HomeGaya hidupPerawatan WanitaCara Menebalkan Bibir dengan Sedot Botol, Amankah?
Perawatan Wanita

Cara Menebalkan Bibir dengan Sedot Botol, Amankah?

Tri Yuniwati Lestari, 25 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Video filler bibir dengan cara menyedot botol kosong viral di media sosial. Apakah cara menebalkan bibir ini aman menurut medis? Yuk, cek fakta selengkapnya!

Cara Menebalkan Bibir dengan Sedot Botol, Amankah?

Tren filler bibir dengan menyedot botol kosong sedang viral di media sosial. Cara tersebut dianggap bisa membuat penampilan bibir yang tebal, mirip seperti Kylie Jenner

Tak heran, orang-orang menyebutnya sebagai Kylie Jenner Lip Challenge. Beberapa orang yang telah mencoba cara menebalkan bibir dengan menyedot botol kosong mengaku mengalami manfaat yang signifikan. 

Namun, tak sedikit pula yang justru berujung mengalami efek samping merugikan. Lantas, bagaimana medis menanggapi tren filler bibir dengan sedot botol itu? 

Sedot Botol untuk Menebalkan Bibir, Amankah?

Ahli bedah plastik bersertifikat di Cherry Hill, Dr. Steven L. Davis, mengatakan tren menebalkan bibir dengan menyedot botol kosong merupakan tindakan keliru. 

Menurutnya, tindakan tersebut malah berisiko menyebabkan luka sobek di bibir. Bahkan luka tersebut berpotensi permanen, sehingga makin mengganggu penampilan.

Tidak berhenti di situ, tren menyedot botol untuk menebalkan bibir juga dapat membuat perubahan warna pada wajah. 

Tindakan tersebut pun dapat mencetuskan hematoma, yaitu pembuluh darah abnormal yang menyebabkan munculnya lingkaran berupa cincin di area sekitar bibir.

“Bisa menyebabkan bibir menjadi bengkak, nyeri, dan memar akibat pecahnya pembuluh darah kecil di area bibir dan sekitarnya,” kata dr. Arina Heidyana, menambah penjelasan sebelumnya.

Artikel Lainnya: Bibir Tiba-Tiba Bengkak, Apa Penyebabnya?

Mengingat adanya kemungkinan buruk tersebut, dr. Arina menegaskan agar cara menebalkan bibir dengan sedot botol tidak lagi dilakukan. 

Bila sudah terlanjur melakukannya dan malah mengalami bibir bengkak, Anda dapat meringankan keluhan tersebut dengan mengaplikasikan kompres dingin.

Jika bengkak semakin lebar, terasa sangat nyeri, dan tidak membaik dengan pengobatan antinyeri biasa, Anda disarankan segera berobat ke dokter agar dapat ditangani dengan lebih baik.

Artikel Lainnya: Jangan Menjilat Bibir Kering, Ini Alasannya

Cara Menebalkan Bibir yang Terbukti Aman

Dijelaskan dr. Arina, jika ingin mendapatkan efek bibir tebal untuk sementara waktu, cara aman yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan make up

Anda dapat menggunakan lip liner atau lipstik yang diperlebar dari garis bibir. Hal ini akan memberikan kesan bibir yang lebih tebal. 

Jika ingin mendapatkan bibir tebal yang tahan lama, Anda bisa melakukan operasi di rumah sakit atau klinik kecantikan dengan dokter bedah bersertifikat. 

Sebelum melakukan tindakan ini, pastikan Anda paham mengenai risiko dan juga efek samping yang mungkin terjadi.  

Setelah tahu kemungkinan efek samping yang muncul, diharapkan Anda tidak lagi menyedot botol kosong untuk menebalkan bibir. Anda tidak ingin penampilan rusak gara-gara tindakan tersebut, bukan?

Jika memiliki pertanyaan lain seputar cara menebalkan bibir atau hal lain yang berhubungan dengan kesehatan, Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

bibirKecantikan

Konsultasi Dokter Terkait