Diet dan Nutrisi

Efek Makan Hati Angsa atau Foie Gras yang Mesti Diwaspadai

Krisna Octavianus Dwiputra, 19 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Hati angsa atau foie gras merupakan hidangan mahal yang bernutrisi baik. Namun bila dikonsumsi sembarangan, efek berikut yang dapat mengintai.

Efek Makan Hati Angsa atau Foie Gras yang Mesti Diwaspadai

Makanan olahan hati angsa memang tidak terlalu terkenal di Indonesia. Akan tetapi, di Eropa khususnya Prancis, banyak yang menggemari kelezatan santapan yang satu ini.

Selain banyak digemari dan tergolong sajian mewah, hidangan yang juga populer dengan nama lain foie gras ini termasuk makanan kaya nutrisi, lho. Meski begitu, hati angsa sebaiknya tidak dikonsumi berlebihan. Simak alasannya dalam ulasan ini.

Nutrisi dalam Sajian Foie Gras

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, foie gras mengandung vitamin A, zat besi, dan utamanya menjadi sumber lemak.

Melansir Healthline, sekitar 28 gram foie gras memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 130
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 12 gram
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Vitamin B12: 111 persen dari nilai harian
  • Vitamin A: 32 persen dari nilai harian
  • Asam pantotenat: 7 persen dari nilai harian
  • Riboflavin: 7 persen dari nilai harian
  • Niasin: 5 persen dari nilai harian
  • Tembaga: 13 persen dari nilai harian
  • Zat besi: 9 persen dari nilai harian
  • Fosfor: 5 persen dari nilai harian

Artikel lainnya: Apa Jadinya Bila Tubuh Kelebihan Gizi?

Persentase tersebut merupakan jumlah yang dapat dicukupi untuk memenuhi angka kebutuhan gizi harian.

Mengapa hati angsa memiliki lemak yang banyak? Ternyata hal ini disebabkan oleh pasokan makanan untuk si angsa yang diberikan dalam jumlah banyak.

Ketika angsa makan dengan porsi besar, berat badannya akan naik dengan cepat. Jumlah lemak yang ada juga menumpuk di sekitar organ hatinya.

Efek Samping Makan Hati Angsa yang Mesti Diwaspadai

Meski kandungan nutrisinya luar biasa, nyatanya ada dampak buruknya juga kalau makan foie gras terlalu sering dan dalam porsi besar.

"Sebenarnya, kalau [foie gras] dikonsumsi dalam jumlah wajar, tidak masalah. Kalau terlalu banyak, bisa menyebabkan gangguan pencernaan misalnya begah dan mual. Karena, terkandung lemak tinggi sehingga butuh waktu untuk dicerna," ungkap dr. Devia.

Dokter Devia juga menjelaskan, kalori tinggi di dalam hidangan hati angsa yang semakin sering dikonsumsi bisa meningkatkan berat badan. Hal ini dapat berujung pada risiko obesitas.

"Bagi ibu hamil atau orang-orang yang daya tahan tubuhnya rendah seperti mengalami gangguan imun, sebaiknya tidak makan foie gras karena [mereka] rentan terinfeksi. Sebab, biasanya foie gras dimasak dalam suhu rendah," pesan dr. Devia.

Bahkan, ada pula versi foie gras yang disajikan raw (mentah). Hal ini akan menimbulkan kekhawatiran terhadap munculnya gejala keracunan makanan.

Artikel Lainnya: Makanan dan Minuman Ini Efektif untuk Daya Ingat Anda

Jadi, nikmatilah foie gras dalam jumlah yang tepat. Makanan ini sebaiknya dihindari bila Anda memiliki kondisi medis tertentu dengan aturan pola makan yang ketat.

Apakah kondisi tubuh Anda cocok mengonsumsi hati angsa? Coba konsultasikan dulu kepada dokter lewat fitur Live Chat di KlikDokter.

(FR/JKT)

makananObesitas

Konsultasi Dokter Terkait