Kanker

Tanda dan Gejala Kanker Bibir yang Mesti Anda Waspadai

Tamara Anastasia, 23 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kasus kanker bibir memang jarang ditemukan. Namun, Anda tetap mesti waspada akan gejala kanker bibir, agar pengobatan sejak dini bisa segera dilakukan.

Tanda dan Gejala Kanker Bibir yang Mesti Anda Waspadai

Anda mungkin sudah tidak asing dengan kanker mulut. Lantas, bagaimana dengan kanker bibir? Pernahkah Anda mendengar atau menemukan pasien dengan jenis keganasan tersebut?

Faktanya, kanker bibir merupakan kasus yang memang jarang ditemukan. Meski demikian, Anda tetap harus waspada akan gejala kanker bibir yang bisa menyerang kapan saja.

 

Mengenal Kanker Bibir Lebih Dekat

Kanker bibir adalah bagian dari kanker mulut. Jenis kanker tersebut berkembang dalam sel tipis skuamosa, yang melapisi bibir, mulut, lidah, pipi, sinus, langit-langit mulut, dan tenggorokan.

“Kanker bibir dan kanker mulut bisa sama, bisa juga berbeda. Artinya, kalau secara lokasi, ada yang di permukaan bibir, dan satu lagi ada di dalam mulut,” kata dr. Reza Fahlevi, Sp.A.

“Untuk membedakan keduanya secara pasti, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter,” tegasnya.

Seseorang berisiko lebih tinggi mengalami kanker bibir apabila memiliki kondisi-kondisi sebagai berikut:

  • Minum alkohol secara berlebihan
  • Merokok
  • Terpapar sinar matahari dalam waktu lama, baik alami maupun buatan seperti tanning.
  • Terinfeksi Human papillomavirus (HPV)

Melansir healthline, orang yang memiliki warna kulit cerah dan berusia lebih dari 40 tahun juga jadi golongan yang rentan terkena kanker bibir.

Artikel Lainnya: Waspada, Kanker Ini Sering Menyerang Wanita!

Gejala Kanker Bibir yang Mesti Diwaspadai

Berikut ini beberapa tanda dan gejala kanker bibir yang mesti Anda waspadai:

1. Muncul Benjolan

Salah satu gejala kanker bibir yang paling umum adalah munculnya benjolan pada bibir, yang disertai dengan nyeri dan luka berkepanjangan.

Benjolan tersebut muncul sebagai bentuk tumor, dengan ukuran yang bervariasi. Rasa nyerinya yang disebabkannya dapat membuat penderita sulit mengunyah, membuka mulut, dan berbicara.

2. Luka yang Terinfeksi

Menurut dr. Reza, luka berkepanjangan yang muncul di bibir dan area sekitarnya merupakan gejala awal kanker bibir.

Luka tersebut bisa bernanah dan muncul keropeng, sehingga berisiko menginfeksi organ-organ di sekitarnya.

Segera konsultasikan lebih lanjut kepada dokter apabila memiliki kondisi luka di sekitar mulut yang tidak kunjung sembuh meski telah diobati.

Artikel Lainnya: Awas! Ini Kanker yang Sering Terjadi pada Pria

3. Bercak Merah dan Putih

Kemunculan bercak berwarna merah dan putih yang mirip sariawan juga bisa menjadi gejala awal bibir.

Bercak tersebut biasanya disertai keluhan nyeri pada bibir dan pembengkakan pada rahang.

4. Perdarahan pada Bibir

Luka dan benjolan yang muncul akibat kanker bibir rentan berdarah. Saat terjadi, perdarahannya bisa sangat parah. Darah yang muncul bisa sangat banyak dan tidak kunjung berhenti.

5. Penurunan Berat Badan Tanpa Sebab

Mirip dengan kasus serupa lainnya, penderita kanker mulut juga bisa mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Kondisi tersebut biasanya disertai dengan badan lemas, perubahan pada mulut dan kulit, mual, muntah, serta muncul rasa nyeri pada bibir atau mulut.

Jangan tunda untuk periksa ke dokter jika Anda mengalami keluhan yang merujuk pada salah satu gejala kanker bibir. Deteksi dan pengobatan sejak dini penting untuk meningkatkan peluang kesembuhan.

Anda juga bisa bertanya lebih lanjut mengenai tanda dan gejala kanker bibir kepada dokter dengan mengandalkan layanan LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

Kanker

Konsultasi Dokter Terkait