Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bayi Tidur dengan Mulut Terbuka, Waspadai dan Kenali Penyebabnya

Bayi Tidur dengan Mulut Terbuka, Waspadai dan Kenali Penyebabnya

Bayi tidur mangap tak selamanya menggemaskan. Pasalnya, terdapat beberapa penyebab bayi tidur dengan mulut terbuka yang berbahaya dan mesti diwaspadai. Cek faktanya!

Sebagian orang menganggap bayi tidur mangap adalah hal yang biasa. Malahan, tidak sedikit pula yang menganggap kondisi tersebut sebagai sebuah hal yang menggemaskan.

Tidak dimungkiri, bayi tidur mangap memang membuatnya terlihat lebih lucu. Namun, kondisi tersebut tak bisa didiamkan terjadi berlarut-larut, lho

Faktanya, terdapat beberapa penyebab bayi tidur dengan mulut terbuka yang ternyata dapat membahayakan kesehatannya. Oleh karena itu, kondisi bayi tidur mangap sebaiknya diwaspadai oleh setiap orangtua, apalagi jika terjadi secara terus-menerus.

 

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Bayi Tidur dengan Mulut Terbuka

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, bayi tidur dengan mulut terbuka biasanya menjadi tanda adanya hambatan aliran udara melalui hidung. 

Ada beberapa kemungkinan penyebab bayi tidur dengan mulut terbuka. Berikut di antaranya: 

  1. Penumpukan Lendir

Salah satu alasan mengapa bayi Anda bisa tidur mangap adalah karena adanya lendir di hidung. Lendir yang menumpuk bisa menyumbat saluran pernapasan sehingga membuat si kecil tidur dengan membuka mulutnya.

  1. Sleep Apnea 

Masalah lain yang menyebabkan bayi tidur mangap adalah sleep apnea. Kondisi ini juga menghambat saluran pernapasan. 

Banyak kondisi yang melatari terjadinya sleep anea, misalnya karena amandel bengkak, kelenjar gondok yang membesar, hingga infeksi. 

Bayi yang mengalami sleep apnea biasanya akan tidur sambil mendengkur. Tanda lainnya adalah tidur gelisah, pernapasan tidak teratur, dan bernapas melalui mulut saat tidur.

Artikel Lainnya: Posisi Tidur Bayi yang Benar agar Terhindar dari Segala Risiko

  1. Septum Menyimpang

Dua lubang hidung pada manusia dipisahkan oleh septum. Nah, septum bisa menyimpang dan menyebabkan gangguan pernapasan melalui hidung.

Cikal bakal kondisi septum yang menyimpang dapat terjadi sejak tahap pembentukan janin.

  1. Masalah Alergi

Masalah alergi bisa dialami siapa saja, termasuk bayi. Kondisi ini menyebabkan produksi lendir berlebih di saluran pernapasan. 

Kondisi tersebut dapat mengganggu proses bernapas melalui hidung, sehingga si kecil mengompensasinya dengan membuka mulut untuk menarik oksigen.

  1. Kebiasaan

Bernapas melalui mulut tidak bisa dipisahkan dari kebiasaan bayi itu sendiri. Apalagi pada mereka yang sudah pernah mengalami masalah pernapasan. Hal itu kemudian menjadi kebiasaan yang terus-menerus dilakukan.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Kebutuhan Tidur Bayi?

2 dari 3 halaman

Dampak Buruk Bayi Tidur Mangap bagi Kesehatan

Berdasarkan dr. Astrid, bayi tidur dengan mulut terbuka bisa saja bersifat sementara sehingga tidak menimbulkan dampak yang signifikan.

"Meski begitu, dampak buruknya tetap ada. Bayi berisiko tidak mendapat cukup oksigen, karena pernapasan mulut tidak seefektif menggunakan hidung," ujar dr. Astrid.

"Ada pula risiko lainnya, yakni masuknya kuman melalui mulut, karena penyaringannya tidak sebaik hidung untuk bernapas," tegasnya.

Artikel Lainnya: Amankah Jika si Kecil Tidur Tengkurap?

Penanganan untuk Bayi yang Tidur dengan Mulut Terbuka 

Coba perhatikan si kecil saat bernapas. Jika mendapati bayi yang terengah-engah, mudah lelah, rewel, dan tidak mau makan lantaran harus bernapas melalui mulut, tak perlu menunda untuk segera periksa ke dokter spesialis anak.

"Selain itu, jika tidak ada penyebab bayi tidur dengan mulut terbuka yang tidak diketahui, misalnya alergi kambuh, batuk, atau flu, bisa langsung juga periksakan si kecil ke dokter," saran dr. Astrid.

Orangtua juga mesti sigap membawa si kecil berobat ke dokter jika sedari dini terdapat kondisi bawaan yang dapat menyebabkan kebiasaan tidur mangap, seperti masalah septum atau sleep apnea.

Tak selamanya bayi tidur mangap adalah kondisi yang menggemaskan. Tetap waspada akan segala kemungkinan. Segera periksakan si kecil ke dokter jika Anda mendapati keanehan akibat kebiasaan bayi tidur mangap.

Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter mengenai penyebab bayi tidur dengan mulut terbuka atau kondisi kesehatan lainnya menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

1 Komentar

  • irwan putra

    Hallo pembaca, Sudahkan anda mencoba untuk trading forex, emas, saham dan bitcoin, meefx adalah broker terbaik untuk anda. mengapa harus berdagang di meefx. 1. Bonus 5 usd tanpa deposit 2. Trading tidak dikenakan swap 3. Trading tidak dinekan komisi webside kami : http://meefx.co.id