Kesehatan Anak

Vitamin dan Mineral Penambah Nafsu Makan Anak

Tamara Anastasia, 02 Apr 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terdapat beberapa vitamin dan mineral penambah nafsu makan anak yang terbukti efektif. Asupan tersebut dapat ditemukan dalam bahan-bahan alami, lho. Simak selengkapnya.

Vitamin dan Mineral Penambah Nafsu Makan Anak

Anak susah makan adalah masalah umum yang dihadapi oleh hampir setiap orangtua. Kondisi tersebut tak bisa dibiarkan. Kekurangan asupan makanan berpotensi mengganggu tumbuh kembang anak.

Tidak hanya itu, anak yang susah makan juga lebih berisiko mengalami malnutrisi. Kondisi ini adalah awal mula berbagai penyakit berbahaya, seperti anemia, gondok, dan lainnya.

Lantas, harus bagaimana? Adakah vitamin dan mineral penambah nafsu makan anak yang terbukti efektif dan aman? Ada!

Berikut ini beberapa vitamin dan mineral penambah nafsu makan anak yang dapat dijadikan pilihan:

1. Zink

Zink atau seng merupakan nutrisi yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, memenuhi kebutuhan zink setiap hari dari daging merah, produk susu, telur, dan biji-bijian utuh juga penting untuk nafsu makan anak yang optimal.

Jika anak kekurangan zink, ia mungkin akan memiliki nafsu makan yang lebih rendah. Faktanya, tubuh yang kekurangan zink akan memproduksi asam amino berlebih. Hal inilah yang membuat tubuh anak ‘kebal’ terhadap selera makan.

Artikel Lainnya: Tingkatkan Nafsu Makan dengan Cara Ini

2. Tiamin 

Kekurangan tiamin atau yang lebih dikenal dengan vitamin B1 juga jadi alasan lainnya seorang anak tidak nafsu makan. Akibatnya, anak terlihat tidak bersemangat, kurang konsentrasi, dan mengalami penurunan berat badan. 

Agar anak memiliki nafsu makan yang optimal, selalu cukupi kebutuhan tiamin hariannya. Anda bisa memberikan si kecil makanan seperti kacang-kacangan, ikan salmon, tahu, asparagus, kacang hijau, dan labu kuning. 

Kreasikan juga makanan-makanan tersebut menjadi bentuk yang lebih menarik dan terlihat lezat di mata anak agar tidak mudah timbul rasa bosan. 

3. Minyak Ikan

Bagi anak-anak yang tidak punya alergi dengan ikan, minyak ikan bisa menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan nafsu makan. 

Minyak ikan bisa ditemukan pada salmon, cod, sarden, dan sebagainya. Kreasikan menu ikan-ikanan yang disajikan, agar anak tidak mengalami kebosanan saat mengonsumsinya.

Artikel Lainnya: Suplemen Penambah Nafsu Makan untuk Anak, Perlukah?

4. Vitamin B12 

Vitamin B12 membantu dalam metabolisme protein dan lemak di dalam tubuh anak. Hal itu menyebabkan vitamin ini memegang peran yang penting untuk mengoptimalkan nafsu makan anak. 

Anda dapat mencukupi kebutuhan vitamin B12 agar nafsu makan anak meningkat dengan memberikan menu daging merah dan telur pada porsi yang sesuai.

Nutrisi penambah nafsu makan anak yang telah disebutkan tadi bisa didapatkan dengan memberikan makanan yang tepat dan dalam porsi yang seimbang. 

Lantas, bagaimana dengan pemberian suplemen vitamin untuk meningkatkan nafsu makan anak? Apakah hal ini diperbolehkan menurut medis?

Menjawab pertanyaan itu, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan bahwa suplemen tambahan bisa diberikan jika nafsu makan anak berkurang ketika sedang sakit. Jika anak tidak sakit, sebaiknya penuhi vitamin tersebut dari makanan. 

“Sebaiknya konsumsi sayur dan buah secara rutin setiap hari. Karena, suplemen itu isinya juga vitamin dan mineral yang diambil dari sayur buah,” ucap dr. Dyah Novita.

Dengan mengonsumsi sayur dan buah secara rutin, menurut dr. Dyah Novita, nafsu makan anak akan terangsang dengan sendirinya. 

“Orangtua bisa menyajikan sayur dan buah dengan bentuk yang kreatif, atau mengajak anak memasak bersama guna meningkatkan mood untuk makan,” tutup dr. Dyah Novita.

Kesulitan memberikan makanan yang mengandung nutrisi penambah nafsu makan anak? Jika ya dan Anda memutuskan untuk memberikan suplemen vitamin, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dosis yang tepat sehingga manfaatnya dapat dirasakan optimal.

Jika memiliki pertanyaan atau ingin tahu lebih detail mengenai suplemen penambah nafsu makan anak, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Nafsu MakanAnak

Konsultasi Dokter Terkait