Sukses

Manfaat Pakai Penutup Mata Saat Tidur

Anda memiliki masalah sulit tidur? Coba gunakan penutup mata yang dapat memicu ngantuk lebih cepat dan tidur pun jadi lebih nyenyak.

Ada banyak cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker atau penutup mata.

Bukan sekadar gaya atau aksesori tidur, penutup mata ini dapat digunakan untuk memicu rasa ngantuk dan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Selain itu, ada beberapa keuntungan lain dari memakai penutup mata saat tidur, berikut manfaatnya. 

 

1 dari 5 halaman

1. Memblokir Cahaya yang Masuk ke Mata

Dokter Dyah Novita Anggraini atau akrab disapa dr. Vita mengatakan penutup mata mampu meningkatkan kualitas tidur. Karena masker ini dapat memblokir atau menghalangi cahaya yang hendak masuk ke dalam mata.

Sebab, menurut American Journal of Epidemiology, paparan cahaya di malam hari, bahkan pada tingkat yang sangat rendah, dihubungkan dengan peningkatan risiko depresi.

Oleh karena itu penggunaan masker mata dapat membantu mempercepat munculnya rasa ngantuk dengan mengurangi paparan cahaya yang berisiko menyebabkan depresi.

2. Membuat Tidur Lebih Cepat

“Memakai penutup mata otomatis bisa meningkatkan hormon melatonin di dalam tubuh yang membantu kita tidur lebih cepat,” ungkap dr. Vita.

Ketika seseorang tidur lebih cepat, maka ia dapat memenuhi kebutuhan waktu tidurnya. Keesokan harinya, orang tersebut bisa bangun dengan badan yang segar dan siap untuk beraktivitas sehari-hari.

Artikel Lainnya: Susah Tidur? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

3. Mengurangi Masalah di Mata

Dokter Vita mengatakan, “Kalau maskernya terbuat dari gel, itu sangat bisa membantu mengurangi lingkaran hitam dan bengkak di mata.”

Diwartakan dari The Sleep Judge, masker penutup mata diyakini bisa mengurangi risiko mata kering. Pasalnya, pada malam hari saat tidur, mata bisa terkena udara kering, debu, dan bahan iritan lainnya. Akibatnya, bangun-bangun mata bisa jadi merah dan kering.

Nah, dengan menggunakan penutup tersebut, artinya Anda memberikan perlindungan bagi mata untuk terhindar dari masalah kesehatan yang mengganggu.

Artikel Lainnya: Ini Jenis-Jenis Gangguan Tidur yang Paling Umum

2 dari 5 halaman

4. Meminimalisasi Gangguan Tidur

Saat sudah berada di kasur, ada saja godaan yang membuat seseorang tidur larut malam. Misalnya, waktu tidur jadi terlambat karena Anda bermain ponsel atau menonton televisi terlebih dahulu.

Akan tetapi, bila Anda sudah mengenakan penutup mata, gangguan itu bisa diredam. Karena saat memakai penutup mata, Anda sadar bahwa sudah dalam kondisi siap tidur sehingga tidak tergoda untuk melakukan hal lainnya.

5. Membantu Tidur Saat Bepergian

Bagi beberapa orang, tidur atau memejamkan mata saat bepergian bukanlah hal yang mudah. Ada orang yang susah atau bahkan jadi tak bisa tidur saat berada di tempat yang baru.

Bahkan, dalam perjalanan menggunakan transportasi, seperti pesawat, kereta api, dan mobil, banyak orang yang sulit untuk tidur sampai lelap. Solusinya, cobalah menggunakan penutup mata.

Memakai penutup mata dapat memberikan suasana tidur yang ideal karena dapat memblokir cahaya yang mengganggu siklus tidur Anda.

Artikel Lainnya: 7 Kondisi Medis yang Membuat Anda Susah Tidur

3 dari 5 halaman

6. Membantu Tubuh Rileks

Tak hanya bikin Anda cepat ngantuk, masker penutup mata juga bisa memberikan tekanan lembut di wajah Anda.

Tekanan tersebut dapat merangsang produksi hormon melatonin dan serotonin yang memicu rasa rileks menyenangkan. Efek ini dapat sangat membantu bagi mereka yang kerap mengalami gangguan tidur.

7. Mencapai Fase Tidur REM

Menurut penelitian tahun 2010 yang dipublikasi oleh jurnal Critical Care, masker mata sangat membantu kita mencapai fase tidur Rapid Eye Movement (REM)

REM adalah fase ketika tidur Anda sudah dalam tahap menjadi rileks. Pada fase REM, tidur seseorang juga sudah sangat nyenyak dan dalam. Ketika berhasil mencapai fase ini secara rutin dan teratur, maka tubuh jadi lebih sehat karena tidurnya selalu nyenyak.

4 dari 5 halaman

Tips Memilih Penutup Mata yang Tepat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih masker penutup mata.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah memilih penutup mata dari bahan katun. Menurut dr. Dyah Novita, bahan katun bisa menyerap keringat.

"Selain itu, talinya jangan terlalu ketat nanti membekas di kulit wajah. Pilih juga yang bahan dalamnya ada gel juga, itu membuat sejuk sekaligus kompres area mata," jelas dr. Dyah Novita.

Terakhir, pilih ukuran masker penutup mata yang sesuai dengan bentuk wajah Anda Usahakan bagian hidung dan mulut tetap terbuka dan tidak tertutup oleh masker.

Cari tahu informasi atau tips meningkatkan kualitas tidur lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi langsung mengenai kondisi gangguan tidur kepada dokter kami melalui layanan Live Chat.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar