Perawatan Wanita

Sedang Tren, Ini Manfaat Bubble Mask untuk Kulit Wajah

Tamara Anastasia, 27 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada tren lagi nih di dunia skincare, yaitu bubble mask. Anda tertarik? Sebelum mencobanya, intip dulu manfaat bubble mask untuk wajah berikut.

Sedang Tren, Ini Manfaat Bubble Mask untuk Kulit Wajah

Tren di dunia perawatan wajah seolah tidak ada habisnya. Kini, ada tren baru dalam masker kecantikan yang disebut bubble mask

Anda sudah pernah menggunakan atau sedang mempertimbangkan untuk memakainya? Yuk, cari tahu manfaat bubble mask untuk kulit di sini.

Apa Itu Bubble Mask?

Bubble mask pertama kali diperkenalkan oleh produsen perawatan kulit asal Korea yang lantas menjadi tren di dunia. 

Sesuai dengan namanya, mengaplikasikan bubble mask akan menciptakan efek gelembung kecil atau busa di wajah.

Bubble mask sendiri adalah masker berkarbonasi yang terbuat dari air mengandung karbon. Biasanya, masker busa ini juga dicampurkan dengan berbagai bahan alami seperti tanah liat (mud), arang (charcoal), dan suplemen kolagen.

Hal yang membedakan dengan jenis masker wajah lain, bubble mask menggunakan proses oksigenasi dalam merawat kulit. Ini sebabnya juga, bubble mask bisa memberi efek gelembung pada penggunanya. 

Bubble mask dijual dalam bentuk clay maupun lembaran (sheet). Jadi, Anda tinggal pilih saja mana yang lebih mudah saat digunakan.

Artikel Lainnya: Agar Tak Sia-Sia, Ini Cara Pakai Masker Wajah yang Benar

Manfaat Bubble Mask

Dengan harga yang terjangkau dan cara penggunaan yang mudah, ada beberapa manfaat masker busa untuk kulit.

Dilansir dari Glamour, ahli kosmetik Stephen Alain Ko mengatakan, secara umum bubble mask akan berefek positif pada kulit jika digunakan dalam kondisi yang tepat.

Kandungan oksigen dalam bubble mask bisa membantu mempercepat penyembuhan luka dengan meningkatkan sirkulasi darah. 

Meningkatnya sirkulasi darah ini nantinya akan menambah produksi kolagen di dalam kulit yang juga berhubungan langsung dengan antiaging

Semakin rutin Anda mendapatkan oksigen dari bubble mask, semakin kecil pula tanda penuaan muncul pada wajah.

Artikel Lainnya: Wajib Tahu, Ini Manfaat Clay Mask untuk Kulit Wajah!

Masker gelembung membersihkan dan mengelupasi kulit Anda serta meningkatkan sirkulasi dan peremajaan sel. Cara ini tergolong aman dan non-invasif untuk memberikan nutrisi dan hidrasi ke dalam kulit.

Menambahkan, dr. Devia Irine Putri menjelaskan, bubble mask juga dipercaya bisa membersihkan pori-pori wajah dan menyerap minyak atau kotoran berlebih pada wajah. 

Hanya saja, manfaat bubble mask tidak terlalu efektif dalam mengangkat komedo. Dia mengatakan, tindakan ekstraksi akan lebih efektif dalam mengangkat komedo, ketimbang hanya menggunakan bubble mask

Bubble mask lebih efektif dalam mengeksfoliasi wajah karena kandungan maskernya sendiri. Jadi, selain bisa membersihkan wajah secara menyeluruh, bubble mask juga membantu proses eksfoliasi secara lembut dengan bentuk foam atau bubble,” ujar dr. Devia.

Jika pemakaiannya dilakukan secara rutin, manfaat masker busa untuk kulit akan semakin terlihat. 

Hanya saja, perlu Anda ingat  bahwa belum ada penelitian yang terbukti secara klinis mengenai efektivitas dari penggunaan bubble mask.

Manfaat yang dirasakan pun baru berdasarkan penilaian pribadi pengguna bubble mask

Artikel Lainnya: Ini Waktu Terbaik untuk Menggunakan Masker Wajah

Cara Memakai Bubble Mask

Meski belum ada penelitian pasti yang mengatakan bubble mask berfungsi baik untuk kulit, bukan berarti Anda tidak bisa ikut mencobanya. Berikut beberapa langkah sebelum memakai bubble mask:

  • Bersihkan Wajah 

Sebelum memakai jenis masker apa pun, Anda diminta untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Mulailah dengan menggunakan micellar water untuk mengangkat kotoran di permukaan wajah.

Lanjutkan dengan mencuci muka dengan sabun, dan bilas hingga bersih. Selanjutnya, keringkan wajah dengan handuk lembut.

  • Aplikasikan Bubble Mask 

Setelah wajah kering dan bersih, mulai oleskan bubble mask pada wajah. Anda bisa memilih bubble mask yang bertekstur clay ataupun sheet. Ratakan masker dan tunggu sampai masker berubah menjadi gelembung.

Biasanya, butuh waktu sekitar 10-15 menit sampai masker berubah menjadi busa, tergantung merek masker yang dipakai. 

Artikel Lainnya: Ini Waktu Terbaik untuk Menggunakan Masker Wajah

  • Bilas dengan Air

Setelah didiamkan, gosok secara perlahan bubble mask dengan ujung jari secara perlahan. 

Lakukan gerakan memutar (circular motion) sampai seluruh gelembung hilang dan menyisakan bekas masker.

Gerakan memutar ini juga dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah di wajah. Setelah bekas gelembung hilang, bilas dengan menggunakan air lalu keringkan dengan handuk lembut. 

  • Gunakan Skincare 

Setelah membilas wajah dengan air, jangan lupa gunakan skincare harian. Mulailah dari penggunaan toner wajah, essence, eye cream, serum, dan pelembap. 

Sebagai tahap akhir, Anda bisa menggunakan face spray yang terbuat dari air oksigen. Itulah beberapa fakta medis mengenai bubble mask

Jika Anda sudah mendapatkan efek positif dari penggunaan bubble mask, jangan sungkan untuk sharing di kolom komentar ya!

Dapatkan informasi lainnya seputar kesehatan kulit dan nutrisi pendukungnya di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

Produk Kecantikankulit

Konsultasi Dokter Terkait