Sukses

Tidur Sambil Memakai Masker Medis, Berbahayakah?

Di masa pandemi, memakai masker medis adalah sebuah keharusan. Lantas, bolehkah tidur pakai masker medis? Berikut penjelasanya.

Salah satu jenis masker yang efektif untuk mencegah penularan virus corona adalah masker medis. Masker medis dapat mencegah partikel virus masuk ke dalam tubuh saat seseorang sedang bersin, batuk, ataupun berbicara.

Karena saking ingin terhindar dari COVID-19, sebagian orang mungkin ada yang sampai tidur menggunakan masker medis! Apakah hal tersebut diperbolehkan dan aman untuk kesehatan? Untuk menjawab pertanyaan itu, simak penjelasan dokter berikut ini.

 

1 dari 3 halaman

Tidur dengan Masker Medis, Apakah Berbahaya?

Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp.A, menggunakan masker medis saat tidur tidak berisiko menimbulkan bahaya apa pun. Akan tetapi, ada beberapa kondisi kesehatan yang perlu menghindari penggunaan masker medis saat sedang tidur. 

“Orang dengan gangguan tidur jenis OSAS (Obstructive sleep apnea syndrome) yang menyebabkan ia sering mendengkur, orang dengan gangguan saluran napas hipertrofi tonsil, atau pada bayi dan anak-anak tidak boleh tidur pakai masker medis. Karena pakai masker medis saat tidur menyebabkan penyumbatan saluran napas,” kata dr. Reza.

Menurut beberapa sumber, menggunakan masker medis saat tidur sebetulnya memiliki manfaat tersendiri. Namun dengan catatan, masker digunakan saat Anda tidur di tempat atau kondisi yang berisiko tinggi menularkan COVID-19. 

Misalnya, Anda boleh memakai masker medis saat tidur dalam perjalanan menggunakan pesawat, mobil, bus, atau kereta api. Lalu, Anda juga wajib pakai masker saat tidur di ruang tunggu rumah sakit atau tempat umum lain seperti bandara.

Memakai masker medis di tempat tersebut dapat melindungi sistem pernapasan dari udara yang mengandung partikel virus atau bakteri. Tak hanya mencegah penularan COVID-19, pakai masker medis bisa menyaring alergen, asap, atau bau kimiawi lain yang memicu alergi atau gangguan pernapasan.

Artikel Lainnya: Ini Manfaat LED Mask yang Dipakai di Drakor, The King of Eternal Monarch

2 dari 3 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Masker

Di masa pandemi seperti sekarang, para ahli dan pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap pakai masker saat keluar rumah. Pakai masker wajib dilakukan meski Anda sedang tidak sakit!

Pasalnya, tidak semua orang mengetahui bahwa dirinya atau orang lain sedang terinfeksi COVID-19. Kondisi tersebut dapat disebut dengan OTG (Orang Tanpa Gejala).

Orang tanpa gejala berpotensi menularkan virus corona ke orang sehat lainnya.

Dengan pakai masker, Anda dapat melindungi diri sendiri dan juga orang di sekitar.

Centers for Disease Control and Prevention menyarankan Anda untuk memakai masker yang menutupi hidung, mulut, dan bagian samping wajah. Masker medis hanya boleh digunakan dalam waktu empat jam dan hanya sekali pakai.

Artikel Lainnya: Ini Waktu Terbaik untuk Menggunakan Masker Wajah

Selain itu, Anda juga tidak dianjurkan pakai masker medis saat makan atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air, misalnya seperti mandi atau berenang.

Karena pakai masker basah dapat membuat Anda sulit bernapas. Masker tersebut juga sudah tidak berfungsi baik dalam mencegah masuknya virus atau bakteri.

Bawalah masker cadangan dan segera ganti saat masker basah, sobek, atau kotor. Masker dengan kondisi tersebut tidak bisa memberikan perlindungan yang maksimal terhadap penularan virus corona.

Jika memiliki pertanyaan lain seputar penggunaan masker medis saat tidur, Anda bisa memanfaatkan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi dengan dokter langsung.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar