Kesehatan Anak

Daftar Seafood yang Baik untuk Tumbuh Kembang Otak Anak

Krisna Octavianus Dwiputra, 19 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada beberapa makanan laut atau seafood yang direkomendasikan untuk tumbuh kembang otak anak. Apa saja yang termasuk? Simak faktanya dari dokter!

Daftar Seafood yang Baik untuk Tumbuh Kembang Otak Anak

Hampir setiap orang yang tidak punya alergi menyukai makanan laut alias seafood. Di balik rasanya yang lezat, jenis makanan tersebut ternyata mengandung ragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan otak.

Berangkat dari alasan tersebut, seafood adalah pilihan yang baik untuk diberikan kepada anak yang tidak alergi. Dengan memberikannya secara rutin dan teratur, seafood bisa membantu pertumbuhan otak anak, lho!

Berikut ini beberapa jenis seafood atau ikan yang bagus untuk kecerdasan otak anak:

1. Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan sumber omega-3, yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak anak. 

Ikan tuna dapat dikonsumsi dalam bentuk kukus atau rebus. Jika ingin dibakar, hindari menggunakan api yang terlalu panas. Apabila ingin digoreng, hindari penggunaan minyak berlebihan agar nutrisinya tidak hilang.

2. Ikan COD

Ikan COD juga mengandung asam lemak omega-3, dan salah satu yang disarankan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti untuk dikonsumsi anak guna menunjang perkembangan otaknya. 

Ikan ini juga sumber utama vitamin A dan D, yang bagus untuk tumbuh kembang tubuh anak secara keseluruhan.

3. Ikan Makarel

Menurut dr. Astrid, ikan makarel juga memiliki protein yang baik untuk tumbuh kembang tubuh anak.

Selain itu, ikan makarel juga memiliki kandungan DHA yang dibutuhkan untuk perkembangan sel otak anak.

4. Cumi

Sama seperti seafood lainnya, cumi juga mengandung asam lemak omega-3, protein, dan vitamin, yang bermanfaat untuk perkembangan otak anak. 

Selain itu, hewan laut yang punya tentakel ini juga mengandung sejumlah mineral, seperti magnesium, zink, dan fosfor untuk memperkuat tulang maupun gigi.

5. Kepiting

Kepiting juga termasuk seafood yang bisa menunjang perkembangan otak anak berkat kandungan asam lemak omega-3 dan protein di dalamnya.

Meski begitu, jangan buru-buru memperkenalkan kepiting pada anak. Seafood jenis ini umumnya baru boleh diberikan saat anak berusia 9 bulan atau lebih

Artikel Lainnya: Panduan Makan Seafood untuk Ibu Hamil

6. Udang Laut

Udang laut mengandung vitamin D, B12, B6, C, dan A, yang bagus untuk perkembangan otak anak. 

Selain itu, hewan laut ini juga termasuk rendah merkuri dan tergolong aman dikonsumsi oleh si kecil yang tidak alergi dan telah berusia 1 tahun atau lebih.

7. Lobster

Lobster mengandung omega-3, omega-6, dan protein, yang bagus untuk tumbuh kembang otak anak. 

Sebelum memberikannya pada anak, pastikan si kecil sudah berusia lebih dari 1 tahun. Pastikan juga si kecil tidak alergi dengan udang versi besar ini. Jika memang alergi, sebaiknya hindari.

8. Ikan Salmon

Menurut dr. Astrid, salmon adalah sumber asam lemak omega-3, DHA dan EPA, yang sangat baik untuk pertumbuhan fungsi otak anak.

Faktanya, mengonsumsi asam lemak tersebut dalam jumlah cukup dan secara rutin dapat membuat fungsi otak lebih tajam.

Itu dia beberapa ikan yang bagus untuk kecerdasan otak anak. Meski begitu, Anda tetap perlu memperhatikan porsi saat memberikannya kepada si kecil. Pastikan tidak berlebihan, dan tetap harus diselingi dengan makanan sehat lainnya.

Tidak cukup hanya dengan itu, Anda juga perlu memastikan bahwa si kecil tidak alergi seafood. Jika memang anak mengalami penyakit tersebut, lebih baik hindari memberikannya dan segera konsultasikan kepada dokter melalui Tanya Dokter atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

AnakSeafoodTumbuh kembang

Konsultasi Dokter Terkait