Perawatan Wanita

Ampuhkah Face Mist Saffron Bikin Wajah Glowing?

Tamara Anastasia, 31 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tanaman saffron memang sering dipakai untuk produk kecantikan. Apakah face mist saffron efektif mencerahkan kulit?

Ampuhkah Face Mist Saffron Bikin Wajah Glowing?

Punya muka glowing memang jadi dambaan banyak wanita. Karenanya, terkadang tidak sedikit uang yang dikeluarkan untuk perawatan diri. Tren kecantikan yang kini sedang hype adalah face mist saffron.

Manfaat face mist saffron dipercaya dapat membuat kulit wajah tampak bersinar. Benarkah ampuh?

Penggunaan Face Mist Saffron yang Sedang Digemari

Saffron merupakan jenis rempah yang memiliki nama lain Saffron crocus. Tanaman ini banyak berasal dari Yunani, Iran, Spanyol, dan China.

Dalam industri kosmetik dan perawatan wajah, saffron termasuk bahan alami yang tergolong mahal. Meski begitu, manfaatnya untuk wajah seimbang dengan harganya. Saffron pun akhirnya diproses ke dalam bentuk face mist untuk kecantikan.

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, pada dasarnya face mist digunakan untuk memberikan efek lembap pada kulit. “Untuk face mist saffron, kandungan antioksidan dan vitamin pada saffron membantu mengurangi atau meredakan peradangan pada kulit, mengurangi hiperpigmentasi, dan mempercepat penyembuhan luka,” ujarnya.

Artikel lainnya: Benarkah Saffron Bisa Meningkatkan Kesuburan?

Ampuhkah Face Mist Saffron untuk Mencerahkan Wajah?

Antioksidan di dalam saffron memang dianggap efektif melembapkan wajah. Kandungan ini melindungi sel kulit dari radikal bebas dan stres oksidatif. Namun, apakah pemakaian face mist saffron benar-benar efektif mencerahkan wajah?

Dokter Devia menjelaskan, jika hanya mengandalkan face mist saffron, maka kulit tidak akan berubah menjadi cerah.

“Kalau memang ingin mencerahkan wajah, penggunaan face mist saffron harus diimbangi dengan perawatan wajah lainnya. Misalnya, cuci muka dan melakukan eksfoliasi berkala,” terang dr. Devia.

“Lalu, didukung juga dengan menggunakan produk kecantikan lain yang juga berfungsi untuk membantu mencerahkan wajah, misalnya niacinamide dan vitamin C,” tambahnya.

Artikel lainnya: Bunga Saffron, Rempah Mahal Kaya Manfaat bagi Kesehatan

Adapun beberapa manfaat lainnya dari saffron yang juga positif bagi kulit wajah yaitu:

  • Kandungan crocin (termasuk jenis antioksidan) di dalam saffron bisa membantu meringankan peradangan pada kulit wajah.
  • Kandungan antioksidan di dalam saffron juga dipercaya memberikan efek tenang pada kulit muka. Aliran darah di dalam kulit bisa lebih lancar, sehingga stres oksidatif bisa dihindari.

Alhasil, kerutan pada wajah menjadi berkurang akibat tingkat stres yang menurun. Anda juga dapat mengimbanginya dengan penggunaan aloe vera guna melembapkan dan mengencangkan kulit wajah, terutama bagian bawah mata.

Saat mengoleskan aloe vera, tekanan jari tidak boleh terlalu kuat dan usap secara perlahan.

  • Penggunaan face mist saffron juga membuat makeup tahan lebih lama. Anda bisa memakainya sebelum dan sesudah merias wajah.
  • Face mist saffron bisa melengkapi rutinitas skin care malam hari. Setelah mengoleskan pelembap, tutup rangkaian kecantikan dengan menyemprotkan face mist saffron ke wajah.

Tidak ada aturan tertentu dalam memakai face mist saffron. Hanya saja, jika setelah pemakaian muncul efek samping seperti kulit terasa panas, mengelupas, dan memerah, maka segera hentikan penggunaan.

Disarankan tes pada bagian kulit lain sebelum menyemprotkan face mist pada wajah. Lebih baik, konsultasi dulu ke dokter spesialis kulit lewat Live Chat KlikDokter.

(FR/JKT)

Perawatan WajahKecantikan

Konsultasi Dokter Terkait