HomeGaya hidupPerawatan Wanita6 Suplemen dan Vitamin untuk Mengatasi Miss V Kering
Perawatan Wanita

6 Suplemen dan Vitamin untuk Mengatasi Miss V Kering

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 30 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Vagina kering bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, khususnya saat berhubungan seksual. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi vitamin yang tepat.

6 Suplemen dan Vitamin untuk Mengatasi Miss V Kering

Vagina memiliki pelumas alami yang diproduksi oleh hormon estrogen. Tetapi, ada kalanya tubuh tidak dapat memproduksi hormon tersebut secara optimal, sehingga mengakibatkan vagina kering.

Vagina kering adalah masalah umum yang dapat terjadi pada wanita segala usia. Namun, hal ini terutama terjadi selama menopause dan sering disebabkan oleh penurunan kadar estrogen. 

Stres, kecemasan, penurunan aliran darah, dan dehidrasi adalah beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan penurunan produksi pelumas pada vagina.

Wanita yang mengalami vagina kering cenderung akan mengalami gangguan saat melakukan hubungan seksual. Pasalnya, kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman, khususnya saat penetrasi.

Untungnya, beberapa suplemen dan vitamin telah terbukti membantu mencegah vagina kering dan meningkatkan pelumasan. Berikut ini beberapa vitamin agar miss V tidak kering

1. Vitamin A

Cara mengatasi vagina kering bisa kamu lakukan dengan rutin mengonsumsi vitamin A sesuai dosis. Vitamin A berperan penting dalam memproduksi selaput lendir yang meliputi lapisan vagina dan membantu produksi kolagen.

Vitamin A bisa kamu dapatkan dari wortel, bayam, brokoli, dan kacang polong. Selain itu, kamu juga bisa minum suplemen vitamin A atas resep dokter.

2. Vitamin B

Vitamin B juga merupakan vitamin untuk vagina dan dapat membantu mengatasi vagina kering. Vitamin ini bisa kamu temukan pada daging-dagingan, ikan, susu dan produk olahannya, serta kacang-kacangan.

Untuk mengatasi dan mencegah vagina kering, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin B yang dijual bebas di pasaran. Namun, sebaiknya berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin B.

3. Vitamin D

Tidak hanya menjaga kesehatan tulang dan gigi, vitamin D juga menjadi vitamin untuk miss V yang bisa mengoptimalkan produksi pelumas alami pada vagina. 

Menurut beberapa jurnal kesehatan, kesimpulan dari enam penelitian menyatakan vitamin D oral dapat mengurangi kekeringan dan meningkatkan kesehatan vagina selama menopause.

Studi lain pada 44 wanita pascamenopause menemukan, menggunakan suppositoria vitamin D (yang dioleskan ke vagina) setiap hari selama 8 minggu dapat secara signifikan menurunkan kekeringan.

Vitamin D bisa kamu temukan dari ikan sarden, salmon, udang, jamur, dan kuning telur. Selain itu, berjemur matahari pagi juga dapat membantu produksi vitamin D di dalam tubuh.

Suplemen vitamin D pun bisa menjadi opsi. Asalkan, konsultasi dulu kepada dokter agar dosis vitamin D yang dikonsumsi sesuai kondisi.

Artikel lainnya: Benarkah Minyak Kelapa Bisa Mengatasi Vagina Kering?

4. Vitamin E

Vitamin agar miss V tidak kering berikutnya adalah vitamin E. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan pelumas alami pada vagina sehingga mengurangi kekeringan.

Penelitian pada 52 wanita yang menggunakan vitamin E oles pada vagina selama 12 minggu menemukan, partisipan mengalami perbaikan kondisi atrofi vagina, penyebab penipisan dan kekeringan pada organ intim wanita. 

Namun, untuk vitamin E yang diminum, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat khasiatnya dalam mengatasi vagina kering.

5. Minyak Ikan

Minyak Ikan

Minyak ikan adalah suplemen yang sering digunakan untuk meningkatkan asupan asam lemak omega-3, sejenis lemak jantung sehat yang ditemukan terutama pada ikan berlemak. 

Beberapa penelitian menunjukkan, asam lemak omega-3 dapat bermanfaat untuk meningkatkan pelumasan wanita, terutama selama menopause.

Penelitian lain menemukan, suplemen dengan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kadar estrogen, yang juga dapat membantu mencegah vagina kering. 

Asam lemak omega-3 juga telah terbukti meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekeringan dalam penelitian pada manusia dan hewan.

Artikel lainnya: Penyebab Vagina Berkeringat dan Cara Mengatasinya

6. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid atau asam hialuronat adalah molekul yang diproduksi oleh tubuh dan dikenal karena perannya dalam kesehatan kulit dan pencegahan penuaan. 

Meskipun paling sering digunakan dalam kosmetik, asam hialuronat juga tersedia tanpa resep dalam bentuk suplemen.

Menurut penelitian, mengonsumsi 5 mg garam natrium asam hialuronat selama 8 minggu memperbaiki gejala pada 42 wanita pascamenopause dengan atrofi vagina. 

Studi lainnya pada 28 wanita muda menunjukkan, suplemen yang mengandung kombinasi hyaluronic acid dan bahan lain seperti glukosamin sulfat, asam alfa-lipoat, serta vitamin A, C, dan E, terbukti akan memperbaiki vagina kering.

Artikel lainnya: Pelumas Alami yang Aman untuk Berhubungan Seksual

Itu dia deretan vitamin agar miss V tidak kering yang bisa kamu konsumsi. Guna mendapatkan manfaat paling optimal, konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan.

Kamu bisa konsultasi ke dokter lebih cepat lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. #JagaSehatmu dan rawat kesehatan organ intim!

(FR/JKT)

vitaminVaginaAtrofi Vagina

Konsultasi Dokter Terkait