Diet dan Nutrisi

Minyak Zaitun Bisa Menjadi Obat Impotensi Alami, Benarkah?

Tamara Anastasia, 18 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Minyak zaitun terkenal akan manfaat sehatnya. Namun, benarkah minyak tersebut bisa menjadi obat impotensi alami? Simak fakta medisnya!

Minyak Zaitun Bisa Menjadi Obat Impotensi Alami, Benarkah?

Minyak zaitun sering dipilih oleh orang yang hendak menerapkan gaya hidup sehat. Pasalnya, minyak tersebut terbukti mengandung banyak nutrisi bermanfaat yang dapat bantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Tidak hanya itu, minyak zaitun juga diduga dapat mengobati impotensi secara alami. Manfaat tersebut diduga berasal dari kandungan yang ada di dalamnya.

Bagaimana faktanya? Benarkah minyak zaitun bisa menjadi obat impotensi alami? Yuk, cari tahu!

Mengenal Minyak Zaitun Lebih Dekat

Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tidak jenuh tunggal, lemak tidak jenuh ganda, asam oleat, omega-3, dan omega-6. 

Selain itu, minyak sehat ini juga mengandung antioksidan tinggi, seperti polifenol dan flavonoid.

Berkat kandungan yang ada di dalamnya, beberapa manfaat minyak zaitun yang telah terbukti adalah dapat mengontrol kadar gula darah dan menjaga kestabilan tekanan darah.

Tidak hanya itu, minyak zaitun juga terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Manfaat tersebut berkat kandungan polifenol dan flavonoid di dalamnya.

Artikel Lainnya: Cara Menjadi Pria Perkasa 

Benarkah Minyak Zaitun Jadi Obat Impotensi Alami?

Impotensi adalah kondisi yang terjadi ketika penis pria tidak bisa mencapai atau mempertahankan ereksi. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya kelelahan, kecemasan, kebiasaan merokok dan minum alkohol. 

Terkait manfaat minyak zaitun sebagai obat impotensi alami, hal tersebut ternyata pernah dimuat dalam beberapa penelitian.

Melansir Independent UK, para Ilmuwan dari Universitas Athena mengatakan bahwa konsumsi 9 sendok minyak zaitun setiap hari dapat mengurangi risiko impotensi sebesar 40 persen. 

Senada dengan itu, penelitian lain terhadap 660 pria dengan usia rata-rata 67 tahun mengatakan bahwa konsumsi minyak zaitun yang dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya dapat menurunkan risiko impotensi. 

Artikel Lainnya: Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun?

Hal tersebut diduga terjadi karena minyak zaitun dapat meningkatkan kadar testosteron (hormon seks pria) secara dramatis, sehingga mengurangi risiko impotensi.

Lantas, apakah itu artinya minyak zaitun adalah obat impotensi alami yang selama ini dicari-cari?

Menanggapi pertanyaan itu, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti rupaya kurang setuju. Menurutnya, minyak zaitun belum dapat disebut sebagai obat impotensi.

“Memang ada studi skala kecil yang menyatakan bahwa minyak zaitun dapat meningkatkan kadar testosteron atau hormon seks pria. Namun, jika (minyak zaitun) dikatakan sebagai obat impotensi alami, hal tersebut tidak tepat,” kata dr. Astrid.

“Untuk dikatakan sebagai obat, segala sesuatunya harus melalui uji klinis berlapis-lapis. Jadi, tidak bisa hanya dengan mengandalkan klaim atau temuan dari penelitian berskala kecil,” tegasnya.

Lebih lanjut, dr. Astrid mengatakan bahwa cara mengatasi impotensi yang paling tepat adalah berdasarkan penyebabnya. 

“Contohnya untuk kasus impotensi akibat masalah psikologis. Maka, yang perlu diatasi adalah masalah psikologis tersebut, misalnya konsultasi ke psikolog atau psikiater,” ucap dr. Astrid.

Minyak zaitun masih belum dapat dikatakan sebagai obat impotensi alami. Meski begitu, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsinya secara rutin dan teratur, khususnya jika tertarik dengan manfaat sehat lain yang ditawarkan minyak tersebut.

Butuh konsultasi kepada dokter terkait impotensi atau masalah kesehatan lainnya? Anda bisa mengandalkan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

Minyak ZaitunImpotensi

Konsultasi Dokter Terkait