Sukses

Awas, Salah Pakai Masker Bisa Menyebabkan Sakit Leher

Semenjak digalakkan untuk pakai masker, banyak orang yang mengeluh mengalami sakit leher. Apa penyebabnya? Simak informasi di bawah ini.

Memakai masker merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua orang di masa pandemi. Pemakaian masker berguna untuk mencegah penularan virus terhadap diri sendiri maupun orang lain. 

Namun, ada risiko kesehatan yang mengintai masyarakat akibat pakai masker, yakni sakit leher. Untuk tahu hubungan antara pakai masker dan sakit leher, simak baik-baik ulasan berikut ini. 

1 dari 3 halaman

Penyebab Leher Sakit Akibat Pakai Masker

American Chiropractic Association (ACA) mengatakan, pakai masker dengan cara yang salah dapat meningkatkan risiko sakit leher, rahang nyeri, ketegangan di mata, sakit kepala, dan nyeri punggung.

Sebab, menurut salah satu peneliti dari ACA, salah memakai masker bisa membatasi penglihatan seseorang untuk melihat ke bawah atau ke tempat yang lebih rendah. 

Alhasil, orang tersebut akan menekan dagunya ke bawah, menggeser posisi tubuh, dan menahan lehernya untuk bisa melihat dengan jelas. Jika terus dilakukan, bukan tidak mungkin sakit leher akibat pakai masker bisa terjadi. 

Biasanya, jarak pandang yang kurang jelas dan postur tubuh yang tidak tepat ini kerap terjadi saat kita membaca buku atau memainkan handphone

Artikel Lainnya: Orang yang Pakai Masker Terlihat Lebih Menarik, Ini Kata Psikolog!

Dampak sakit leher akibat salah pakai masker juga disampaikan oleh dr. Scott Donkin, seorang konsultan untuk industri perabot kantor dan untuk produk konsumen. 

“Banyak pasien saya yang bekerja di layanan kesehatan dan ritel. Mereka mengaku mengalami sakit kepala ringan, nyeri bahu, lengan, dan leher akibat terlalu sering memakai masker. Tentunya, ini menjadi kekhawatiran sendiri karena kasus pasien sakit leher bisa saja meningkat,” ucapnya seperti dilansir dari Cision PR Newswire. 

Menanggapi hal ini, dr. Sara Elise Wijono, MRes mengatakan bahwa pemakaian masker bisa menyebabkan sakit leher secara tidak langsung.

“Jika memakai masker tidak dilakukan dengan benar, pemakainya bisa menunduk atau justru jarak pandangnya jadi berkurang. Akibatnya, sakit leher bisa saja terjadi,” ujar dr. Sara.

Artikel Lainnya: Benarkah Mengenakan Masker di Dagu Bisa Membahayakan Kesehatan?

2 dari 3 halaman

Tips Cegah Sakit Leher Akibat Pakai Masker

Kondisi sakit leher akibat pakai masker bisa dicegah. Berikut adalah beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan.

  1. Lakukan Peregangan Leher

Jika leher mulai terasa pegal, cobalah untuk beristirahat dan melakukan peregangan.

Anda bisa melakukan peregangan leher sekitar beberapa menit sebelum kembali melanjutkan aktivitas. Lakukan peregangan leher di mana saja, baik di rumah atau di kantor saat bekerja. 

  1. Pakai Masker yang Benar 

Jika Anda sudah memakai masker dengan benar, maka jarak pandang akan terlihat dengan jelas. Pastikan masker yang Anda gunakan telah menutupi mulut, dagu, dan hidung secara menyeluruh.

Pemakaian masker yang terlalu ke bawah (tidak menutup hidung) justru membuat jarak pandang ke bawah jadi lebih sulit dilihat. 

Akibatnya, Anda harus menunduk setiap kali berjalan (terutama saat menuruni anak tangga) dan pada akhirnya bisa meningkatkan risiko sakit leher.

Artikel Lainnya: Aturan Pakai Masker Anti Polusi agar Tidak Jerawatan

  1. Pilih Masker yang Tepat 

Pilihlah masker yang sesuai dengan bentuk wajah. Pastikan masker yang Anda gunakan tidak terlalu longgar atau sempit. Masker yang longgar dapat membuat jarak pandang jadi tidak nyaman. 

Sementara itu, masker yang terlalu sempit akan menyulitkan Anda untuk bernapas dan bisa meningkatkan risiko sakit kepala. 

Itu dia uraian seputar sakit leher akibat pakai masker. Kendati bisa meningkatkan risiko sakit leher, bukan berarti Anda jadi tidak perlu pakai masker saat berada di luar rumah. 

Maka itu, pakailah masker dengan cara yang benar guna mencegah gangguan leher muncul. Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar