • Serat sebanyak 6 gr
  • Vitamin K mencapai 6 persen nilai harian
  • Vitamin C hingga 12 persen nilai harian
  • Tembaga sebanyak 16 persen nilai harian
  • Kalium mencapai 4 persen nilai harian

Selain itu, buah pir juga kaya akan antioksidan yang berguna untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas. 

2. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat buah pir berikutnya adalah berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung.

Dalam penelitian “Pear ripeness and tissue type impact procyanidin-cell wall interactions”, kandungan antioksidan procyanidin dalam pir disinyalir dapat menurunkan kekakuan di jaringan organ jantung. 

Selain itu, buah ini juga berkhasiat menurunkan kadar LDL (kolesterol “jahat”), serta meningkatkan HDL (kolesterol “baik”). Jangan lupa, kulit pir pun punya kandungan antioksidan quercetin

Kandungan tersebut dianggap bermanfaat untuk kesehatan jantung. Antioksidan tersebut dapat mengurangi peradangan serta faktor risiko penyakit jantung, seperti hipertensi dan kadar kolesterol.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Karakteristik buah pir adalah rendah kalori, tinggi air, dan kaya serat. Kombinasi ini menjadikannya sebagai makanan ramah bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Diet tinggi serat dan air dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Manfaat pir yang satu ini pernah diteliti pada 2019, dalam riset berjudul “Influence of daily fresh pear consumption on biomarkers of cardiometabolic health in middle-aged/older adults with metabolic syndrome: a randomized controlled trial”.

Artikel Lainnya: Manfaat Pepaya yang Telah Teruji bagi Kesehatan

Menurut studi itu, lingkar pinggang 40 orang dewasa yang makan 2 buah pir setiap hari bisa turun hingga 2,7 cm dalam 12 minggu.

4. Punya Peran Antikanker

Sifat antioksidan dalam buah pir berpotensi membunuh sel penyebab kanker di tubuh. Kandungan ini terkenal dengan aktivitas anti-karsinogeniknya yang telah dikaitkan dengan pencegahan kanker. 

Menurut penelitian “Intakes of Fruit, Vegetables, and Specific Botanical Groups in Relation to Lung Cancer Risk in the NIH-AARP Diet and Health Study”, fitonutrien seperti flavonoid dan asam sinamat, yang juga ditemukan dalam pir, membantu menekan risiko kanker paru.

Antioksidan bekerja dengan cara menghilangkan radikal bebas dari tubuh, sehingga memungkinkan pertumbuhan sel baru dan sehat. Namun demikian, manfaat makan buah pir ini tidak bisa menggantikan pengobatan kanker.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Pir, terutama variasi pir merah, bisa membantu menurunkan risiko diabetes. Satu studi dengan 200.000 responden menemukan, makan 5 atau lebih porsi mingguan buah tinggi  antosianin, termasuk pir merah, dikaitkan dengan 23 persen risiko diabetes mellitus tipe 2 yang lebih rendah.

Artikel Lainnya: Manfaat Semangka yang Perlu Anda Tahu

Studi lainnya, yang dilakukan pada objek tikus, mencatat bahwa konsumsi senyawa tanaman, salah satunya antosianin, yang ada dalam kulit buah pir menunjukkan sifat antidiabetes serta antiinflamasi.

6. Penting untuk Kesehatan Tulang

Pir atau Pyrus memiliki nutrisi berupa tembaga, kalsium, fosfor, mangan, dan magnesium dalam jumlah yang signifikan. Semua nutrisi ini berperan penting dalam kesehatan tulang. 

Meski jumlahnya tidak terlalu besar, kandungan-kandungan tersebut tetap berperan penting dalam menjaga kekuatan tulang. 

7. Mudah Ditambahkan Dalam Diet Harian

Rasa pir yang manis segar membuatnya mudah ditambahkan ke banyak sekali hidangan. Selain dimakan langsung, Anda bisa mencampurkan buah ini ke dalam salad, es buah, atau dibuat smoothies.

Meski demikian, hindari konsumsi pir terlalu banyak. Sebab, buah ini cenderung manis dan mengandung lebih banyak fruktosa. Cukup 1 sampai 2 buah pir sehari sudah lebih dari cukup. 

Artikel Lainnya: Manfaat Jus yang Perlu Anda Ketahui

Ingat pula untuk makan pir bersama kulitnya supaya mendapatkan manfaat yang maksimal. Anda juga harus mencuci buah pir hingga bersih sebelum dikonsumsi.

8. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Khasiat buah pir lainnya yang tak kalah penting adalah baik untuk jaga daya tahan tubuh. Sama seperti buah lainnya, pir bisa dikonsumsi agar imunitas tubuh tetap prima. 

Adanya  kandungan vitamin C dan K dalam buah pir membantu seseorang menjaga daya tahan tubuh. 

9. Memelihara Saluran Cerna

Manfaat buah pir lainnya yang bisa diperoleh adalah membantu menjaga kesehatan saluran cerna. Hal ini berkat kandungan serat yang melimpah dalam buah pir. 

Memenuhi asupan serat yang cukup setiap harinya bisa membantu Anda terhindar dari masalah sembelit. Untuk mendapatkan serat yang lebih banyak dari buah pir, Anda tidak perlu mengupas kulitnya. 

Nah, kini Anda sudah tahu kan, manfaat buah pir bagi kesehatan? Meski memberikan manfaat, pastikan Anda mengonsumsi secukupnya dan mengimbanginya dengan makanan yang bergizi lain.

Masih ada pertanyaan terkait manfaat buah pir? Jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 Jam dari KlikDokter.

(PUT)

Referensi: 

Healthline. Diakses 2022. 9 Health and Nutrition Benefits of Pears. 

buah

Konsultasi Dokter Terkait