Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Meninjau Efektivitas Liquid Bandage untuk Mengatasi Jerawat

Meninjau Efektivitas Liquid Bandage untuk Mengatasi Jerawat

Salah satu cara yang dianggap efektif mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan liquid bandage. Apakah cara tersebut terbukti ampuh dan aman? Cek faktanya!

Jerawat dianggap sebagai masalah sejuta umat. Pasalnya, meski berukuran kecil, gangguan kulit ini dapat merusak penampilan sehingga menurunkan kepercayaan diri.

Oleh karena itu, orang yang berjerawat akan berupaya untuk segera mengatasinya. Salah satu cara mengatasi jerawat yang sedang viral dan dianggap efektif adalah penggunaan plester liquid bandage.

Apakah medis setuju dengan anggapan tersebut? Benarkah liquid bandage dapat secara efektif mengatasi jerawat? Bagaimana dengan keamanannya? Yuk, cari tahu!

1 dari 3 halaman

Mengenal Liquid Bandage dan Kegunaannya 

Melansir healthline, liquid bandage memiliki nama lain liquid stitches, skin adhesive, surgical glue, dan tissue adhesive. Pada umumnya, liquid bandage digunakan untuk menutup luka jahitan atau melindungi luka di kulit.

Plester cair tersebut dapat mengurangi rasa sakit dengan menutupi ujung saraf, membantu menyembuhkan luka dengan menjaga kelembapan, serta menghalau bakteri dan kotoran agar tidak masuk ke kulit yang terinfeksi. 

Belakangan ini, fungsi liquid bandage rupanya telah berkembang. Tren kecantikan terkini telah memanfaatkan liquid bandage sebagai plester untuk mengatasi jerawat.

Mengutip Insider, liquid bandage digunakan dengan cara ditempelkan di area yang berjerawat dan didiamkan selama 24 jam. Keesokan harinya, jerawat bisa langsung kering.

Artikel Lainnya: Tumit Pecah-Pecah, Atasi dengan Cara Ini

2 dari 3 halaman

Manfaat Liquid Bandage untuk Mengatasi Jerawat Membandel 

Tidak sedikit dokter yang menyatakan keampuhan liquid bandage untuk mengatasi jerawat. Salah satunya yang mengatakan demikian adalah Marisa Garshick, MD, seorang dokter kulit.

Menurutnya, liquid bandage yang mengandung hidrokoloid adalah pilihan terbaik untuk mengatasi jerawat. Plester dengan senyawa tersebut memang dirancang untuk menyerap cairan, sekaligus menciptakan penghalang dan pelindung luka — termasuk jerawat.

Meski demikian, dr. Marisa Garshick menambahkan bahwa liquid bandage tidak bisa menggantikan obat untuk jerawat membandel yang diberikan dokter.

Sependapat dengan itu, dr. Sara Elise Wijono, MRes mengatakan bahwa liquid bandage hanya bisa mengatasi jerawat ringan, tidak untuk yang membandel.

Artikel Lainnya: Penyebab Jerawat di Payudara dan Cara Mengatasinya

Liquid bandage lebih efektif untuk jerawat meradang yang lokasinya di permukaan kulit. Kalau (jerawat) yang lebih di dalam (kulit), seperti cystic acne, mungkin kurang efektif,” kata dr. Sara.

Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati dalam menggunakan liquid bandage untuk wajah berjerawat. Pasalnya, plester ini dirancang khusus untuk menyembuhkan luka. Jadi, jika diaplikasikan di wajah yang berjerawat, Anda berisiko mengalami iritasi, khususnya jika punya kulit yang sensitif.

Berangkat dari kemungkinan tersebut, Anda sebaiknya segera menghentikan penggunaan liquid bandage jika mengalami keluhan panas di area kulit, kemerahan, atau iritasi. Segera konsultasikan ke dokter kulit agar keluhan dapat segera ditangani.

Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai liquid bandage, atau ingin tahu plester untuk jerawat membandel yang terbukti efektif dan aman, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut kepada dokter. Anda bisa memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar