Sukses

Menangis saat Tidur, Apa Penyebabnya?

Beberapa orang ada yang pernah menangis saat sedang tidur. Apa yang menyebabkan kondisi tersebut? Simak penjelasannya lewat ulasan berikut ini.

Menangis adalah luapan emosi yang wajar dan siapa pun pasti pernah mengalaminya. Menangis tak hanya disebabkan oleh hal sedih, namun juga bisa karena seseorang sedang merasa bahagia. 

Apa pun kondisinya, menangis hampir pasti terjadi ketika seseorang dalam keadaan sadar. Kendati begitu, ada juga orang yang menangis saat tidak sadar, misalnya ketika ia tertidur. Lantas, apa yang menjadi penyebab seseorang menangis saat tidur? 

1 dari 3 halaman

Penyebab Menangis Saat Tidur, Apakah Berbahaya?

Melansir dari beberapa sumber, menangis saat tidur dapat disebabkan oleh mimpi buruk, night terrors, bahkan mimpi biasa. Saat mengalami mimpi yang intens sampai terasa begitu nyata, seseorang bisa menjadi emosional hingga menangis. 

Sementara itu, dari sisi psikologis, ada penyebab yang mendasari seseorang menangis saat tidur.

Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, mengatakan, “Penyebabnya banyak, bisa karena orang tersebut sedang mengalami kondisi stres berat dan mengalami kesulitan dalam mengontrol emosinya.”

Artikel Lainnya: Serba-serbi Gangguan Tidur yang Terjadi pada Anak

“Kemudian, stres itu, kan, terjadi ketika kondisi sadar  dan dia pendam (sebagai bentuk pertahanan diri). Nah, pada saat tidur pertahanan dirinya menurun sehingga bisa muncul bentuk stres atau luapan emosinya dengan menangis,” sambungnya.

Di samping itu, menangis saat tidur juga bisa dipicu oleh sleep terror atau teror tidur. Kondisi ini terjadi tepat sebelum fase tidur nyenyak atau rapid eye movement (REM).

Saat terbangun, orang tersebut mungkin tidak mengingat apa yang terjadi dalam tidur atau mimpinya. Teror tidur bisa disebabkan oleh stres, cedera kepala, dan sleep apnea. 

Sementara itu, jika ditelisik dari dunia medis, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti menangis saat tidur tidak menandakan adanya penyakit tertentu.

Artikel Lainnya: Tertawa saat Tidur atau Hypnogely, Wajar atau Tidak? Ini Faktanya!

2 dari 3 halaman

Apakah Hal Ini Normal?

Umumnya, kondisi menangis saat tidur terbilang normal. Namun, menangis saat tidur juga bisa menandakan adanya kondisi kesehatan yang serius dan perlu ditangani segera.

Beberapa orang dewasa mungkin menangis saat tidur karena ia pernah mengalami peristiwa traumatis.

Anda juga perlu memerhatikan, apakah tangisan orang yang sedang tidur disertai rintihan rasa sakit atau ketidaknyamanan lainnya? 

Jika tangisnya terdengar seperti keluhan rasa sakit, periksakan ke dokter. Sebab, beberapa kondisi seperti infeksi saluran kemih, infeksi telinga, atau stres, dikhawatirkan dapat menjadi penyebab seseorang menangis saat tidur. 

Kondisi ini juga dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk tidur nyenyak, terlebih ketika tangisnya terjadi saat sudah terlelap di fase REM. 

Saat kerap tak bisa tidur nyenyak, badan jadi tidak nyaman dan kekebalan imun bisa menurun. Akibatnya, Anda jadi mudah sakit dan tak semangat untuk beraktivitas sehari-hari. 

"Apabila menangis saat tidur menyebabkan beberapa kondisi, misalnya pada saat bangun yang dirasa malah lelah atau semakin cemas, ada baiknya segera ke psikolog untuk dicari tahu akar masalahnya," tegas psikolog Ikhsan.

Cari tahu informasi kesehatan unik lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Untuk berkonsultasi langsung dengan dokter atau psikolog, Anda bisa menggunakan fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar